Kemenangan ke-100 Sang Maestro Tua, Venus Williams

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC Sport | 12 July 2017

Kemenangan ke-100 Sang Maestro Tua

SPORTKU.COM

Usia bukanlah halangan, demikian Venus menempuh kesuksesan di hari kedelapan Wimbledon 2017.

Juara lima kali Venus Williams menang dalam pertandingan tunggal ke-100 di Wimbledon usai mengalahkan pemenang Perancis Terbuka Jelena Ostapenko dan mencapai semifinal.

Williams meraih kemenangan 6-3 7-5 melawan petenis Latvia berusia 20 tahun itu dalam satu jam dan 13 menit di Center Court, (Selasa, 11/7/2017)

Selanjutnya Venus akana menghadapi unggulan keenam Inggris Johanna Konta dalam empat besar pada hari Kamis setelah Konta mengalahkan unggulan kedua Simona Halep.

Selain itu Garbine Muguruza akan menghadapi  Magdalena Rybarikova di semifinal lainnya.

Venus Williams, 37, adalah pemain tertua yang mencapai empat besar sejak Martina Navratilova pada tahun 1994, namun dia mengatakan bahwa dia tidak memikirkan usianya.

"Jujur saja saya merasa cukup mampu dan kuat. Jadi, berapa pun umurnya, selama saya merasa seperti itu, maka saya tahu bahwa saya dapat bersaing untuk meraih gelar setiap saat." ujar Venus Williams.

Williams, yang bersaing di Wimbledon ke-20 nya, hanya satu kemenangan dari final kesembilannya di SW19, delapan tahun setelah penampilan terakhirnya. Dia belum pernah memenangkan gelar Grand Slam sejak Wimbledon di tahun 2008.

Venus, Maestro Tua yang mengalahkan petenis muda

Williams mendominasi Wimbledon selama hampir satu dekade antara tahun 2000 dan 2009, memenangkan lima gelar dan menyelesaikan runner-up di tiga final lainnya.

Namun juara Grand Slam tujuh kali itu telah menjadi sosok yang tak diunggulkan setelah didiagnosis dengan sindrom Sjogren, penyakit yang menyebabkan kelelahan dan nyeri sendi, pada 2011.

Dia mengatakan bahwa dia menolak untuk mempertimbangkan pensiun, meskipun rangking dunianya turun hingga ke-103 pada akhir tahun 2011.

Petenis Amerika itu kembali ke posisi 10 besar tahun lalu dan kemudian mencapai final Grand Slam pertamanya sejak 2009 saat kalah dari saudaranya Serena di final Australia Terbuka pada Januari.

Sekarang dia hanya dengan satu kemenangan lagi dari final besar setelah mengalahkan lawan yang baru lahir beberapa minggu sebelum dia melakukan debut SW19 pada 1997.

Ostapenko mengkonfirmasi statusnya sebagai salah satu rising star dari kelas wanita saat ia mendapat kejutan kemenangan di Roland Garros bulan lalu. Tapi permainannya yang agresif, risikonya dan penghargaannya belum mampu menjawab Williams yang hebat.

 

Baca Juga:
Ostapenko Sukseskan Latvia Raih Pertama Kali Prancis Terbuka

 

Sebuah break point yang diambil dalam pertandingan servis pertama Ostapenko sudah cukup untuk mengayunkan set pembuka yang disukai Williams, sebelum pukulan keras petenis Latvia ini akhirnya mulai mencocokkan kekuatan lawannya di set kedua.

Ostapenko menyapu bersih break untuk 3-3, hanya untuk melihat maestro tua Williams meningkatkan tekanan untuk istirahat selama 6-5, bertahan untuk kemenangannya ke-86nya di Wimbledon.

"Dia bermain dengan sangat baik, sangat sulit untuk dipecahkan, karena itu saya mendapat tekanan lebih banyak karena saya harus mempertahankan servis saya," kata Ostapenko.

"Saya tidak merasa gugup, saya tidak bisa benar-benar bermain sebaik mungkin."

Analisa Martina Navratilova, legenda tenis wanita dan juara tunggal Wimbledon sembilan kali menagtakan bahwa Venus adalah satu-satunya pemain yang melakukannya sebelumnya dan itu benar-benar terbayar. Ostapenko telah melakukannya dengan baik untuk masuk ke minggu terakhir. Sampai Anda menang pertama kali Anda tidak tahu apakah bisa dan keraguan itu bisa Anda muncul saat di lapangan.

 

 

Baca Juga:
Djokovic Capai Perempat-Final, Protes Masalah Rumput Wimbledon
Venus Williams Sempat Repot Lawan Fans Belianya
Polisi Ungkap Video Bukti Kecelakaan Venus

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

TENNIS
Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

TENNIS
Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

TENNIS
Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company