Ketika Barcelona Pulangkan Mantan-mantannya

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube | Editor: Dedi Hermawan | 16 July 2017

SPORTKU.COM

Barcelona di musim ini setidaknya telah mendatangkan empat nama yang cukup familiar bagi para Cules. Ada apa dengan Barca?

Barcelona baru-baru ini mendatangkan Juliano Belletti, pemain yang menjadi pahlawan Barcelona di laga final Liga Champions 2006 silam. Kehadiran pria yang sudah memasuki usia 41 tahun ini tentu bukan dimaksudkan sebagai pemain, apalagi ia sudah menyatakan pensiun pada tahun 2011 silam.

Rupanya Beletti datang terkait penunjukan dirinya sebagai ambassador Barcelona. Nantinya ia akan mempresentasikan klub di berbagai acara yang mengandeng pihak klub di seluruh dunia.

Kedatangan pria berpaspor Brasil tersebut semakin menguatkan kesan bahwa di musim ini Barcelona senang mendatangkan mantan pemainnya untuk mengisi berbagai pos di klub yang berkandang di Camp Nou tersebut.

Di awal musim, Barca mendatangkan Ernesto Valverde, pelatih yang dalam empat tahun terakhir menukangi Athletic Bilbao. Valverde pernah merumput di Barcelona pada era 80-an.

Baca juga
Mungkinkan MotoGP Buka Kelas Molis?

"Merupakan sebuah kehormatan untuk datang ke sini. Saya merasa sangat beruntung karena klub ini telah telah mempertimbangkan dan menawari saya pekerjaan. Saya sangat senang memasuki tahap baru dalam karier saya. Ini adalah tantangan yang sangat besar dan saya ingin membuat Barca lebih besar dari sebelumnya," ujar Valverde di hari pertama ia ditunjuk sebagai manajer baru Barcelona.

Tak hanya Valverde, Barcelona juga merekrut dua legenda mereka, Jose Mari Bakero dan Guillermo Amor. Jose ditunjuk sebagai orang yang mengawasi proses transfer dan kontrak untuk pemain Barcelona B dan juga untuk kategori usia U-19 A dan U-19 B.

Sementara Guillermo, yang sebelumnya melatih di Australia dengan menukangi Adelaide United ditunjuk sebagai pelatih bagi Barcelona B dan juga untuk kategori usia U-19 A dan U-19 B.

Penunjukkan para pemain legenda tersebut dapat dikatakan sepertinya upaya untuk menghidupkan romantisme Johan Cruyff seperti tahun 1992 silam di mana ketika itu untuk pertama kalinya Barcelona Juara Liga Champions. Cruyff tak hanya membuat Barcelona keluar sebagai tim tangguh, namun juga sukses dalam menerapkan filosofi yang identik dengan Barca. Ada dua filosofi yang diwariskan oleh pelatih asal Belanda tersebut, yakni taktik tiki-taka dan membangun tim dari akademi.

Hal ini pun terlihat jelas ketika di musim ini dari tiga pemain yang sudah didatangkan oleh Barcelona, satu di antaranya merupakan alumni dari akademi La Masia milik Barcelona. Adapun pemain yang dimaksud adalah Gerard Deulofeu. Ia dibeli dengan harga 12 juta euro atau sekitar Rp182 miliar dari Everton.

Saat ini Barcelona juga masih terus berusaha untuk mendatangkan Hector Bellerin, si Anak Hilang yang kini membela Arsenal. Bellerin disebut-sebut sebagai puzzle yang hilang di Barcelona pada musim lalu, lantaran posisinya sebagai bek kanan saat ini sangat diibutuhkan bagi klub berjuluk Braugana tersebut.

Musim ini Barcelona pasti memiliki target yang sama tinggi seperti musim-musim sebelumnya. Dengan mendatangkan para mantan, tentu bukan hanya soal romantisme atau penghormatan terhadap Cruyff semata. Manajemen pasti memiliki hitung-hitungan sendiri terkait peluang Barcelona untuk kembali merajai Eropa seperti beberapa tahun lalu. Semuanya akan terjawab di akhir musim nanti apakah langkah ini baik atau buruk.

Baca juga
Ricky Nelson Pelatih Baru Pusamania Borneo FC

  • facebook share
  • twitter shere

RELATED NEWS

Abramovich Beri Restu Matic Pindah

Abramovich Beri Restu Matic Pindah

FOOTBALL
Liverpool Beli Andy Robertson

Liverpool Beli Andy Robertson

FOOTBALL
Mourinho Kesulitan Beli Pemain Baru

Mourinho Kesulitan Beli Pemain Baru

FOOTBALL
Revolusi Madrid, Tantangan Baru Zidane

Revolusi Madrid, Tantangan Baru Zidane

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company