Yamaha Bocorkan Rahasia Lorenzo dan Vinales

Text : Suhartono | Photo / Video : Yamaha | Editor: Dedi Hermawan | 13 July 2017

Yamaha Bocorkan Rahasia Lorenzo-Vinales

SPORTKU.COM

Wilco Zeelenberg, Manager Yamaha mengungkapkan perbedaan antara Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales.

Wilco Zeelenberg bukanlah orang baru di dunia balap. Pria asal Belanda tersebut pernah menjadi juara dunia Grand Prix (GP) kelas 250cc. Bagi Yamaha, Zeelenberg juga sangat dekat. Bukan hanya kedekatannya dengan Yamaha, namun dengan Lorenzo pun Zeelenberg memiliki hubungan khusus.

Bersama Zeelenberg, Lorenzo tumbuh menjadi monster sirkuit. Kedekatan antara Zeelenberg dan Lorenzo sudah terjalin sejak 2010 silam. Akan tetapi keharmonisan keduanya terpaksa putus ketika Lorenzo memilih untuk hengkang dari Yamaha dan pergi ke Ducati pada musim ini.

Zeelenberg pun telah mampu mengantarkan Lorenzo untuk meraih gelar tertinggi di kelas premier MotoGP. Di mana pebalap asal Spanyol itu keluar sebagai juara dunia pada tahun 2010, 2012 dan 2015. Keberhasilan Lorenzo tersebut juga berkat peran penting Zeelenberg sebagai Rider Performance Analyst.

Kini Lorenzo sudah berpindah ke Yamaha. Namun tidak bagi Zeelenberg. Meski dirinya mendapat tawaran untuk ikut hijrah bersama Lorenzo, akan tetapi Zeelenberg memilih untuk tetap tinggal dengan Yamaha. Sekarang, Zeelenberg mendapat tugas dari pabrikan asal Jepang itu untuk bekerja bersama Maverick Vinales.

Belum lama ini, Zeelenberg memberbekan rahasia Lorenzo dan Vinales. Menurutnya, Lorenzo dan Vinales memiliki beberapa persamaan dan perbedaan, mulai dari gaya balap hingga hal lainnya.

Baca Juga
Palembang Jadi Tuan Rumah MXGP Indonesia 2018

"Maverick (Vinales) adalah orang yang sangat profesional dan termotivasi. Jika saya harus membandingkannya dengan motivasi, dia adalah salah satu orang yang memiliki fokus tertinggi, sama seperti Jorge (Lorenzo) pada dasarnya," buka Zeelenberg.

"Jika saya membandingkan Vinales dengan Jorge, Jorge memiliki gaya balap sangat mulus, tenang dan lembut di bagian depan. Dan Maverick lebih agresif. Dia (Vinales) melakukan pengereman dengan baik dan karena itu dia bisa mengerem sedikit dan lebih dalam masuk ke tikungan. Dan dia menggunakan posisi tubuhnya lebih ke depan daripada Jorge," imbuh Zeelenberg.

"Jorge, begitu dia mengerem, dia akan kembali (di atas motor) untuk membuat kecepatan tinggi di tikungan. Maverick ingin membuat motor melaju lebih kencang dan ia mengendalikan rem belakang dengan sangat baik, baik tikungan ke kiri maupun kanan," beber Zeelenberg.

"Jadi itu membuat set-up kita sedikit berbeda dengan Jorge. Dengan Jorge kami kadang-kadang berjuang agar motornya benar bisa berhenti karena kami tidak bisa melakukan hal yang sama dengan set-up yang bisa kami lakukan sekarang dengan Maverick. Sebab Jorge tidak mengerem begitu keras. Jadi, set-up yang kita lakukan berbeda dengan Maverick."

"Seringkali kami berjuang keras dengan Jorge dalam pengereman, tapi dengan Maverick motornya mengerem dengan baik. Ini menarik bagi kita untuk melihat dan memecahkan banyak masalah kecil yang kita hadapi dengan Jorge dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini didasarkan pada gaya balap."

Dalam wawancara khususnya dengan situs berita Crash, Zeelenberg juga mengungkapkan persamaan antara Lorenzo dan Vinales. Di mana menurut Zeelenberg, baik Lorenzo maupun Vinales sama-sama memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi.

Baca Juga
Cleveland, Sepeda Motor Amerika Resmi Hadir di Indonesia
Siapa Kiper Utama Pilihan Manchester City?

  • facebook share

RELATED NEWS

Vinales Start Terdepan

Vinales Start Terdepan

MOTOGP
Honda Kuasai Latihan Bebas Aragon

Honda Kuasai Latihan Bebas Aragon

MOTOGP
Indonesia Gelar FIM Asia Supermoto

Indonesia Gelar FIM Asia Supermoto

SUPERMOTO
Motivasi Baru Galang Hendra

Motivasi Baru Galang Hendra

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company