Lima Fakta Menarik tentang Alexandre Lacazette

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Paininthearsenal/getty Images | Editor: Andi Wahyudi | 5 July 2017

SPORTKU.COM

Siapakah Alexandre Lacazette, mengapa Arsenal begitu ngotot mendatangkan dirinya? Berikut lima fakta terkait mantan pemain Lyon tersebut.

Penyerang asal Olympique Lyon tersebut pada Selasa (4/7) telah menjalani serangkaian tes medis di London Colney. Jika tak ada hambatan, maka ia akan dikontrak dengan durasi selama lima tahun atau sampai tahun 2022 di Arsenal.

Bergabungnya Lacazette ke Arsenal sendiri nantinya secara otomatis akan memecahkan rekor transfer klub. Pemain berusia 26 tahun ini ditebus dari Lyon dengan harga sebesar 52 juta pounds atau setara dengan Rp898 miliar.

Jumlah yang dikeluarkan tersebut jauh lebih besar ketimbang saat Arsenal menebus kepemilikan Mesut Ozil dari klub asal Spanyol, Real Madrid pada 2013 silam dengan biaya sebesar 42,5 juta pounds atau senilai Rp746 miliar.

Kedatangan Lacazette sendiri tentu akan memperkaya opsi Arsenal dalam kemampuan mereka untuk menyerang dan mencetak gol. Berikut ini adalah lima fakta menarik pemain yang telah tampil sebanyak 11 kali bersama Tim Nasional (Timnas) Prancis ini:

1. Pemain Asli Binaan Lyon

Lyon dikenal sebagai salah satu klub yang banyak melahirkan pemain bertalenta. Nama Lacazette menjadi satu dari sekian banyak pemain akademi yang mampu menembus skuat utama tim berjuluk Les Gones tersebut.

Sejak tahun 2003 lalu atau pada saat usia 10 tahun, Lacazette telah menjadi andalan. Bahkan ketika membela Lyon U-18 ia sudah menunjukan ketajamannya dengan mencetak 12 gol dari 22 pertandingan di musim 2008/2009 pada ajang Championnat de France Amateur (CFA), sebuah kompetisi amatir bagi pemain usia dini.

2. Andalan Timnas Prancis di Segala Usia

Meski capsnya bersama Timnas Prancis senior dapat dkatakan tidak banyak. Namun pemain yang memulai debut bersama tim senior Lyon pada musim 2009/2010 ini merupakan pemain andalan di level junior.

Pemain kelahiran Lyon tersebut tercatat telah tampil membela Timnas Prancis mulai dari U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, hingga U-21 dengan kombinasi penampilan sebanyak 58 pertandingan dan mencetak 20 gol. Penampilan terbaiknya bersama Timnas Prancis junor terjadi ketika ia mampu mengantarkan Prancis menjadi juara Eropa U-19 pada tahun 2010 silam. 

3. Terdaftar sebagai Salah Satu Pemain Terbaik Ligue 1 Selama Tiga Musim Berturut-turut

Lacazette merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki oleh Ligue 1. Paling tidak dalam tiga musim terakhir namanya menjadi langganan masuk ke daftar 11 starting line up bersama pemain bintang lainnya, seperti Edinson Cavani, Angel Di Maria, dan Lucas Moura.

Catatan tersebut pun hanya bisa disamai dengan dua pemain lainnya di Ligue 1, yakni Marco Verratti and Thiago Silva. Dapat dikatakan Lacazette memiliki catatan karir yang cukup konsisten di Ligue 1. Tak heran ia menjadi salah satu pemain kesayangan para pendukung Lyon.

4. Konsisten dalam Mencetak Gol

Kedatangan Lacazette ke Arsenal dapat dikatakan bagai mendapat durian runtuh. Pasalnya, pemain yang telah tampil sebanyak 275 pertandingan bersama Lyon ini merupakan penyerang yang konsisten dalam mencetak gol. Dalam tiga musim terakhir ia selalu mencetak lebih dari 20 gol di ajang Ligue 1.

Musim 2016/2017 dapat dikatakan sebagai puncak dari kemampuannya sebagai predator ganas di depan gawang lawan lantaran mampu mencetak 28 gol. Hal ini membuat nama Lacazette secara otomatis menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam satu musim bagi Lyon.

Dapat dikatakan ketajaman yang ditunjukan pemain yang pernah meraih gelar top skor Ligue 1 pada musim 2014/2015 silam ini lebih baik dari barisan penyerang yang dimiliki Arsenal musim lalu. Bahkan jauh melebihi catatan Olivier Giroud yang hanya sanggup mencetak 12 gol sepanjang musim di Premier League.

5. Ditaksir Arsenal Sejak 2014

Sebelum akhirnya menjalani tes medis di Arsenal, nama Lacazette terlebih dulu santer dikabarkan telah setuju untuk bermain bersama Atletico Madrid. Namun kesepakatan tersebut batal lantaran adanya transfer embergo yang diberikan FIFA kepada klub asal Spanyol tersebut.

Kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Arsenal. Apalagi, manajer The Gunners, Arsene Wenger memang sudah lama naksir kepada Lacazette. Bahkan ketertarikan tersebut sudah dideklarasi sejak tahun 2014 silam.

Selain itu, kehadiran Lacazette di Arsenal diharapkan bisa menjadi The Next Thierry Henry. Hal tersebut terlihat dari gaya bermain kedua orang ini tidak jauh berbeda. Bahkan sejak muda Lacazette sudah mendapatkan julukan Henry Made in Lyon dari Presiden Lyon Jean-Michel Aulas.


Baca juga:
City Gandeng Komunitas Muda Sepakbola Bandung
Arsenal Jawara Piala FA 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Panggilan Sayang Mobil Balap

5 Panggilan Sayang Mobil Balap

TOP 5
5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

TOP 5
Tukar Guling Bayern-Dortmund

Tukar Guling Bayern-Dortmund

TOP 5
Lima Pemilik Nomor 7 MU

Lima Pemilik Nomor 7 MU

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company