Djokovic Undur Diri, Dirinya Makin Terpuruk

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: BBC Sport,Reuters | 13 July 2017

Keluar, Djokovic: Saya Merasa Buruk

SPORTKU.COM

Keterpurukkan Novak Djovic terus berlanjut di tahun ini, kini cedera menimpanya lagi.

Tahun menyakitkan bagi tiga kali juara Wimbledon Novak Djokovic berlanjut saat ia mengundurkan diri karena cedera siku saat perempat final melawan petenis Republik Ceko Tomas Berdych pada Rabu (12/7/2017).

Mantan petenis nomor satu dunia, yang tadinya berjuang meraih posisi teratas dengan memenangi gelar tersebut, takluk pada skor 7-6 (7-2) 2-0 saat ia mengundurkan diri.

Djokovic, 30, menjalani perawatan dengan cedera bahu kanan saat kemenangannya yang terakhir atas Adrian Mannarino dan membutuhkan perhatian lebih jauh saat melawan Berdych.

 

Baca Juga:
Djokovic Capai Perempat-Final, Protes Masalah Rumput Wimbledon

Petenis Serbia tersebut mengatakan bahwa dia akan mempertimbangkan apakah tindakan operasi diperlukan untuk memperbaiki cedera tersebut.

"Saya belum merasakan kesakitan seperti ini sejak saya mengalami cedera sekarang. Bukan pundak, siku yang terus mengganggu saya selama lebih dari satu setengah tahun.

"Saya bertahan selama 30 menit, bermain dengan rasa sakit yang tertahankan, tapi servis dan forehand adalah tembakan di mana saya bisa merasakannya paling banyak. Setelah itu, sama sekali tidak masuk akal untuk berlanjut."

Petenis peringkat tujuh dunia Republik Ceko Berdych, runner-up Wimbledon 2010, akan menghadapi Roger Federer di semifinal.

Djokovic sempat alami hal yang membuatnya tak nyaman saat laga 16 besar nya harus tertunda pada hari Senin akibat pertandingan panjang yang memakan waktu Rafael Nadal melawan Gilles Muller ke lima set. Pejabat turnamen memutuskan untuk tidak menempatkan Djokovic ke Centre Court.

Dia mengalahkan Mannarino 6-2 7-6 (7-5) 6-4 pada pertandingan pembukaan hari Selasa namun merupakan satu-satunya perempat finalis pria yang tidak memiliki istirahat sehari di antara putaran pertandingan.

Melawan Berdych, Djokovic sempat keluar untuk perawatan medis setelah kehilangan tie-break pertama dan mendapat perhatian di lengan kanannya sebelum dia mengundurkan diri.

"Sangat disayangkan saya harus menyelesaikan Wimbledon dengan cara ini. Jika seseorang merasa buruk, itu saya," tambah Djokovic.

"Saya menghabiskan waktu sekitar dua jam, dua setengah jam, di antara pemanasan dan pertandingan, mencoba melakukan semua yang saya bisa untuk membuat saya fit.

"Saya akan berbicara dengan para spesialis, seperti yang telah saya lakukan di tahun lalu, untuk mencoba mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk mengobatinya dan menemukan solusi jangka panjang.

"Tingkat rasa sakit tidak berkurang, itu hanya meningkat seiring berlalunya hari, sayangnya hari ini adalah hari terburuk. Mungkin fakta yang ada adalah saat laga kemarin, makin bertambah, itu sama sekali tidak membantu."

Pengunduran diri yang dilakukan menambah daftar panjang keterpurukan bagi mantan petenis nomor satu dunia ini, dimana Djokovic telah menyerahkan gelar Australia dan Prancis Terbuka tahun ini dan merosot ke posisi keempat di dunia.

Analisa John Lloyd, mantan kapten GB Davis Cup

Kami menyebutnya cukup cepat, dia tidak bisa melayani di atas 115 mph sejak awal. Begitu Berdych memakai peluang itu dan memenangkan set pertama, Novak tahu bahwa tidak ada kesempatan.

Boris Becker, juara Wimbledon tiga kali

Kebanyakan pemain memiliki gangguan ringan dan nyeri; Tidak ada pemain di minggu kedua yang 100% sehat. Tapi hanya Djokovic yang bisa mengatakan bagaimana tubuhnya. Dia tahu apakah dia bisa bermain atau tidak.

Ini adalah keputusan yang tepat. Murray dan Djokovic yang dominan tahun lalu tapi kini mereka tidak berada di dekat level itu. Ini adalah jadwal yang melelahkan dan pemai lain akan memasukkan 10% tambahan untuk mengalahkan Anda.


 

 

Baca juga:
Andy Murray Terhenti di Wimbledon Dengan Menyakitkan
Kemenangan ke-100 Sang Maestro Tua, Venus Williams
Laga Menegangkan Konta Vs Halep, Tuan Rumah Cetak Sejarah

 

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

'Mantra' Federer dan Keagungan Wimbledon

'Mantra' Federer dan Keagungan Wimbledon

TENNIS
Federer Raih Gelar Wimbledon Kedelapan

Federer Raih Gelar Wimbledon Kedelapan

TENNIS
Muguruza, Catatan Karir Sang Juara

Muguruza, Catatan Karir Sang Juara

TENNIS
Wimbledon Pertama Muguruza, Venus Runner-Up

Wimbledon Pertama Muguruza, Venus Runner-Up

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company