5 Fakta Ajang Pramusim International Champions Cup 2017

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Internationalchampionscup | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: berbagai sumber | 8 July 2017

SPORTKU.COM

International Champions Cup (ICC) sebagai ajang pramusim yang mempertemukan klub-klub terbaik sedunia akan segera dimulai. Yuk, kenal lebih dekat.

International Champions Cup (ICC) 2017 akan segera dimulai. Ajang ini merupakan turnamen mini yang mempertemukan klub-klub terbaik sedunia—yang didominasi oleh negara Eropa—dengan tim tuan rumah penyelenggara.

Ajang ICC tahun ini merupakan ajang yang ke-5 sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013 silam. ICC sering digunakan klub-klub pesertanya untuk mencoba pemain yang baru didatangkan atau mencoba pemain muda dari akademi.

Baca juga
Zlatan ke Juventus?

ICC sendiri bukanlah ajang resmi FIFA. Sehingga pemenang kompetisi ini tidak akan tercatat sebagai sebuah gelar prestise. Namun jangan salah, setiap laga dalam pertandingan yang akan dilangsungkan kali ini tentu memiliki gengsi lantaran dianggap sebagai Liga Champions mini—karena mempertemukan tim-tim yang juga sering berjumpa di ajang tersebut.

Berikut ini adalah lima fakta dari ajang ICC yang akan dimulai pada 18 Juli 2017 mendatang:

1. Perdana di Singapura

Untuk ICC tahun 2017 ini, Singapura ditunjuk sebagai tuan rumah bersama dengan Amerika dan Tiongkok. Ini adalah kali pertamanya negara yang berbatasan dengan Indonesia ini menjadi tuan rumah setelah sebelumnya panitia menunjuk Australia sebagai tempat penyelenggaraan di ajang sebelumnya.

Tercatat ada tiga pertandingan yang bisa dinikmati di Singapura pada tanggal 25-29 Juli 2017, yakni Chelsea vs Bayern Munich (Selasa, 25 Juli 2017,Bayern Munich vs Inter Milan (Kamis, 27 Juli 2017), dan Inter Milan vs Chelsea (Sabtu, 29 Juli 2017).

2. Leicester Jadi “Tamu Kehormatan”

Leicester City yang begitu mengejutkan dunia di musim 2015/2016 di mana mereka sukses menjuarai ajang Premier League ini sempat diikutkan dalam ajang ICC, tepatnya pada tahun 2016. Kehadiran The Foxes menggenapi daftar peserta Premier League yang ikut turnamen ini Chelsea, Liverpool, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Manchester United.

Julukan sebagai Tamu Kehormatan memang sepertinya cocok dibanding oleh Leicester. Pasalnya, dari tiga pertemuan, yakni melawan Celtic, Paris Saint-Germain (PSG), dan Barcelona. The Fox hanya meraih satu poin hasil imbang dengan Celtic dengan skor 1-1 dan dua pertandingan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Baca juga
Chelsea incar Runner Up Top Skor Serie A


3. Real Madrid Peraih Gelar Terbanyak

Nama Real Madrid tercatat sebagi klub dengan raihan gelar terbanyak di turnamen ICC. Tercatat tim asal Spanyol tersebut memenangkan tiga gelar, yakni satu gelar pada tahun 2013 dan dua gelar di borong pada tahun 2015.

Madrid sendiri dapat dikatakan sebagai klub penggagas kompetisi ini bersama Chelsea, Milan, La Galaxy, Valencia, Everton, Inter Milan dan Juventus. Saat itu ajang ini diselenggarakan di Amerika Serikat dan Spanyol.

4. Tempat Ditemukannya Donnarumna

Nama Gianluigi Donnarumma kini menjadi buah bibir lantaran kemampuannya dalam menjaga gawang AC Milan dalam dua musim terakhir begitu luar biasa. Namun tahukah Anda kalau potensi yang dimiliki oleh Donnarumma sebagai kiper hebat mulai tercium di ajang ICC 2015 silam.

Pada saat itu Donnarumma dipercaya menjadi kiper utama saat melawan Real Madrid. Dalam babak normal, Toni Kroos dkk kesulitan membobol gawang pemain yang memiliki tinggi 196 cm ini tampil luar biasa.

Sayang ia gagal mencetak gol di babak adu pinalti, sehingga Milan kalah 10-9 dari Madrid dan merelakan kesebelasan asal Spanyol tersebut Juara regional di Tiongkok.

5. Indonesia Sempat Dicalonkan Jadi Tuan Rumah ICC

Indonesia dikenal sebagai salah satu basis supporter sepak bola terbanyak di dunia di mana didominasi dengan menggemari klub-klub Eropa. Indonesia sendiri sempat dikabarkan dicalonkan sebagai tuan rumah ajang pramusim ini pada tahun 2015 silam. Namun lantaran adanya sanksi FIFA, rencana itu pun batal. Rencananya pertandingan antara Manchester City dan Inter akan dimainkan di Indonesia sebelum akhirnya dipindahkan ke Tiongkok dan Australia.

Baca juga
Motor Listrik Ancam Perusahaan Oli



  • facebook share

RELATED NEWS

5 Panggilan Sayang Mobil Balap

5 Panggilan Sayang Mobil Balap

TOP 5
5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

TOP 5
Tukar Guling Bayern-Dortmund

Tukar Guling Bayern-Dortmund

TOP 5
Lima Pemilik Nomor 7 MU

Lima Pemilik Nomor 7 MU

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company