WSBK Perpanjang Kontrak Sirkuit Misano Hingga Musim 2020

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 8 July 2017

SPORTKU.COM

Sirkuit Misano menjadi salah satu trek bergengsi di dunia. Sirkuit ini juga menjadi salah satu tuan rumah WSBK.

Sirkuit Misano baru saja usai menggelar seri 7 balapan bergengsi World Superbike (WSBK) 2017. Tak menunggu waktu lama, Dorna selaku penyelenggara WSBK membuat keputusan jika balapan ini masih akan diselenggarakan di Sirkuit Misano hingga musim 2020 mendatang.

Santamonica SpA, pemilik Sirkuit Misano juga sepakat dengan pihak Dorna jika trek sepanjang 4.180meter ini akan tetap berada di kalender WSBK untuk tiga tahun ke depan. Pada balapan sebelumnya, Sirkuit Misano juga merayakan perlombaan WSBK ke-50 kalinya di trek ikonik tersebut.

Daniel Carrera, World Superbike Executive mengatakan jika pengambilan keputusan ini berjalan sangat mulus. Pihaknya pun mengaku senang dan tanpa beban untuk terus memperpanjang kontraknya dengan Sirkuit Misano. Di mana Sirkuit Misano juga menjadi salah satu trek yang memiliki jumlah penonton terbanyak di kalender.

"Putaran Misano adalah sirkuit alami untuk Anda kunjungi di balapan WSBK. Anda dapat menemukan gairah yang meluas, keterampilan berorganisasi yang kuat dan banyak keterlibatan skala lokal. Itu adalah keputusan yang mudah dibuat, yang terasa hampir alami," ungkapnya.

"Dengan seri WSBK ada hubungan historis dan penting yang membawa komitmen kuat, untuk memperbaiki fasilitas yang kami sambut setiap tahun. Tahun ini kami meluncurkan paddock 4 kami yang baru, kami telah mendesain ulang. Paddock building dan menambah pintu masuk yang lain," sambung Luca Colaiacovo, President of Santamonica SpA.

Sirkuit Misano memang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu trek di dunia. Sirkuit ini dirancang pada tahun 1969. Dan baru dibangun mulai tahun 1970 hingga 1972. Tahun 1972 juga menjadi tahun diresmikannya Sirkuit Misano. Panjang awalnya Sirkuit Misano hanya memiliki panjang 3.488meter dan hanya memiliki area pit terbuka yang kecil.

Dengan panjang lintasan tersebut, Sirkuit Misano saat itu menyelenggarakan San Marino Motorcycle Grand Prix (GP), dari musim 1985 hingga musim 1987. Sirkuit Misano pun terus mengalami berbagai modifikasi untuk menambah daya tampung penonton maupun dari segi trek.

Pada tahun 1993, Sirkuit Misano dimodifikasi untuk pertama kalinya. Panjang trek meningkat menjadi 4.060meter. Antara tahun 1996 dan 2001, semua fasilitas yang ada di Sirkuit Misano diperbaiki. Sirkuit ini kembali dimodifikasi pada tahun 2006. Arah sirkuit berubah menjadi searah jarum jam dengan panjang sirkuit menjadi 4.180meter dan lebar menjadi 14meter.

Pada tanggal 3 November 2011, pemilik sirkuit mengumumkan bahwa trek ini berganti nama menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli. Hal ini untuk menghormati mendiang Marco Simoncelli yang meninggal dalam kecelakaannya saat balapan di MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang tahun 2011 lalu.

Baca Juga
Alex Lowes Berharap Yamaha Perpanjang Kontraknya Hingga WSBK 2018

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Galeri Foto Kejurnas Supermoto Sentul

Galeri Foto Kejurnas Supermoto Sentul

SUPERMOTO
Duel Farhan Dan Ade Elvira

Duel Farhan Dan Ade Elvira

SUPERMOTO
2 Pebalap Ultraspeed ARRC Sentul

2 Pebalap Ultraspeed ARRC Sentul

ARRC
Suzuki Gelar Latihan di Sentul

Suzuki Gelar Latihan di Sentul

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company