Astra Group Resmikan SMKN 1 Leuwiliang Senilai Rp27 Miliar

Text : Suhartono | Photo / Video : Astra | 16 July 2017

Astra Bangun Sekolah Senilai Rp27M

SPORTKU.COM

PT Astra International Tbk terus memberikan perhatiannya terhadap kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

Melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR), PT Astra International Tbk meresmikan dan menyerahkan gedung SMKN 1 Leuwiliang beserta seluruh sarana pendukungnya ke Kec. Leuwiliang, Kab. Bogor. Pembangunan serta pembinaan SMKN 1 Leuwiliang ditaksir menelan total biaya sekitar Rp27 miliar.

Biaya Rp27 miliar tersebut merupakan bagian dari Rp47 miliar (khusus untuk pembangunan dan pembinaan di Leuwiliang atau sekitar 40% dari total biaya pembangunan dan renovasi sekolah secara nasional yang dilakukan YPA-MDR-salah satu dari 9 yayasan dalam Grup Astra) yang mencapai Rp187 miliar.

Gedung SMKN 1 Leuwiliang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy. Didampingi Direktur Astra International Paulus Bambang Widjanarko dan Bupati Bogor Hj. Nurhayanti pada hari Rabu (12/7) lalu.

“Kami bangga terhadap Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kualitas pendidikan agar sejalan dengan program pemerintah dalam memeratakan pendidikan berkualitas. SMKN 1 Leuwiliang merupakan salah satu sekolah terbaik dan dapat menjadi model dalam program revitalisasi SMK di Indonesia,” tutur Mendikbud.

Baca Juga
Yamaha Beberkan Kesulitan Lorenzo di Ducati

Sejak tahun 2006, Astra fokus membina pendidikan dan sekolah di wilayah prasejahtera, merintis dan membina di Kecamatan Leuwiliang, yang diawali dengan 5 SD negeri. Kemudian merintis SMPN 4 Leuwiliang pada tahun 2007 dan selanjutnya merintis SMKN 1 Leuwiliang pada tahun 2011 dengan Kompetensi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) di atas lahan SMPN 4 Leuwiliang.

“Kami berharap dengan berdirinya gedung SMKN 1 Leuwiliang dengan semua kelengkapan yang diberikan oleh Astra ini dapat memberi kesempatan siswa untuk terus mengembangkan diri untuk membangun daerahnya, sekaligus menjadi penggerak pembangunan Indonesia,” ujar Paulus.

SMKN 1 Leuwiliang juga dipersiapkan menjadi Information Communication Technology (ICT) Based School dimana pemanfaatan teknologi berbasis IT akan diterapkan dalam kurikulum sekolah. Sebagai penunjang, Astra berkolaborasi dengan PT Astra Graphia Information Technology (AGIT) dan Politeknik Manufaktur Astra bertugas dalam hal pengadaan dan instalasi sarana.

Sementara itu, bersama YPA-MDR sebagai pengelola bantuan, Astra telah membantu dan membina 61 sekolah negeri, yaitu 48 SD, 9 SMP dan 4 SMK yang terletak di Kabupaten Bogor, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Serang dan Kabupaten Kupang. Jumlah guru yang dilayani sebanyak 842 orang dan jumlah siswa sebanyak 13.094 orang.

Baca Juga
Keong Asiqin Racing Team, Rangkul Pebalap Jalanan (Video)
Rooney Cetak Gol Spektakuler

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company