Djokovic Capai Perempat-Final, Protes Masalah Rumput Wimbledon

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC Sport,Reuters | 12 July 2017

Perempat-Final, Djokovic Protes Masalah Rumput

SPORTKU.COM

Novak Djokovic mencapai perempat final Wimbledon dengan kemenangan straight set atas petenis Prancis Adrian Mannarino.

Dalam pertandingan tertunda dari Senin, petenis nomor empat dunia mengalahkan Mannarino berperingkat 51 dunia  dengan skor 6-2 7-6 (7-5) 6-4 dalam dua jam dan 13 menit, Selasa (11/7/2017)

Selama laga berlangsung petenis Serbia itu tampak tidak senang dengan kondisi Center Court dan juga mendapat perawatan di bahu kanannya saat pertandingan. Selanjutnya petenis berusia 30 tahun itu akan menghadapi petenis unggulan ke-11 Republik Ceko Tomas Berdych dalam delapan besar.

Ketika ditanya tentang kondisi bahunya, Djokovic mengatakan kepada BBC Sport: "Kita lihat nanti. Saya merasa adanya sesuatu yang menyeretnya kesana kemari untuk sementara waktu, tapi saya masih bisa bermain."

 

Baca Juga:
Gairah Membara Djokovic di Putaran Ketiga Wimbledon

Semula pertandingan tersebut dijadwalkan dimainkan pada hari Senin di Court One namun ditunda setelah laga Rafa Nadal dan Gilles Muller memakan waktu empat jam dan 48 menit.

Keputusan untuk menunda pertandingan hingga Selasa, dan bukan bermain di Center Court setelah kemenangan Roger Federer pada Senin atas Grigor Dmitrov, dipertanyakan beberapa orang, termasuk istri Djokovic, Jelena.

"Saya hanya berpikir itu adalah keputusan yang salah untuk tidak bermain malam terakhir, karena kami bisa bermain," kata Djokovic.

"Saya pikir pertandingan terakhir di Centre Court dilakukan sebelum jam 7. Dengan mengingat bahwa Center Court memiliki atap dan lampu, kami bisa bermain sampai jam 11 malam.

"Kami pergi ke kantor wasit sebelum pukul delapan (Kami diberitahu) ada alasan keamanan (untuk tidak melakukan pertandingan). Itulah satu-satunya alasan ... kami baru saja kembali."

Ada kekhawatiran awal mengenai kebugaran Mannarino, karena petenis Prancis itu tampak berjuang dari efek bermain dua pertandingan dalam lima set untuk perjalanannya menuju babak 16 besar.

Mannarino sempat membuat Djokovic gagal dalam game servis pertamanya, dan meskipun permainannya cukup berkembang dalam pertandingan untuk menyelamatkan dua set point, ia tetap tidak dapat mencegah Djokovic mengambil set pertama dalam 37 menit.

Sebuah kesalahan ganda dari Djokovic dan beberapa permainan yang longgar memungkinkan petenis Prancis itu untuk istirahat di set kedua dan akhirnya memaksakan tie-break, namun juara 12 kali Grand Slam tersebut mendapat poin ekstra dengan mudah.

Namun, ada beberapa kekhawatiran bagi Djokovic, yang dua kali meminta perhatian dari dokter sebelum memanggil time-out medis di set terakhir.

Dia tampak semakin tidak nyaman dengan bahunya, meregangkannya setelah dia melakukan kesalahan ganda pada match point, sebelum akhirnya bisa keluar dari lapangan untuk tetap tak terkalahkan di lapangan rumput tahun ini.

"Saya menyebutkan ada lubang di tengah lapangan kepada wasit dan dia meminta saya untuk menunjukkan kepadanya, yang saya lakukan pada akhirnya, dia tidak terlalu senang," Djokovic menambahkan.

"Lapangan tidak begitu hebat tahun ini, banyak pemain merasakan hal yang sama, saya yakin alasannya adalah yang terbaik di dunia, tapi rumput adalah permukaan yang paling rumit untuk dipelihara."

"Jelas saya tidak senang tidak bermain tadi malam," lanjut Djokovic. "Kami ditahan selama dua setengah jam dalam kegelapan, dengan cara, tanpa mengetahui apa yang akan kita lakukan. Jadi, Anda berada di jari kaki Anda untuk pemanasan, lalu pendinginan. Petugas wasit benar-benar ragu-ragu.

"Ini membuat frustrasi tadi malam Tapi saya cepat saja balik ke tahap berikutnya dan hanya fokus pada apa yang harus saya lakukan hari ini, saya telah melakukannya dengan straight set, itu yang penting."

 

 

Baca Juga:
Murray Capai Perempat-Final Wimbledon Dalam 10 tahun
Federer Capai Perempat-Final Grand Slam ke-50
Nadal Tersingkir Dalam Laga Epik Putaran Keempat

Save

Save

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

'Mantra' Federer dan Keagungan Wimbledon

'Mantra' Federer dan Keagungan Wimbledon

TENNIS
Federer Raih Gelar Wimbledon Kedelapan

Federer Raih Gelar Wimbledon Kedelapan

TENNIS
Muguruza, Catatan Karir Sang Juara

Muguruza, Catatan Karir Sang Juara

TENNIS
Wimbledon Pertama Muguruza, Venus Runner-Up

Wimbledon Pertama Muguruza, Venus Runner-Up

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company