Zarco Berpeluang Gantikan Rossi di Tim Pabrikan Yamaha

Text : Suhartono | Photo / Video : Paddock-gp | Editor: Andi Wahyudi | 11 July 2017

SPORTKU.COM

Tim Yamaha terus mengalami keterpurukan. Dua pebalapnya, Maverick Vinales dan Valentino Rossi tak bisa menjaga konsistensinya di puncak klasemen.

Masih sulit untuk memprediksi siapa yang akan menjadi juara dunia MotoGP 2017. Kini Marc Marquez (Repsol Honda) menduduki posisi puncak klasemen sementara dengan 129 poin. Marquez hanya meninggalkan Vinales dengan selisih 5 poin. Di posisi ketiga ada Andrea Dovizioso (Ducati) dengan 123 poin dan Rossi ke-4 dengan 119 poin. Disusul Dani Pedrosa (Repsol Honda) dengan 103 poin.

Pada beberapa seri pembuka MotoGP 2017, dua pebalap Yamaha menjadi favorit juara dunia. Vinales menjadi pemuncak klasemen sementara untuk beberapa seri. Begitu juga dengan Rossi. Dovizioso juga sempat mencicipi posisi puncak sebelum akhirnya kini diduduki oleh Marquez setelah menangi balapan di Sachsenring, Jerman.

Tapi sangat disayangkan untuk Rossi. Pebalap Italia itu gagal untuk menguasai mesin terbaru Yamaha M1. Pengalaman dan keahlian The Doctor tak bisa membuatnya berjalan mulus pada setiap serinya. Meski diakuinya jika Yamaha telah mengambil langkah yang sangat maju dalam membangun mesin M1 terbaru untuk kampanye musim ini.

Baca Juga
Ixon, Penyedia Airbag MotoGP 2018

Namun semua itu tak serta merta membuat penampilan Rossi menjadi beringas. Rossi tak lagi sekuat dulu. Usianya yang sudah tua, 38 tahun, mungkin menjadi faktor utama yang membuat Rossi lemah di sirkuit. Rossi tak bisa bertahan di level tertingginya tanpa masalah.

Akibatnya, muncul prediksi siapa pebalap yang bisa menjadi pengganti Rossi di tim Yamaha. Johann Zarco, salah satu yang diincar pabrikan Yamaha sebagai penerus Rossi. Meski masih menyandang gelar sebagai pebalap pendatang baru, namun beberapa aksi Zarco sempat mencuri perhatian.

Zarco yang saat ini menjadi pebalap satelit Yamaha di tim Monster Yamaha Tech3 memang cukup memukau. Sepanjang musim ini, Zarco sudah berhasil menduduki podium juara dengan finish ke-2 saat tampil di Sirkuit Le Mans, Prancis. Kini Zarco menjadi pebalap satelit terbaik dengan menduduki posisi 5 klasemen sementara bermodal 84 poin.

Pebalap asal Prancis itu terus menggairahkan sirkuit dalam setiap penampilannya di antara tim-tim besar. Oleh karena itu, Zarco adalah favorit untuk menjadi generasi berikutnya Rossi. Selain itu, Yamaha juga memiliki keleluasaan untuk menggaet Zarco menjadi pebalap pabrikan.

Namun sepertinya keputusan Yamaha untuk menjadikan Zarco sebagai pebalap utamanya tidak akan terwujud pada musim depan. Sebab Zarco sendiri telah menandatangani kontrak lanjutan bersama Monster Yamaha Tech 3 untuk MoyoGp 2018. Dirinya masih akan berpasangan dengan Jonas Folger.

Baca Juga
Rossi, Kemana Ambisimu?
Pinarello Mulai Melirik Segmen MTB

  • facebook share

RELATED NEWS

Ali Adrian Ubah Riding Style

Ali Adrian Ubah Riding Style

SUPERBIKE
Galeri Aksi ARRC Sentul 2017

Galeri Aksi ARRC Sentul 2017

ARRC
Highlight ARRC Sentul 2017

Highlight ARRC Sentul 2017

ARRC
Diva Balapan Bareng Pebalap Dunia

Diva Balapan Bareng Pebalap Dunia

SUPERMOTO

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company