Harley-Davidson Siap Beli Ducati dari VW Group

Text : Suhartono | Photo / Video : MCN | Editor: Dedi Hermawan | 14 July 2017

SPORTKU.COM

Pabrikan sepeda motor asal Amerika Harley-Davidson disebut-sebut berminat membeli Ducati dari tangan Volkswagen (VW) Group.

Bulan April tahun 2012 lalu muncul berita menghebohkan. Di mana pabrikan mobil sport Audi resmi membeli Ducati. Pabrikan mobil asal Jerman itu bahkan rela menggelontorkan dana segar senilai USD1,1 triliun atau setara dengan Rp10,09 triliun. Uang tersebut termasuk pembayaran hutang-hutang yang dimiliki Ducati dengan angka Rp2,4 triliun.

Barada satu atap dengan group besar seperti VW tak bisa menjamin kehidupan Ducati menjadi lebih baik. Kini muncul kabar jika Ducati akan dijual. Sumber dari Harley-Davidson mengatakan jika pihaknya tengah berada dalam antrean untuk siap mengambil alih Ducati.

Dikutip dari situs Reuters, kesepakatan antar dua merek tersebut bisa bernilai 1,5 miliar euro atau setara Rp22,3 triliun. Harley-Davidson yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat (AS) dikabarkan telah menunjuk perusahaan investasi perbankan Goldman Sachs untuk menangani kesepakatan tersebut. Satu sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan, tawaran tentatif diperkirakan akan dimulai pada bulan Juli ini.

Harley-Davidson sendiri saat ini menguasai sekitar setengah penjualan sepeda motor besar di AS. Didirikan di Milwaukee pada awal abad yang lalu dan merupakan salah satu dari dua produsen sepeda motor besar Amerika yang masih bertahan di tengah persaingan yang semakin panas.

Baca Juga
Yamaha Ungkap Kesulitan Lorenzo Bersama Ducati

Permintaan sepeda motor Harley juga tercatat terus melambat seiring usianya yang sudah tua. Lahirnya merek moge (motor gede) seperti Polaris Industries dan Honda Jepang yang menawarkan banyak diskon juga menjadi salah satu pemicu menurunnya permintaan Harley.

Sementara itu, penjualan Ducati memang menjadi salah satu jalan untuk VW dalam membayar denda karena keterlibatannya dalam skandal emisi yang terungkap pada tahun 2015 lalu. Perusahaan diperkirakan harus membayar denda sekitar USD18 miliar (Rp250 triliun).

Selain Harley, sebelumnya juga sudah ada perusahaan sepeda motor India Hero MotoCorp TVS Motor Company yang berminat untuk membeli Ducati. Akan tetapi kedua perusahaan tersebut mundur karena harga yang dinilai cukup tinggi.

Pembuat mobil Jerman BMW dan produsen motor Jepang, Honda, Suzuki juga telah memutuskan untuk tidak menawar Ducati. Seorang juru bicara BMW mengkonfirmasi bahwa perusahaan Jerman tersebut memang tidak tertarik pada Ducati.

Jika berhasil, bisa disaksikan kedua raksasa sepeda motor Harley-Davidson dan Ducati bergabung. Meski kesepakatan ini tidak mungkin terjadi sebelum gelaran EICMA di bulan November mendatang.

Baca Juga
Kredit Harley-Davidson dengan Bunga 0%. Mau?
Raikkonen Pasrah dengan Kontraknya Bersama Ferrari

  • facebook share

RELATED NEWS

IMI Masuki Era Modern

IMI Masuki Era Modern

HOT ISSUE
Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company