Jangan Menghidupkan AC Saat Mobil Sedang ngebut

Text : Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 15 July 2017

SPORTKU.COM

Fitur penting dalam kendaraan salah satunya adalah Air Conditioning (AC). Untuk lebih memaksimalkan kinerjanya, berikut hal yang harus diperhatikan.

Sering kali para pemilik kendaraan lalai bagaimana cara memperlakukan Air Conditioning (AC) dengan baik. Padahal, jika sudah rusak atau performanya menurun, kenyamanan dalam berkendara akan menjadi korbannya. Untuk itu, agar kenyamanan berkendara tetap nyaman, ada langkah yang harus Anda lakukan terhadap fitur AC.

Haji Rohim, juragan Sejuk AC Denso, yang terletak di kawasan Joglo, Jakarta Barat, memiliki wejangan kepada pemilik kendaraan agar kinerja AC tetap maksimal. Salah satu yang menjadi fokus dari ayah tiga anak ini adalah jangan menyalakan AC ketika kecepatan kendaraan sedang berada di atas 100 kpj.

"Sebenarnya untuk AC itu jangan menghidupkan dan matikan saat kondisi mobil dengan kecepatan tinggi. Kecuali, saat kecepatan 100 kpj tadi kita matikan, itu tidak apa-apa. Karena kan beban mesin jadi lebih enteng. Namun yang menjadi masalah adalah ketika kecepatan mobil 100 kpj langsung menghidupkan AC," ungkap Haji Rohim.

Dengan kondisi tersebut, mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi akan menyebabkan bagian inti dari AC yakni kondensor dan kompresor akan jebol. "Idealnya hal tersebut harus dihindari. Karena bagaimana pun juga, dalam kondisi mobil berkecepatan tinggi komponen AC langsung menghentak dan olinya pun akan bekerja tidak normal. Akibatnya, kompresor bisa jebol," beber Haji Rohim.

Adapun syarat atau saran yang diberikan oleh pria yang telah puluhan tahun berkecimpung di dunia AC ini adalah untuk menghidupkan AC saat mobil melaju paling tidak saat 60 kpj. Tentunya, hal tersebut juga harus diimbangi dengan perawatan berkala seperti servis di setiap 20.000 km, atau setahun sekali, atau 4.000 jam.

  • facebook share

RELATED NEWS

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

DID U KNOW
Memahami Fungsi Utama Camber Ban

Memahami Fungsi Utama Camber Ban

DID U KNOW
Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

DID U KNOW
Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company