Irvansyah, Pebalap Baru di Yamaha Sunday Race

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | 15 July 2017

Pebalap Baru Yamaha Sunday Race

SPORTKU.COM

Gelaran Yamaha Sunday Race (YSR) 2017 yang masuki Seri 2 pada akhir pekan ini, 15-16 Juli kedatangan pebalap baru.

Dari daftar pebalap, ada satu nama yang bisa dibilang sebagai pendatang baru di Seri 2 YSR 2017 akhir pekan ini di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat. Adalah M. Irvansyah Putra Lubis. Pebalap asal Medan, Sumatera Utara ini berkompetisi untuk tim Yamaha 549 Kaboci di Kelas R15 Pro.

Menjadi pengalaman berharga sekaligus menarik bagi Irvansyah mendapat kesempatan emas untuk mengemban tugas dari Yamaha. Bukan tanpa alasan penunjukkan Irvansyah oleh Yamaha. Nama Irvansyah memang cukup moncer di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motoprix Region 2 (Sumatera).

"Iya ini baru pertama kali balapan Yamaha Sunday Race. Dipilih langsung sama Yamaha dan di event ini saya bergabung dengan tim 549 Kaboci. Dulu pernah turun di Sirkuit Sentul tapi tidak untuk balapan, saat itu ikut program Yamaha Riding Academy (YRA). Jadi ini memang baru pertama kalinya saya balapan resmi di Sentul pakai motor sport 150cc," ujar Irvansyah.

Berstatus pebalap baru di YSR tidak menjadikan Irvansyah kendor nyalinya. Pasalnya, di Kejurnas Motoprix Sumatera, Irvansyah merupakan pebalap dengan prestasi tak terbantahkan. Bayangkan saja, sepanjang 4 seri musim ini, dirinya sudah menggondol 3 kemenangan.

"Di Kejurnas Motoprix Sumatera saya sudah tiga kali juara, satu kali juara di Kelas MP1 (Bebek 4T TU 150cc Seeded) dan dua kali juara di Kelas MP2 (Bebek 4T TU 125cc Seeded)," sambung Irvansyah yang di ajang Kejurnas Motoprix turun bersama Yamaha Alfa Scorpii Medan Racing Team.

Karir pebalap kelahiran 23 Februari 1997 silam ini bersama Alfa Scorpii sudah dimulai sejak tahun 2012 silam. Tahun pertama di Kejurnas Motoprix Region 1 langsung menyabet juara umum Kelas MP5 dan MP6. Prestasinya pun terus bersinar hingga dirinya naik kelas.

Baca Juga
Yang Terbaru di Seri 2 Yamaha Saunday Race (YSR) 2017

Tahun 2013 sudah berada di kelas Pemula A, juara runner up di kelas MP3 dan MP4. Tahun 2014 Irvansyah berhasil menjadi juara umum di Kelas MP3 dan MP4. Tahun 2015 naik ke kelas seeded dan langsung menjadi runner up di kelas MP1 dan juara umum di kelas MP2.

Tahun 2016 tim mulai beralih dari spek motor karburator ke injeksi. Irvansyah dan tim masih terus berusaha untuk beradaptasi dengan motor injeksi 150cc (MP1) dan 125cc (MP2). Sementara ini di tahun 2017 Irvansyah memegang poin tertinggi
klasemen sementara di kelas MP2 dan Kelas MP1 berada di posisi ke-6 terpaut 9 poin dengan posisi ke-1 dalam balapan yang menyisahkan 3 putaran.

”Di seri ke-2 kali ini, tim kami memberi peluang kepada pebalap Motoprix yang memiliki potensi bagus. Dari hasil diskusi dengan tim kami memilih Irvansyah. Karena saya melihat dia memiliki potensi, prestasi yang cukup baik, serta memiliki attitude yang baik," beber Acos Lalang, Chief Mekanik sekaligus Koordinator tim Yamaha 549 Kaboci.

Meski begitu, masih banyak hal yang harus disesuaikan oleh Irvansyah di gelaran YSR. Sebab di balapan kali ini dia akan geber motor sport 150cc Yamaha R15. Lain halnya saat dirinya membalap di Motoprix yang menggunakan motor bebek. Berbagai persiapan matang sudah dia lakukan.

"Adaptasi masih ngimbangin dengan body motor sport. Karena sebelumnya saya balapan dengan motor bebek. Saat ini saya masih belajar dengan racing line, karena ini juga baru pertama kali saya balapan di Sentul. Paling susah bagi saya adalah setting suspensi. Target realistis saya bisa masuk tiga besar," pungkas Irvansyah yang duet dengan Richard Taroreh.

Baca Juga
Yamaha Katakan Vinales Lebih Kuat Dari Rossi
Komentar Vettel Tentang Kokpit Shield

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Indonesia Melempem di India

Pebalap Indonesia Melempem di India

ARRC
Galang Hendra Podium, Sialnya Gerry

Galang Hendra Podium, Sialnya Gerry

ARRC
Pebalap Malaysia Kuasai Supersport 600

Pebalap Malaysia Kuasai Supersport 600

ARRC
Vinales Start Terdepan

Vinales Start Terdepan

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company