Rossi Semakin Loyo dan Kalah Saing dengan Vinales

Text : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 20 June 2017

SPORTKU.COM

Seperti tidak masuk akal melihat performa Valentino Rossi musim ini. Rossi selalu dirundung masalah. Berbeda dengan kondisi Vinales.

Musim 2017 menjadi tahun yang suram bagi perjalanan karir Rossi. Sebagai pebalap dengan 9 kali juara dunia, Pebalap asal Italia ini masih haus akan gelar tersebut. Terakhir kali Rossi menjadi juara dunia pada tahun 2009 silam. Sejak saat itu, Rossi terus mengalami kemunduran.

Tiga seri pembuka MotoGP 2017 memang berjalan mulus untuk Rossi. Pebalap Yamaha itu selalu finish di podium juara. Saat penampilan perdananya di Qatar, Rossi berhasil podium meski hanya finish ketiga. Lanjut ke balapan berikutnya di Argentina dan Amerika, Rossi berhasil mendarat di podium kedua pada masing-masing balapan tersebut.

Dari hasil tersebut, Rossi memimpin klasemen sementara. Akan tetapi kekuatan Rossi seakan luntur. Pada balapan-balapan berikutnya, Rossi tak lagi bisa memberikan penampilan terbaiknya. Masalah selalu ditemui oleh The Doctor. Pebalap berusia 38 tahun tersebut tak bisa lagi menyumbangkan podium.

Posisi Rossi pun terus melorot di tangga klasemen sementara. Raihan poinnya tak sebanding dengan harapannya. Kini Rossi menduduki posisi ke-5. Tertinggal dari para pesaingnya. Rossi terpaut cukup jauh dari rekan setimnya Maverick Vinales. Keduanya dipisahkan 28 poin.

Rossi pun harus berjuang dengan segala macam masalah dalam setiap balapan. Yamaha M1 (YZR-M1) dengan spesifikasi terbaru 2017 tidak pernah berubah baik sesuai keinginannya. Rossi pun acap kali menyalahkan kondisi motor yang tidak lagi bersahabat dengannya.

Rossi beranggapan jika hasil buruk yang dia torehkan adalah karena masakah motor Yamaha M1 milinya. Namun hal itu tak berbanding lurus dengan rekan setimnya Maverick Vinales. Di mana pebalap Spanyol itu berhasil melakukan balapan dengan baik dan kini bahkan menjadi pemuncak klasemen sementara.

Menjadi sulit untuk menerka apa yang tengah dialami oleh Rossi. Legenda MotoGP tersebut saat ini tengah hilang nalurinya. Namun dirinya berkeyakinan jika Yamaha M1 jatahnya adalah biang kerok dari semua masalah yang saat ini dia hadapi dalam setiap akhir pekan.

"Masalah utamanya adalah understeer, maka masalahnya menjadi sangat besar untuk ban belakang. Saya berada dalam masalah yang sangat banyak karena tidak mungkin bisa keluar cepat dari tikungan. Saya merasa kurang sejak pertama kali mencoba motor ini," ungkap Rossi.

Hal berbeda yang terjadi dengan Rossi juga ditunjukkan oleh pebalap satelit Monster Yamaha Tech 3. Terutama jagoan mereka Johann Zarco. Penampilannya di beberapa seri musim ini bahkan bisa lebih baik dari Rossi. Ajaib, mengingat Zarco adalah pebalap anyar di grid MotoGP.

"Mungkin para pebalap di Tech 3 lebih baik karena menggunakan motor lama dan itu memang lebih baik," singkat Rossi dikutip dari Motorsport Magazine.

Masalah Yamaha M1 2017 kontras dengan apa yang dialaminya selama musim lalu. Yamaha M1 2017 mungkin terlihat sama, tetapi sangat berbeda. Masalah tahun lalu adalah kurangnya traksi ban belakang selama tahap terakhir balapan. Jadi inilah yang coba diperbaiki oleh Yamaha.

"Sepeda motor tahun 2017 tidak 100 persen mengikui gaya Valentino (Rossi). Maverick (Vinales) biasanya sangat cepat, tapi Valentino telah berjuang banyak," ungkap Crew Chief Rossi, Silvano Galbusera.

Kondisi yang terjadi di paddock Movistar Yamaha pun menimbulkan pemikiran berbeda. Apakah memang ini adalah settingan Yamaha untuk menjadikan Vinales sebagai juara dunia MotoGP 2017? Entahlah. Kalaupun Yamaha menjawab, sudah pasti jawabannya "Tidak".

Pertanyaan besar pun muncul, apakah tantangan gelar juara dunia Rossi sudah berakhir? Menarik untuk kita nantikan.

  • facebook share

RELATED NEWS

Pesan Ducati Untuk Rossi

Pesan Ducati Untuk Rossi

TOPIC OF THE WEEK
Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

TOPIC OF THE WEEK
Sepak Terjang Esapekka Lappi

Sepak Terjang Esapekka Lappi

TOPIC OF THE WEEK
KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company