Yamaha: Fisik Vinales Lebih Kuat dari Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : Mcnews | Editor: Dedi Hermawan | 15 July 2017

SPORTKU.COM

Wilco Zeelenberg, Manager Yamaha yang sekaligus Rider Performance Analyst memiliki tugas berat untuk mengetahui setiap karakter dari Rossi dan Maverick.

Tugas berat Zeelenberg terus menanti dalam setiap penyelenggaraan seri MotoGP. Terlebih lagi kini kubu Movistar Yamaha kedatangan pebalap baru Vinales. Ya, mantan pebalap Suzuki tersebut baru mulai bergabung dengan Yamaha pada awal musim ini setelah menggantikan kedudukan Jorge Lorenzo yang hijrah ke Ducati.

Zeelenberg terus menganalisa perbedaan gaya balap antara Vinales dan Rossi. Menurutnya, gaya balap yang disajikan oleh Vinales dan Rossi dengan motor balap Yamaha M1 terlihat sangat berbeda. Keduanya memiliki selera balap tersendiri meski dengan pacuan balap yang sama.

"Gaya balap Maverick sangat berbeda dengan Valentino. Maverick secara fisik sangat kuat dan menggunakan sebagian kekuatan ini untuk mengubah arah ke motor. Tapi dengan cara yang berbeda dari Valentino, Vale tinggi dan kurus. Ukuran tubuh sangat berbeda. Mereka membutuhkan hal yang berbeda pada motor karena gaya membalap yang berbeda," ungkap Zeelenberg.

Baca Juga
Yamaha Beberkan Kesulitan Lorenzo di Ducati

"Mavercik kuat dan sangat terlatih. Bahkan dalam lima putaran terakhir, dia menyeringai energi (menggerenyotkan bibir, mulut, muka hingga tampak giginya), saya tahu hal ini sepanjang minggu. Vinales memiliki banyak energi, dan saya tidak berpikir itu hanya masalah latihan, saya pikir itu masalah DNA yang dia miliki."

"Vinales memiliki sikap yang sangat matang. Kami berujarkepadanya "Anda harus berada di sini saat ini", dan dia ada di sana. Dia benar-benar ingin belajar. Kami memiliki banyak pengalaman dengan motor ini dan dia tahu itu. Kecuali di beberapa sirkuit musim ini, kami selalu dapat memperbaiki motor di setiap sesi. Jika Anda ingin menjadi juara dunia, Anda tidak bisa melakukan dengan motor yang tidak bisa Anda kuasai," tutup Zeelenberg.

Maklum saja jika Zeelenberg memandang fisik Vinales jauh lebih kuta dan stabil sepanjang balapan ketimbang Rossi. Usia tidak bisa berbohong. Kini Rossi menjadi satu-satunya pebalap dengan usia paling tua di grid MotoGP 2017. Di mana pebalap Italia itu sudah masuki usia ke38 tahun pada 16 Februari lalu.

Sementara itu, Vinales jauh lebih muda dari Rossi. Pebalap Spanyol ini baru menginjak usia ke-22 tahun saat merayakan hari lahirnya pada 12 Januari lalu.

Baca Juga
New Yamaha XMax 400 2018 Hadir dengan Beragam Fitur Terbaru
Santa Cruz Sodorkan MTB Hightower LT

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Indonesia Melempem di India

Pebalap Indonesia Melempem di India

ARRC
Galang Hendra Podium, Sialnya Gerry

Galang Hendra Podium, Sialnya Gerry

ARRC
Pebalap Malaysia Kuasai Supersport 600

Pebalap Malaysia Kuasai Supersport 600

ARRC
Vinales Start Terdepan

Vinales Start Terdepan

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company