Menilik Pertarungan Abad Ini antara McGregor vs Mayweather di Ring Tinju

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Bloodyelbow,independent | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: CNBC,MMania,Abcnews | 12 July 2017

Laga Abad ini McGregor-Mayweather

SPORTKU.COM

Dua petarung terbaik akan adu jotos. Yang satu juara UFC, satunya lagi juara dunia tinju. Siapa yang bakal menang?

Laga panas akan tersaji di T-Mobile Arena Las Vegas, Amerika Serikat pada 26 Agusuts 2017 mendatang. Laga ini dapat dikatakan sebagai Fight of the Century atau pertarungan abad ini lantaran akan mempertemukan dua petarung dari dua lintas cabang olah raga berbeda.

Conor McGregor, petarung seni bela diri campuran yang berlaga di Ultimate Fighting Championship (UFC) bakal menghadapi Floyd Mayweather Jr, seorang petinju profesional berusia 40 tahun yang sudah menggeluti dunia tinju sejak tahun 1996.

Baik McGregor maupun Mayweather merupakan petarung hebat di cabang olah raganya masing. Masing. The Notorius —julukan McGregor— menjadi orang pertama yang sukses mengawinkan sabuk juara kelas bulu dan ringan. Selain itu, pria asal Irlandia tersebut memiliki rekor MMA 21-3.

Sementara, The Money —julukan Mayweather—p un tak kalah hebat. Ia sukses memenangkan enam kejuaraan tinju dunia di lima kelas berat berbeda. Bahkan capaiannya di dunia tinju nyaris sempurna dengan rekor 49-0 di mana 26 diantaranya diakhiri dengan kemenangan mutlak K.O.

Adapun arena maupun regulasi untuk pertarungan kedua jagoan ini akan dilakukan sesuai aturan tinju. Keduanya akan bertarung di ring tinju sebanyak 12 ronde.

Baca juga
Bianchi Hadirkan Road Bike Edisi Spesial

Secara teori, format ini menguntungkan Mayweather. Karena ia terbiasa dengan aturan tinju yang sangat berbeda dengan aturan Mix Martial Arts dimana McGregor berasal. Dengan pengalamannya yang panjang, hal ini akan membantu Mayweather dalam strategi terutama dalam mengatur ritme pertarungan.

Meski McGregor mengaku tidak masalah dengan aturan yang dipakai adalah aturan tinju, namun pasti akan butuh adaptasi baginya untuk tidak menggunakan senjata lain selain kepalan tangan. Di MMA, bukan hanya tendangan dan bantingan, sikut pun dibolehkan dipakai sebagai senjata untuk melumpuhkan lawan. Dengan kata lain, selain harus bisa menahan agar tidak menendang dan membanting, McGregor juga harus mampu mengontrol sikutnya. Jika aturan itu dilanggar, bukan hanya didiskualifikasi, McGregor juga diancam tidak akan mendapat bayaran.

Meski demikian, kesempatan McGregor untuk memenangkan pertandingan ini pun tak kalah besar. Dilihat dari usia, pria kelahiran Dublin itu jauh lebih muda dari Mayweather. Saat ini McGregor baru memasuki usia 28 sedangkan MayWeather sudah kepala 4 yang terbilang sudah memasuki masa senjakala sebagai seorang petinju.

Seperti yang dilansir dari Abcnews, McGregor saat ini tengah serius mempersiapkan dirinya sekaligus beradapatasi aturan tinju dengan berlatih sesuai aturan tinju. Ia pun mengambil Chris van Heerden, mantan juara dunia tinju kelas welter versi IBO, sebagai pelatihnya.

 

Di balik keriuhan pertarungan beda cabang olahraga ini, uang bayaran menjadi salah satu yang juga menarik perhatian. Dilansir dari CNBC, Selasa (11/7) nantinya WayWeather akan mendapatkan uang antara USD100 juta hingga USD400 juta, sementara McGreggor kabarnya akan mendapat antara USD40 juta hingga USD75. Kepastian berapa jumlah bayaran mereka akan ditentukan oleh penjualan tiket maupun hak siar TV pertandingan tersebut.

 

Baca Juga
Kebahagiaan Ganda Dani Alves

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

IRC Rambah Olahraga Lari

IRC Rambah Olahraga Lari

ACTUAL
World Taekwondo Championship 2017

World Taekwondo Championship 2017

ACTUAL
Kejuaraan Triathlon di Tanjung Lesung

Kejuaraan Triathlon di Tanjung Lesung

ACTUAL
Jokowi Pantau Dana Asian Games  

Jokowi Pantau Dana Asian Games

ACTUAL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company