Makna Di balik Jersey Ikon di Tour de France

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Letour,ESPN | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: csmonitor,Letour | 11 July 2017

Makna Jersey Tour de France

SPORTKU.COM

Dalam setiap penyelenggaraannnya, Tour de France memiliki 4 jersey atau kaus dengan warna berbeda yang menjadi perebutan para pebalap.

Jersey tersebut adalah kuning, hijau, putih dan polkadot atau putih yang dihiasi lingkaran hitam dan merah. Setiap jersey tersebut memiliki makna tersendiri dan tentunya, menjadi kebanggaan para pebalap sepeda yang berhasil mendapatkannya.

Kecuali para hari pertama balapan, jersey-jersey tersebut dikenakan oleh pebalap tertentu yang berlomba di Tour de France. Jersey tersebut menandakan sebagai pebalap terbaik dalam kategori dan pemakainya bisa berubah setiap harinya. Seorang pebalap bisa saja berhak atas satu jersey atau lebih.

Lantas, apa makna warna dari masing-masing jersey tersebut? Berikut penjelasannya!

Hijau

Jersey hijau atau Maillot Vert (dalam bahasa Prancis) adalah jersey yang dikenakan oleh Sprinter terbaik. Pada setiap etape, 10 hingga 25 pebalap pertama yang melewati garis finish akan mendapatkan poin. Jumlah poin sprint yang diberikan tergantung pada lintasan pada hari lomba (lintasan datar menghasilkan lebih banyak poin daripada medan di pegunungan) dan di tempat atau lokasi khusus yang telah ditetapkan penyelenggara. Beberapa etape juga terdapat area mini sprint, yang memiliki nilai atau poin.

Untuk jersey hijau, pebalap Jerman Erik Zabel memegang rekor di Tour dengan meraih jersey ini sebanyak enam kali secara berturut-turut, antara tahun 1996 dan 2001.

Polka Dot

Jersey yang berbasis putih dan terdapat bulatan berwarna merah ini adalah jersey yang ditujukan bagi King of the Mountains alias raja tanjakan. Jersey ini diberikan kepada pebalap yang mendapat poin terbanyak atau mencapai puncak bukit atau gunung yang telah ditetapkan penyelenggara.

Setiap pegunungan memiliki nilai yang berbeda, tergantung dari kecuraman, panjang dan posisinya di lapangan, serta kondisi lainnya.

Penghargaan bagi pendaki terbaik mulai diberikan pada tahun 1933 dan Maillot à Pois Rouges pertama kali dipakai pada tahun 1975. 

Baca juga:
BERAPA BANYAK AIR YANG HARUS DIKONSUMSI SAAT BERSEPEDA?

Putih

Jersey ini dikenakan oleh pebalap tercepat yang berusia di bawah 25 tahun (pada 1 Januari pada tahun balapan) atau “Pebalap Muda Terbaik”. Jersey putih pertama dipakai tahun 1975.

Sejumlah pebalap yang pernah meraih jersey putih diantaranya adalah Denis Menchov (2003), Alberto Contador (2007), Andy Schleck (2008–2010), Pierre Rolland (2012).

Kuning 

Bisa dikatakan, jersey ini memiliki kasta atau gengsi tertinggi diantara jersey lainnya. Disebut juga Maillot Jaune, jersey kuning adalah “tanda tangan” dari Tour de France dan menjadi buruan para pebalap top dunia sampai hari ini.

Kaus kuning diberikan ke pebalap yang memiliki waktu tercepat, hasil akumulasi dari setiap hari balapan. Setiap hari, jumlah total waktu yang dicapai seorang pebalap pada sebuah etape akan diakumulasi dengan ras sebelumnya. Siapa yang tercepat maka dialah yang berhak atas jersey kuning, pada balapan esok harinya.

Selain itu, ada hadiah, kompetisi atau kategori lain di Tour de France yang tidak melibatkan jersey, yaitu kategori “Pebalap Paling Agresif” dari setiap etape. Mereka yang memenangkan etape ini akan memakai nomor berwarna merah dengan latar belakang putih.

Kategori lainnya adalah “Tim Terbaik” yang dinilai tiga pebalap tercepat dalam sebuah tim. Tim ini akan memakai plat nomor berwarna hitam dengan latar belakang berwarna kuning.

4 warna dalam Jersey ikon di Tour de France (Letour)

makna-dibalik-jersey-ikon-78683e8b64c5103.jpg

 

Baca juga
QATAR TERANCAM BATAL GELAR MOTOGP 2018

 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

DID U KNOW
Memahami Fungsi Utama Camber Ban

Memahami Fungsi Utama Camber Ban

DID U KNOW
Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

DID U KNOW
Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company