Cara Memilih Handlebar MTB Yang Tepat

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 4 July 2017

SPORTKU.COM

Handlebar atau setang MTB bukan hanya sekadar tabung yang berbentuk bengkok. Jangan anggap remeh soal keberadaannya!

Handlebar juga bukan hanya penting untuk berpegangan secara fisik pada sepeda, tapi juga menjadi aspek kunci dari bagaimana rasanya bertualang di single track (jalan setapak), dan yang lebih penting, seberapa baik dan sesuai dengan Anda.

Anda mungkin bisa memiliki handlebar tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk meningkatkan atau memperbaiki berbagai hal. Di sisi lain, Anda juga bisa membeli sesuatu yang bisa menguras isi dompet.

Lantas bagaimana memilih handlerbar yang tepat? Ikuti tip berikut!

Lebar Handlebar

Ukuran lebar setang merupakan salah satu tren dalam bersepeda gunung selama beberapa tahun ini. Ada masanya dengan handlebar yang lebih dari 700mm (27.5in). Tapi sekarang beberapa pebalap DH di ajang Piala Dunia telah memecahkan dengan angka atau ukuran hingga 800mm (31.5in).
Jadi mengapa begitu lebar? Nah, teorinya adalah untuk membantu menyebarkan berat badan Anda ke roda depan. Kondisi ini sangat membantu untuk memperbaiki posisi juga; Bayangkan saat Anda mendorong mobil dengan kedua tangan yang saling berdekatan, dibandingkan dengan posisi kedua lengan yang lebih jauh.

Lebar bar tentu saja bergantung pada ukuran dan penggunanya - terlepas dari kenyataan bahwa Greg Minnaar menggunakan handlebar dengan lebar 800mm lebih. Jika Anda tidak yakin dengan lebar yang Anda inginkan, maka membeli bar dengan lebar 800mm dan kemudian memotongnya dengan ukuran yang cocok adalah pilihan yang baik. Skala ukuran pada bagian ujung setang bisa menjadi panduan yang berguna saat memotongnya.

Tinggi

Besaran kenaikan (diukur dari pusat bar ke bagian atas tikungan ke atas) juga dapat mempengaruhi beberapa hal secara dramatis dan sering kali tergantung pada jenis jalur yang Anda sukai, naik dan tingginya sepeda Anda (jarak antara tanah dan bagian atas headtube).

Bar yang lebih tinggi bisa bekerja dengan baik pada sepeda dengan ujung depan yang rendah atau saat menaiki jalan setapak yang curam. Sebab hal itu bisa membantu untuk memindahkan bobot badan Anda ke belakang. Sementara bar yang rendah-naik akan bekerja dengan baik di jalur yang lebih cepat, datar atau pada sepeda dengan kondisi yang tinggi. Biasanya bar tersedia dalam kondisi yang hampir datar- naik hingga 40mm - meski ini semakin jarang dijumpai.

Lekukan dan Diameter

Setang memiliki dua lekukan. Tujuannya adalah untuk memberikan posisi yang lebih alami dan agar tangan Anda bisa mencengkeramnya. Ukuran normalnya adalah sekitar tujuh derajat ke bawah dan lima derajat ke atas. Tapi bagian yang lebih datar akan tersedia lebih banyak. Perlu diingat, memutar bar pada stem ke arah depan atau belakang juga bisa memberi nuansa yang berbeda.

Tren terbaru pada setang adalah beralih ke permukaan penjepit yang lebih tebal, dengan diameter 35mm. Pabrikan bergerak ke arah itu dan begitu juga dengan produsen after market. Hal itu memang berubah dari 'norma' yang sebelumnya yang hanya 31.8mm. Harap diingat, bar yang lebih tebal akan membutuhkan stem yang lebih besar juga agar sesuai.

Material

Soal material setang, Anda memiliki dua pilihan, logam atau serat karbon. Batang baja memang sangat populer di kalangan BMX. Tapi jenis itu kini jarang terlihat di MTB, di mana komponen berbahan alloy yang lebih ringan lebih banyak saat ini. Bar versi serat karbon akan menawarkan sudut yang sama, namun dengan bobot yang jauh lebih ringan.

Bar dari jenis karbon pada awalnya dipandang skeptis oleh para rider yang berorientasi pada gravitasi (downhill). Namun kini bar dari bahan tersebut mulai digunakan, sejalan dengan yang dilakukan oleh pabrikan komponen besar yang telah meningkatkan reliabilitas dan kekuatan komponen tersebut secara fenomenal. Produsen komponen kini dapat melakukan lebih banyak pengembangan untuk mengetahui penyerapan dan benturan pada bar yang berbahan alloy.

Ilustasi: Stem dan handlebar MTB
tip-handlebar-mtb-890006adb5664b5.jpg

 

Baca juga:
MENGENAL DAN CARA MEMILIH UKURAN RODA YANG SESUAI 
TIP MODIFIKASI CRANK MTB MENJADI SINGLE CHAINRING

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company