Yamaha Beberkan Kesulitan Lorenzo Adaptasi dengan Ducati

Text : Suhartono | Photo / Video : Ducati | Editor: Dedi Hermawan | 14 July 2017

Yamaha: Lorenzo Kesulitan Bersama Ducati

SPORTKU.COM

Kepindahan Jorge Lorenzo ke tim Ducati terus mendapat sorotan publik. Terlebih lagi, Lorenzo baru sekali raih podium sepanjang musim 2017.

Memang bukan perkara mudah bagi pebalap Spanyol itu untuk bisa cepat beradaptasi dengan mesin Ducati Desmosedici. Diprediksi butuh waktu lama untuk Lorenzo agar bisa menggeber Ducati dengan kompetitif. Hal itu juga diungkapkan oleh Wilco Zeelenberg, Manager Yamaha.

Zeelenberg sendiri bukan orang baru bagi Lorenzo. Pria asal Belanda sekaligus mantan juara dunia Grand Prix (GP) kelas 250cc itu sudah menjalin hubungan dekat dengan Lorenzo sejak 2010 silam hingga 2016 lalu di Yamaha. Zeelenberg juga berhasil membawa Lorenzo keluar sebagai juara dunia pada tahun 2010, 2012 dan 2015. Keberhasilan Lorenzo tersebut juga berkat peran penting Zeelenberg menjadi Rider Performance Analyst.

"Itu tidak mudah baginya (untuk beradaptasi dengan Ducati). Dia memiliki keterampilan tinggi di tikungan cepat, pada dasarnya, pengereman awal. Ducati tidak berjalan dengan baik (pada kondisi tersebut), tapi mereka memiliki poin kuat lainnya, jika tidak, Ducati tidak akan memenangkan dua balapan berturut-turut," ungkap Zeelenberg.

Baca Juga
Yamaha Bocorkan Rahasia Lorenzo dan Vinales

"Saya pikir Ducati perlu datang sedikit lebih dekat dengan Jorge dan Jorge perlu datang sedikit lebih dekat dengan Ducati. Dia perlu belajar cara mengerem lebih keras dan lebih dalam dan memiliki sedikit kecepatan di tikungan. Tapi ini juga salah satu keahliannya yang tinggi dan tidak ada yang bisa melakukan apa yang dia bisa, jika semuanya ada," imbuhnya.

Akan tetapi, dalam pandangan Zeelenberg, Lorenzo juga sudah mulai berubah bersama Ducati. Menurutnya, dari sisi elektronik Ducati dan Lorenzo sudah mulai membaik. Bahkan menurut Zeelenberg, Lorenzo sudah bisa membuat motor Ducati tidak bergetar saat di lintasan. Dia begitu halus dengan throttle.

"Tapi itu tidak mudah diprediksi, terutama dengan ban. Dia meggunakan ban keras di Barcelona dan biasanya dia tidak pernah melakukan itu dan akhirnya berhasil dengan baik. Meskipun Dovi menang dengan mediumnya, Jorge kembali dan baru terlambat, jika tidak, dia pasti akan naik podium lagi," sambung Zeelenberg.

Penampilan terbaik Lorenzo di MotoGP 2017 ini terjadi pada putaran ke-4 di Sirkuit Jerez, Spanyol dengan finish ke-3. Kini Lorenzo masih tertinggal di posisi ke-9 klasemen sementara MotoGP 2017 dengan 65 poin. Masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh Lorenzo.

Baca Juga
New Lambretta V Special 2018 Hadir 3 Tipe
Buntut Insiden Tour de Frace

  • facebook share

RELATED NEWS

Astra Otoparts Masih di Moto2

Astra Otoparts Masih di Moto2

MOTO2
Taroreh Balapan ARRC Thailand

Taroreh Balapan ARRC Thailand

ARRC
4 Pebalap Indonesia Lolos Seleksi

4 Pebalap Indonesia Lolos Seleksi

ROAD RACE
Joki Alfan Cebonk Juara Nasional

Joki Alfan Cebonk Juara Nasional

DRAG BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company