Laga Menegangkan Konta Vs Halep, Tuan Rumah Cetak Sejarah

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC Sport | 12 July 2017

Cetak Sejarah, Konta Harapan Tuan-Rumah

SPORTKU.COM

Inggris, tuan rumah Wimbledon membuka harapan baru untuk kelas tenis wanita sejak 40 tahun silam.

Johanna Konta memenangkan sebuah tempat di semifinal Wimbledon pada hari Selasa (12/7/2017) dalam laga penuh ketegangan, menundukkan Simona Halep yang penuh semangat dalam tiga rangkaian epik untuk menjadi petenis wanita Inggris pertama yang mencapai empat besar selama hampir 40 tahun, sejak 1977.

Unggulan keenam, Konta, 26, berjuang untuk menang 6-7 (2-7) 7-6 (7-5) 6-4 dan menyaingi rekor prestasi Virginia Wade dari 39 tahun lalu.

Disaksikan oleh Virginia Wade dari Royal Box, Konta tampil luar biasa, menempuh durasi dua jam dan 38 menit dan menuju  semifinal melawan petenis Amerika Venus Williams.

 

Baca Juga:
Kemenangan ke-100 Sang Maestro Tua, Venus Williams

 

"Saya selalu percaya dengan kemampuan saya sendiri dan saya selalu bermimpi besar," ujar Konta.

"Tapi saya jauh lebih berorientasi pada proses, jadi saya tidak memberi diri saya terlalu banyak waktu untuk bermimpi, saya lebih fokus pada laga itu."

Konta hanya terpaut dua kemenangan dari kemenangan Virginia Wade tahun 1977 dan akan menghadapi juara lima kali Williams pada hari Kamis untuk mendapatkan tempat di final.

"Saya sangat senang untuknya," kata Wade yang berusia 72 tahun. Saya tahu berapa banyak tekanan yang ada. Sangat menyenangkan berada di atmosfer seperti itu, dan dia bertindak sangat baik.

"Saya percaya pada performanya, itu adalah pertunjukan yang brilian."

Halep, 25, akan menggantikan posisi petenis Jerman Angelique Kerber di puncak peringkat dengan kemenangan atas Konta, namun petenis Republik Ceko Karolina Pliskova malah akan menjadi petenis nomor satu dunia yang baru.

Konta berulang kali berbicara tentang "proses" mental dan taktis yang dia andalkan selama dia menaikkan ranking, dan ini bertahan dengan luar biasa di bawah tekanan besar.

Dia menyelesaikan pertandingan dengan 36 kesalahan sendiri sedangkan Halep sembilan, namun ia percaya dalam rencana permainan menyerang yang menghasilkan 48 kemenangan untuk 26.

Setelah dijagokan alias menjadi favorit sejak memenangkan pertandingan putaran kedua, Konta mengatasi lawan di ambang calon menjadi petenis nomor satu dunia dengan ketenangan yang mengesankan.

"Saya tahu melawan Simona. Dia tidak akan memberikan saya secara gratis dan saya harus menciptakan peluang saya sendiri dan saya mengambil beberapa darinya," katanya.

"Saya merasa konsisten dalam pendekatan saya dan secara umum di luar sana, saya terus mempercayai diri saya sendiri."

Konta telah memenangkan tiga dari lima pertemuan sebelumnya melawan Williams, dan melihat ke depan untuk pertemuan keenam Konta mengatakan: "Saya pasti merasa usia bukanlah faktor Venus. Dia adalah juara yang luar biasa dan saya merasa rendah hati untuk berbagi lapangan dengannya."

Konta semakin lebih kuat dengan tekanan

Layar penyajian laga yang luar biasa dari Konta, di bawah atap Center Court, nyaris gagal karena banyaknya kesalahan, dengan enam break point yang akhirnya melaju sebelum dia melakukan langkah tegas di set terakhir.

Kontes adu servis Konta yang bagus dan juga pukulan keras terjadi, melawan gerak kaki Halep yang cemerlang dan kemampuan untuk memaksakan kecepatan dari baseline.

Itu adalah awal yang mengguncang. Dengan servisnya,  Halep menjadikan pertahanan dengan sangat baik dan Konta jatuh di level 4-1 dengan kesalahan ketujuhnya.

Petenis Inggris ini kemudian menemukan jangkauannya, melepaskan diri dengan beberapa kekalahan yang hebat dan dengan pukulan backhand menyilang mengantar pada 4-4 dengan 12 dari 14 poin.

Konta membuat 25 dari 26 servis pertama yang luar biasa pada saat ia berada di level 5-5 dan akan mengakhiri set dengan tingkat keberhasilan 89%, tapi itu karena Halep yang maju dalam tie-break. Dua kesalahan berturut-turut dibiarkan Konta turun 5-2 dan Halep memanfaatkan keunggulan forehand, sebelum petenis nomor 12 Inggris itu menyerah.

Pada set kedua Konta mencoba meningkatkan kemajuannya dengan memanfaatkan peluang, bola-bola pengembaliannya berulang kali membuatnya turun saat empat break point berlalu.

Laga semakin pelik dan terlihat Konta sangat terbeban saat Halep melaju pada level 5-4 dalam tie-break, dua poin dari kemenangan. Tapi Konta membawanya dengan forehand di garis depan dan tembakan backhand ke sudut, membuat riuh rendah suara 15.000 penonton.

Halep sekilas memiliki kesempatan di awal penentuan hanya dengan break point keduanya, tapi Konta berhasil melepaskannya dengan forehand pada garis dan semakin kuat saat set tersebut berkembang.

Halep mencoba melepaskan forehand yang akhirnya melebar untuk melepaskan jeda pertandingan di game kelima dan, meski nampaknya ada ada peluang, Konta tetap berusaha untuk bergerak ke match point.

Ada jeda sesaat saat seorang penonton berteriak pada tengah reli, dengan jelas membuat Halep terganggu, namun petenis Rumania ini melakukan keslahan di net dan wasit memastikan bahwa kemenangan itu adalah milik Konta.

Usai laga, Halep menggambarkan kerumunan Center Court sebagai sesuatu yang "sangat bagus dan fair", namun ia menambahkan: "Saya pikir normal untuk mengulangi poin saat seseorang berteriak seperti itu."

 

 

Baca Juga:
Muguruza Capai Semi-Final, Lawan Tak Nyaman?
Djokovic Capai Perempat-Final, Protes Masalah Rumput Wimbledon

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

TENNIS
Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

TENNIS
Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

TENNIS
Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company