Cilic Capai Final Wimbledon Pertama, Siap Hadapi Federer

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | Media Source: Reuters,BBC Sport | 15 July 2017

Cilic Capai Final Wimbledon Pertama

SPORTKU.COM

Petenis Kroasia Marin Cilic mencapai final Wimbledon pertamanya dengan kemenangan keras 6-7 (6) 6-4 7-6 (3) 7-5 atas Sam Querrey.

Fans yang mungkin kecewa karena Nadal atau Andy Murray tidak tampil dalam empat besar mendapat banyak kompensasi dengan pertandingan berkualitas tinggi yang berlangsung kurang dari tiga jam.

Sam Querrey dengan servis tangguh, yang ingin menjadi petenis Amerika pertama yang mencapai final di All England Club sejak Andy Roddick pada 2009, telah memainkan tiga pertandingan dalam lima set untuk mencapai tahap semifinal, termasuk kemenangan perempat finalnya atas Murray, dan dia sukses telah menempatkan petenis Kroasia menjadi satu set yang menentukan.

Kedua pria tersebut memiliki lebih dari 100 ace untuk membawa nama mereka ke semifinal, dan Cilic lah yang lebih berhasil dalam menurunkan servis besar tersebut pada hari Jumat (14/7/2017)

Pemain berusia 28 tahun itu mengangkat tangannya ke langit dengan kemenangan saat ia merayakannya menjadi petenis Kroasia pertama yang mencapai final tunggal putra di Wimbledon sejak Goran Ivanisevic pada 2001.

Sudah jelas sejak awal bahwa ini akan menjadi pertandingan ketat karena tidak ada pemain yang bisa meraba satu set pun pada set pertama.

Cilic memenangkan lebih dari dua kali lebih banyak poin saat kembali dan menghasilkan 14 break point untuk tiga milik Querrey, namun petenis Amerika itu berhasil menyelamatkan 10 dan dua servis menahannya untuk membawanya ke set kelima.

Dia tempuh set pertama dari 4-1 turun dalam tie-break sebelum Cilic mendapatkan istirahat pertama dari pertandingan di 3-3 dalam perjalanannya sampai level pada satu set semua.

Pertandingan usai dua jam lebih sebelum dua pukulan lepas dari Querrey - kesalahan backhand diikuti oleh forehand ke net - memisahkan pasangan tersebut pada tie-break set ketiga.

Pertemuan pasangan ini terjadi sebelumnya di Wimbledon pada 2012 berlangsung lebih dari lima jam dan selesai 17-15 untuk Cilic di set kelima, dan ketika pukulan keras Cilic membuat Querrey maju ke depan di urutan keempat, satu set terakhir tampaknya tak terelakkan.

Namun, Cilic memainkan permainan bagus ke level 4-4 dengan pukulan voli dan umpan balik servis yang menyerang, dan menghindari untuk tie-break ketiga saat ia mendapatkan dua match point pada 6-5 dan menemukan kesuksesan forehand pada kedua.

"Sam sedang bermain tenis tingkat tinggi, terutama di set pertama," tambah Cilic.

"Saya menang 4-1 dalam tie-break dan tidak melakukan konversi, setelah itu saya lebih baik dalam pertandingan balasan, saya pikir levelnya sangat tinggi."

"Ini akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan untuk memenangkan Wimbledon di sini," kata Cilic, yang sebelumnya telah memenangkan satu gelar Grand Slam, Amerika Terbuka pada tahun 2014. "Itu berarti dunia absolut bagi saya."

"Ketika saya memenangkan A.S. Open, itu membuka begitu banyak kemungkinan dalam pikiran saya selama sisa karir saya. Agar bisa melakukannya lagi akan berarti lebih banyak lagi."

Selanjutnya Cilic akan segera hadapai petempuran seru, sang veteran handal Roger Federer pada final Minggu (16/7/2017)

"Di sini, di Wimbledon, saya yakin ini adalah rumah untuk pertandingan, tempat dia merasakan yang terbaik dan tahu bahwa dia bisa memainkan permainan terbaiknya," katanya.

"Saya merasa ini adalah gunung yang besar untuk didaki. Roger berkiprah tenis terbaik dalam karirnya saat ini, memiliki musim yang hebat."

"Saya akan mengatakan bahwa saya sekarang dalam performa yang lebih baik, mungkin sedikit lebih kuat secara mental, mungkin telah belajar beberapa pelajaran lagi, pelajaran berharga," tambah Croat.

"Dua belas bulan yang lalu saya hanya satu poin dari kemuningan untuk memenangkan pertandingan di sini melawan dia. Jelas, saya percaya pada kemampuan saya sendiri untuk memenangkannya." tutup Cilic.


 

Baca Juga:
Boris Becker: Murray Harus Belajar Pada Federer-Nadal
Venus Menakjubkan, Pupuskan Harapan Final Konta
Muguruza, Semangat Ambisi Menuju Final Wimbledon

  • facebook share

RELATED NEWS

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

Dari Ranking 957 Menjadi Bintang

TENNIS
Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

Nadal Raih Gelar Ketiga AS-Terbuka

TENNIS
Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

Amerika Tampilkan Juara Baru, Sloane-Stephens

TENNIS
Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

Nadal Menakjubkan, Menuju Final AS-Terbuka

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company