Merida Luncurkan Reacto Generasi Terbaru

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Merida-bikes.com | Media Source: Cyclingnews.com | 2 July 2017

Merida Luncurkan Reacto Generasi Terbaru

SPORTKU.COM

Tiga tahun setelah diluncurkannya Reacto II, Merida meluncurkan Reacto III sebagai generasi terbaru.

Reacto model 2018 dikatakan telah mengalami perbaikan pada sisi kenyamanan, berat dan aerodinamika dari versi sebelumnya. Perbaikan aerodinamika diklaim lima persen atau 8watt, pada kecepatan 45km/jam.

Faktor penting penurunan tersebut dipengaruhi dari penggunaan tubing frame yang bulat dan lebih ramping, seat stay, seat tube serta kokpit yang terintegrasi. Merida mengklaim, sepeda ini memiliki keuntungan layaknya sepeda aero.

"Jika Anda melakukan perjalanan solo sejauh 100km dengan Reacto baru, Anda akan menghemat energi bila mengendarai road bike dengan tubing rangka yang berbentuk bulat dan lebih unggul dengan jarak sejauh 30km," demikian pernyataan resmi Merida.

Kenyamanan yang lebih dicapai berkat desain seatstays yang lebih ramping dan S-Flex yang lebih lebar ditambah “jendela” karet yang lebih besar yang membawa peningkatan 10 persen dari model sebelumnya.

Berat frame Reacto baru ini juga lebih ringan 350,5gram atau 17,13 persen dibanding model sebelumnya. Hal itu dicapai lewat profil tabung yang lebih ramping dan lay up serat karbon baru. Namun tingkat kekakuan frame tetap sama.

Reacto terbaru dibangun dari batangan karbon terpadu Metron 5D milik FSA, dengan top cap pada headset yang berbentuk aero dan spacer eksklusif di bawahnya untuk memperlancar transisi antara headset dan frame.

Merida mengatakan sepeda baru ini dirancang dengan mempertimbangkan aerodinamika, namun juga tetap sederhana untuk kemudahan perawatan, dengan rute kabel dan rem yang mudah pula.

Head tube yang lebih sempit pada sepeda ini menggunakan bantalan headset yang lebih rendah 1 ¼ ", bukan 1 ½" seperti sebelumnya. Semua tabung, kecuali tabung bagian atas dan chainstays, memiliki profil Fastback NACA.

Dalam spesifikasi karbon CF4, geometri Reacto yang baru hampir sama dengan CF4 Scultura, dengan head tube yang pendek dan jangkauan yang lebih panjang.

Di samping model yang menggunakan pengereman dengan kaliper direct mount, Reacto terbaru juga hadir dalam versi cakram. Frame karbon CF4 versi rem cakram lebih berat 30g dari model rem kaliper. Model CF4 cakram mengusung Focus RAT thru-axles.

Reacto model cakram dirancang dengan menggunakan rotor 160mm (depan dan belakang) dan menggabungkan teknologi pendingin cakram milik Merida yang unik - struktur aluminium ditempa bersirip yang berada di antara kaliper hidrolik dan frame untuk menghilangkan panas yang berlebihan saat terjadi pengereman. Merida mengatakan, teknologi tersebut mampu mengurangi suhu sekitar 35persen dan jauh lebih cepat daripada model kaliper.

Empat model teratas dalam varian karbon CF4 didukung komponen Shimano Dura-Ace Di2 (Reacto Team-E) sampai SRAM eTap (Reacto 9000-E) dan Ultegra Di2 (Reacto 8000-E dan 7000-E), Ultegra mekanik (Reacto 6000) dan Shimano 105 pada Reacto 4000, yang merupakan versi termurah.

Desain Head tube Merida Reacto 2018 dan jalur kabel internal
merida-luncurkan-reacto-generasi-898824bf958310b.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

KYB Luncurkan Suspensi Terbaru

KYB Luncurkan Suspensi Terbaru

NEW PRODUCT
Kawasaki Z900RS Bukan Untuk Kebut-kebutan

Kawasaki Z900RS Bukan Untuk Kebut-kebutan

NEW PRODUCT
New Kawasaki Ninja 250

New Kawasaki Ninja 250

NEW PRODUCT
Kawasaki W175 Untuk Indonesia

Kawasaki W175 Untuk Indonesia

NEW PRODUCT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company