Bedah Karakter Sirkuit Internasional Baku

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 21 June 2017

SPORTKU.COM

Meski terlihat tidak begitu sulit, namun rupanya sirkuit Baku menyimpan banyak rintangan di dalamnya. Seperti apa karakter asli sirkuit tersebut?

Sirkuit Baku yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap Formula 1 seri kedelapan, akan kembali membangkitkan adrenalin pebalap. Selain daya tarik kondisi lintasan jalan raya, sirkut ini juga memiliki pemandangan yang begitu indah untuk dinikmati. Bangunan kuno yang berada disepanjang lintasan mampu menjadi objek tambahan ketika mengabadikan foto.

Sirkuit Baku ini memiliki karakter yang didominasi dengan lintasan lurus dan berkecepatan tinggi, akan membuat pebalap terbuai untuk melakukan kick down secara terus-terusan. Namun demikian, jika dicermati melalui video yang dirilis Formula 1, ada beberapa sektor yang harus diwaspadai oleh pebalap.

Hal ini dikarenakan setelah lintasan lurus yang begitu cepat, pebalap seketika langsung dihadapi dengan tikungan patah. Kondisi seperti itulah yang harus diwaspadai oleh setiap pebalap dalam balapan akhir pekan nanti. Dengan memiliki lintasan sepanjang 6,003km dan 20 tikungan, maka pebalap sudah harus bisa mencari celah dimana dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan overtaking.

Di awali saat melewati tikungan pertama. Di zona ini pebalap bisa langsung memacu kendaraan mereka di lintasan lurus. Zona tersebut juga menjadi pengaktifan fitur DRS pada mobil, sehingga kecepatan yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Namun jangan terbuai dengan situasi tersebut, karena di ujung lintasan pebalap langsung dihadapkan dengan tikungan 90 derajat ke kiri. Titik ini bisa menjadi salah satu area untuk menyalip pebalap lain.

Zona laim yang harus menjadi perhatian khusus adalah saat melintasi tikungan ke tujuh. Kondisi lintasan di area tersebut sangat tidak bersahabat karena lebar jalan yang dilewati secara drastis berubah total. Dari yang sebelumnya lebar, kini menjadi lebih kecil dan berliku. Selepas tikungan tujuh, saat memasuki tikungan kedelapan juga pebalap kembali disuguhkan chicane yang sedikit menanjak. Jika melihat dari video, sinar matahari akan sedikit mengganggu pandangan mata saat melewati area tersebut.

Adapun zona lain yang menjadi perhatian khusus adalah tikungan kelimabelas. Di sini pebalap harus dengan cepat mengantisipasi laju kendaraan mereka agar tidak slip dan tetap berada di racing line. Idealnya, untuk melakoni balapan di sirkuit Baku, tim balap disarankan hanya melakukan satu kali masuk pitstop. Sementara untuk penggunaan ban, Formula 1 menyarankan untuk menggunakan ban supersoft terlebih dahulu, lalu kemudian diganti menggunakan ban soft hingga balapan berakhir.

Baca juga:
SERGIO PEREZ INGIN ULANG KESUKSESAN DI SIRKUIT BAKU

  • facebook share

RELATED NEWS

Pegokart Ini Hijrah ke Slalom

Pegokart Ini Hijrah ke Slalom

SLALOM
Pandangan Steward Pasca Kecelakaan Hebat

Pandangan Steward Pasca Kecelakaan Hebat

FORMULA 1
Maurizio Arrivabene Ungkapkan Kekecewaannya

Maurizio Arrivabene Ungkapkan Kekecewaannya

FORMULA 1
Reaksi Atas Penampilan Sean Gelael

Reaksi Atas Penampilan Sean Gelael

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company