Begini Beratnya Lintasan DH di Lenzerheide

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Pinkbike | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Pinkbike | 7 July 2017

SPORTKU.COM

Akhir pekan ini, Lenzerheide di Swiss akan menjadi arena pertarungan para rider downhill dunia. Seperti apa medannya?

Lenzerheide sendiri memang bukanlah trek bersepeda sehari-hari, namun bukan juga venue yang baru. Berkat kru Piala Dunia yang bekerja dengan Steve Peat, untuk memastikan jalur terpendek pada kalender 2017, beberapa tahun yang lalu tempat ini telah dikemas menjadi arena yang memiliki fitur yang akan menantang semua pebalap dan menghibur barisan penonton dan pendukung dari setiap rider.

Dalam mempersiapan Lenzerheide sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia tahun depan, para perancang jalur telah bekerja keras mengubah berbagai hal, di ujung atas dan bawah lintasan. Start akan kembali ke format tahun 2015 - tahun pertama Lenzerheide sebagai tempat Piala Dunia - dengan rute yang lebih langsung menuju ke bawah, menggantikan gerbang start yang curam dan luas. Taman Batu (Rock Garden) Graubden akan tetap ada - ini adalah taman batu sepanjang 20m yang membuat para rider menyebutnya sebagai jalur terbaik.

Baca juga
GELARAN PIALA DUNIA DH 2017 PUTARAN 4 VALLNORD 

Dari hutan, para rider mengikuti jajaran pepohonan dan sampai step up sepanjang 14meter, diikuti oleh Jump Line yang memiliki table top 16meter. Setelah beberapa belokan, terdapat Peaty's Plank atau sebuah jurang setinggi 7meter dan selebar 3meter dari kayu (cukup tinggi bagi seorang marshal yang berjalan di bawahnya).

Saat melaju ke Tschäffs Plunge (ke dalam hutan), para pebalap harus melewati serangkaian kelokan teknis, sebelum menjumpai drop sedalam 1meter dan masuk ke bagian akar yang teknikal. Tidak banyak ruang untuk kesalahan dan ukurannya memungkinkan sejumlah rider akan terhambat di sini, tapi cukup cepat.

Berikutnya, kondisi jalur terbuka dan kemudian melalui celah Red Bull Wave (hanya sepanjang 5m dan setinggi 3m), diikuti oleh Mitas Wall dan Lenzerheide Edge, yang merupakan bagian paling curam di lintasan ini.

Menjelang akhir, ada beberapa perubahan, termasuk beberapa putaran cepat dan turunan 4meter, setelah Ochsner Sports Cabin Hit. Selanjutnya, para rider dapat melaju dengan cepat ke garis finish.

Pada tahun lalu, Danny Hart mampu keluar sebagai rider tercepat yang menaklukkan lintasan di Lenzerheide, setelah unggul atas Aaron Gwin dan Greg Minnaar. Sementara, Rachel Atherton tercatat sebagai juara di kelas elite putri.

Baca juga
TROY BROSNAN DAN MYRIAM NICOLE JUARA DI VALLNORD 

Rock garden di Lenzerheide

begini-beratnya-lintasan-dh-233454e36208f7c.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Festival Pesona Tanjung Lesung

Festival Pesona Tanjung Lesung

CROSS COUNTRY
Target Tim UBL-69er

Target Tim UBL-69er

CROSS COUNTRY
Polygon Dukung Deli Serdang Enduro

Polygon Dukung Deli Serdang Enduro

ENDURO
Nine Knights MTB 2017

Nine Knights MTB 2017

FREERIDE & SLOPESTYLE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company