Intip Kesiapan MotoGP 2019 dengan Motor Listrik

Text : Suhartono | Photo / Video : Red Bull | 14 July 2017

SPORTKU.COM

Rencana penyelenggaraan MotoGP 2019 dengan membuka kelas motor listrik sebagai supporting class terus bergulir.

Direktur Teknologi MotoGP Corrado Cecchinelli saat ini masih melakukan penelitian apakah kelas sepeda motor listrik dapat diwujudkan pada musim 2019 mendatang. Meski belum diberi lampu hijau, akan tetapi sepertinya hal ini akan terjadi.

"Kami tidak mempertimbangkan mesin listrik untuk salah satu dari tiga kelas Grand Prix (Moto3, Moto2 dan MotoGP) yang kami miliki sekarang. Kami mempertimbangkan seri single-spec (dengan spek mesin sama) yang terpisah, yang akan diadakan di sejumlah seri MotoGP. Kami sedang dalam proses mengumpulkan data apakah mungkin untuk melakukan hal itu," ungkap Cecchinelli.

Menurut Cecchinelli, pihaknya tertarik untuk menggelar balapan dengan sepeda motor listrik karena beberapa alasan. Salah satunya karena dia merasa harus hidup di dunia nyata dengan trend yang terus berkembang. Dirinya juga menyadari apa yang akan terjadi dalam industri sepeda motor dan masuk akal untuk memulai dengan cara yang paling sederhana.

Baca Juga
Yamaha Beberkan Perbedaan Mendasar Rossi dan Vinales

"Kami berharap jika kita memulai seri ini, akan mendorong produsen lain untuk datang dan mengetuk pintu kita sehingga kita bisa membuat kategori terbuka setelah single-spec, misalnya tiga tahun berikutnya. Bahkan calon pemenang tender mungkin akan senang jika memiliki pesaing."

Namun tentunya ada perbedaan mendasar jika nantinya kelas sepeda motor listrik ini benar-benar terwujud. Seperti yang diungkapkan oleh Cecchinelli dalam situs Crash, balapan motor listrik akan kurang menarik untuk ditonton karena tidak ada suara mesin bergemuruh.

"Saya benar-benar tidak menikmati motor listrik yang begitu sepi! Itulah selera pribadi saya dan saya pikir itu akan berubah di tahun-tahun depan. Generasi pebalap masa depan tidak akan menyukai kebisingan," pungkas Cecchinelli.

Rencana dibukanya kelas sepeda motor listrik memang menjadi ujian tersendiri bagi Dorna, pemilik gelaran MotoGP. Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta mengatakan jika hingga saat ini memang belum ada kejuaraan resmi dengan sepeda motor listrik.

Hal ini berbeda dengan balap mobil yang sudah melombakan mesin listrik seperti pada FIA Formula E. Meski tak dipungkiri, Isle of Man TT telah membuka kelas balap motor listrik sejak tahun 2010. Akan tetapi hingga saat ini balapan tersebut kurang populer.

Baca Juga
New Lambretta V Special 2018 Hadir 3 Model
Vettel Uji Coba Kokpit Shield

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Galeri Foto Kejurnas Supermoto Sentul

Galeri Foto Kejurnas Supermoto Sentul

SUPERMOTO
Duel Farhan Dan Ade Elvira

Duel Farhan Dan Ade Elvira

SUPERMOTO
2 Pebalap Ultraspeed ARRC Sentul

2 Pebalap Ultraspeed ARRC Sentul

ARRC
Suzuki Gelar Latihan di Sentul

Suzuki Gelar Latihan di Sentul

ARRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company