Petenis Wanita Yang Lolos Perempat-Final

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC Sport,Reuters | 11 July 2017

Petenis Wanita Yang Lolos Perempat-Final

SPORTKU.COM

Warna-warni aksi para petenis wanita membuahkan hasil yang cukup mengesankan, menuju perempat final Wimbledon 2017.

Juara tunggal Wimbledon lima kali Venus Williams melaju ke perempat final Wimbledon 2017 dengan kemenangan atas petenis Kroasia Ana Konjuh, Senin (10/7/2017)

Williams mengalahkan unggulan ke-27, yang merupakan petenis termuda di ajang ini, melakukan debut Wimbledon pada 1997, 6-3, 6-2. Ada yang unik dari laga ini karena ini adalah pertandingan antara petenis tertua Venus dan termuda Konjuh.

Setelah set pembuka beraksi, Williams berusia 37 tahun mulai menemukan jangkauannya pada groundstroke, menahan lawannya yang masih dipatok di belakang lapangan.

Konjuh menyelamatkan tiga match point pada servis namun menyerah pada game berikut saat dia menabrak backhand yang panjang.

Williams menjadi pemain tertua sejak petenis tertua berusia 47 tahun Martina Navratilova pada tahun 1994 mencapai perempat final, di mana ia akan menghadapi bintang-bintang generasi muda yang bersinar, juara Prancis Terbuka Jelena Ostapenko.

Petenis Latvia Ostapenko yang berusia 20 tahun ini mengalahkan unggulan keempat asal Ukraina Elina Svitolina 6-3 7-6 (8-6). Svitolina menyelamatkan tujuh match point di set kedua, sebelum Ostapenko, unggulan ke-13, akhirnya menang dalam tie-break.

Di tempat lain, Johanna Konta menjadi wanita Inggris pertama yang mencapai perempat final sejak 1984 dengan kemenangan keras atas petenis Prancis Caroline Garcia.

Konta akan menghadapi Simona Halep setelah unggulan kedua asal Kenya itu menang 7-6 (7-3) 6-2 atas Victoria Azarenka.

Pemain Belarusia Azarenka yang kini berusia 27 tahun itu, yang hanya bermain di turnamen keduanya setelah melahirkan putranya Leo pada bulan Desember, berhasil menyelamatkan tiga match point sebelum Halep menang. Jika Halep mengalahkan Konta di delapan besar, dia akan menjadi petenis nomor satu dunia.

Konta sebelumnya hanya memenangi satu pertandingan di lima penampilan Wimbledon sebelumnya. Tapi setelah memacu laga keempatnya di turnamen ini, dan sanggup mengalahkan Simona Halep maka ia memiliki kesempatan luar biasa untuk menjadi juara sebagai tuan rumah pertama sejak Virginia Wade 40 tahun lalu.

Unggulan keenam Konta, yang menghabiskan tahun-tahun formatifnya di Australia sebelum pindah bermain di Spanyol saat berusia 14 tahun dan kemudian menjadi petenis Inggris pada tahun 2012, tampil dengan performa yang efisien, meski sempat goyah di tengahnya, untuk mengatasi ulah musuh.

Konta selalu di atas set pertama meskipun harus mendapatkannya melalui tie-break, namun ketika satu pukulan forehand yang menakjubkan mematahkan smash Garcia, sontak gemuruh penonoton Court One mengapresiasi aksi mereka.

Dia dan Garcia bermain dengan gaya yang sama, permainan yang solid dan sering menjatuhkan diri pada satu lutut untuk mendapatkan serendah mungkin pukulan ground yang dalam, dan hanya ada sedikit untuk membedakannya di set terakhir.

Servis terus mendominasi sedemikian rupa sehingga break point pertama tidak sampai pertandingan ke-10, tapi ketika itu terjadi, Konta memanfaatkan sepenuhnya pada aksi Garcia di net.

"Pertandingan yang sangat sulit dimainkan, dia tampil mengesankan, sulit untuk mendapatkan ritme saat dia tampil dengan baik dan mendapat serangan pertamanya," kata Konta.

"Saya senang bisa mendapatkan hasil yang cukup di pertandingan terakhir itu. Ketika saya masih kecil, dan bahkan sekarang, saya bermimpi berada dalam pertempuran ini dan samapai pada tahap besar."

Jo Durie, manatan petenis Inggris yang kalah dari Hanna Mandlikova di perempat final 1984, mengucapkan ucapan selamatnya pada Twitter: "Pertandingan hebat @JoKonta91 & selamat datang di 8 besar."

Selain itu Svetlana Kuznetsova juga mencapai delapan besar untuk keempat kalinya, sejak kemenangan pertama di tahun 2007, dengan kemenangan 6-2 6-4 atas unggulan kesembilan Agnieszka Radwanska.

Pemenang Grand Slam dua kali Kuznetsova selanjutnya akan bermain Garbine Muguruza, setelah petenis Spanyol itu menang 4-6 6-4 6-4 atas petenis nomor satu dunia Angelique Kerber.

 

Baca Juga:
Kerber Tersingkir di Wimbledon, Auf Wiedersehen!

 

Petenis Slovakia Magdalena Rybarikova, peringkat 87 dunia, lolos ke perempatfinal Grand Slam pertamanya dengan kemenangan 6-4 2-6 6-3 atas petenis nomor 135 Petra Martic dari Kroasia.

Rybarikova selanjutnya menghadapi petenis Amerika Coco Vandeweghe, unggulan ke-24, setelah mengalahkan petenis Denmark nomor satu dunia Caroline Wozniacki 7-6 (7-4) 6-4.

 

Baca Juga:
Cedera Parah Mattek-Sands, Berujung Operasi
Polisi Ungkap Video Bukti Kecelakaan Venus

  • facebook share

RELATED NEWS

Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS
Nadal Sang Nomor Satu Dunia

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company