Kerber Tersingkir di Wimbledon, Auf Wiedersehen!

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC Sport,Reuters | 11 July 2017

Unggulan Teratas Wanita Wimbledon Tersingkir

SPORTKU.COM

Usai sudah perjalanan unggulan teratas, petenis Jerman Angelique Kerber di Wimbledon 2017. Auf wiedersehen!

Unggulan teratas Angelique Kerber akan kehilangan gelar petenis nomor satu dunia setelah ditaklukkan oleh petenis Spanyol Garbine Muguruza di putaran keempat di Wimbledon.

Muguruza, unggulan ke-14 dan runner-up di SW19 pada tahun 2015, memenangkan pertandingan yang memikat 4-6 6-4 6-4 dalam dua jam dan 20 menit di lapangan dua (Court Two).

Petenis Jerman Kerber, finalis pada 2016, harus mencapai final pada hari Sabtu untuk memiliki kesempatan mempertahankan rangkingnya.

Selanjutnya Muguruza, 23, akan berhadapan dengan Svetlana Kuznetsova dari Rusia pada delapan besar. Setelah unggulan ketujuh itu mengalahkan Agnieszka Radwanska 6-2 6-4 di babak 16 besar.

Momen besar Muguruza didorong untuk terus menyerang dari pelatihnya Conchita Martinez, juara 1994 yang masih merupakan satu-satunya wanita Spanyol yang memenangkan Wimbledon.

Unggulan ke-14 itu sempat menagalami kemacetan pada aksi backhand nya justru di saat-saat krusial, yaitu di  akhir set pertama namun dia melanjutkan serangannya dan segera sanggup menaikkan levelnya.

Kerber mematahkan servis untuk maju ke posisi 5-4 pada set pertama ketika pada akhir sebuah demonstrasi reli panjang namun perlawanan sengit lawannya meningkat dan membiarkan petenis Jerman itu keluar, mengamankan set tersebut dengan pukulan keras.

Sejak awal Kerber tampak tidak senang dengan kondisi lapangan dua (court two), menghalau serangkaian tantangan berat di awal setelah berulang kali kehilangan pijakannya pada tahap awal pertandingan. Akhirnya dia mengatakan bahwa dia "benar-benar terkejut" tidak ada pertandingan untuknya.

 

Baca Juga:
Menang Perdana, Kesuksesan Kerber Diragukan?

 

Dia memenangkan dua dari empat turnamen Grand Slam pada 2016 namun belum mencapai perempat final salah satu dari tiga yang telah dimainkannya pada 2017. Simona Halep asal Rumania sekarang bisa mengambil mahkota nomor satu dunia jika ia mencapai semifinal di Wimbledon. Halep mengalahkan Victoria Azarenka pada Senin untuk pindah ke perempat final, di mana dia akan menghadapi Johanna Konta.

Jika Halep, 25, gagal maju ke semifinal, maka petenis Republik Ceko Karolina Pliskova akan mengambil alih posisi nomor satu saat data peringkat yang akan diumumkan minggu depan.

Ada ironi pahit bagi Kerber yang sempat terhambat oleh lutut kirinya, menghasilkan penampilan terbaiknya dalam beberapa bulan dan kemudian mengucapkan selamat tinggal kepada Wimbledon dan statusnya sebagai yang terbaik di dunia.

"Saya pikir kami berdua bermain bagus tapi pada akhirnya saya pikir itu hanya dua poin yang menentukan pertandingan," kata Kerber.

"Tentu saja saya kecewa karena saya kalah dalam pertandingan, karena saya benar-benar bermain bagus."

Lutut kiri Kerber, yang tampaknya menyakitinya pada set pertama, mengurangi tekanan pada servisnya sehingga berdampak pada kecepatannya, namun set ketiga menjadi pertempuran saraf dan stamina pada sore hari.

Petenis Jerman itu mematahkan servis pada game pertama dan memimpin 2-0 namun keduanya berjuang untuk mempertahankan servis dan saat itu hanya 3-3 dengan dua break masing-masing.

Dalam sebuah game epik 10 menit, Muguruza bertahan selama 4-3 disambut gemuruh penonton yang menghargai beberapa reli yang sangat menghibur antara kedua pasangan yang ditentukan.

"Itu adalah pertandingan penting," kata petenis Spanyol itu.

"Saya bertarung dan Dia juga bertarung. Setiap poin luar biasa, saya menduga meski begitu, saya siap menghadapi situasi itu."

Dua laga kemudian Kerber menghadapi dua ancaman match point, namun Muguruza meraih yang ketiga untuk menempatkannya di delapan besar.

 

 

Baca Juga:
Lolos Putaran Kedua, Kerber Masih Diragukan Performanya
Pertahanan Gigih Kerber di Putaran Ketiga Wimbledon      
Angelique Kerber Juara Amerika Terbuka dan Gelar Nomor Satu Dunia

  • facebook share

RELATED NEWS

Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS
Nadal Sang Nomor Satu Dunia

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company