Peter Sagan Didiskualifikasi dari Tour de France

Text : Adi Supriyatna | Media Source: Cyclingweekly | 9 July 2017

SPORTKU.COM

Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) didiskualifikasi dari Tour de France 2017 setelah menabrak Mark Cavendish (Dimension Data) di etape empat lalu.

Juara dunia dua kali itu bersaing ketat dengan Cavendish pada beberapa ratus meter terakhir dari garis finis di Vittel, dan menyebabkan pebalap Dimension Data itu terjatuh ke aspal dalam kecepatan tinggi.

Setelah kecelakaan yang melibatkan beberapa pebalap, termasuk pemegang jersey kuning saat itu Geraint Thomas (Team SKY), hanya beberapa sprinter yang masih mengikuti lomba.

Peristiwa tersebut terjadi saat Cavendish, yang menuju ke belakang kelompok, meluncurkan sprintnya di sisi kanan Sagan, yang juga bergerak ke kanan menuju penghalang jalan. Sagan kemudian muncul untuk menutup celah, dengan menggunakan siku dan memaksa Cavendish masuk ke penghalang.

Cavendish sendiri setelah terjatuh dan dirawat tampak sangat kesakitan. Laporan medis awal menunjukkan bahwa ia menderita luka di tangan dan bahu kanannya. Namun ia tidak mengalami patah tulang apapun.

Sekitar satu jam setelah akhir etape, presiden juri lomba, Philippe Marien, mengumumkan keputusan dewan juri, yakni mendiskualifikasi Peter Sagan.

"Kami memutuskan untuk mendiskualifikasi Peter Sagan dari Tour de France setelah dia membahayakan beberapa rekannya, dengan serius, di beberapa meter akhir sprint yang terjadi di Vittel," kata Marien.

Menurut peraturan UCI, seorang pebalap biasanya tidak didiskualifikasi dari balapan bila melakukan "sprint yang tidak teratur" sampai pelanggaran ketiga kalinya. Namun ada ketentuan untuk mendiskualifikasi pebalap pada pelanggaran pertama, pada "kasus” yang dianggap sangat serius.

  • facebook share

RELATED NEWS

Ewan Targetkan Juara di Kandang Sendiri

Ewan Targetkan Juara di Kandang

RIDER
Kasus Peter Sagan VS UCI

Kasus Peter Sagan VS UCI

RIDER
Rumor Doping Mekanis Cancellara

Rumor Doping Mekanis Cancellara

RIDER
Pebalap Australia Pecahkan Rekor

Pebalap Australia Pecahkan Rekor

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company