Garbine Muguruza, Catatan Karir Sang Juara Wimbledon

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP,Toronto Star | Media Source: Reuters | 16 July 2017

Muguruza, Catatan Karir Sang Juara

SPORTKU.COM

Panggung Wimbledon 2017 memiliki juara baru di kelas wanita, Garbine Muguruza yang menaklukkan sang maestro Venus Williams.

Sepak terjangnya hingga ke final patut diacungi jempol. Muguruza membuat Spanyol berbangga karena setelah 23 tahun, petenis wanita Spanyol kembali berkibar setelah pelatihnya Conchita Martinez sukses di tahun 1994.

 

Baca Juga:
Muguruza Taklukan Venus, Raih Mahkota Wimbledon pertama

 

Siapakah sosok yang kini menjadi sorotan di pentas tenis dunia saat ini?

Lahir: Caracas, Venezuela, pada tanggal 8 Oktober 1993 (Usia: 23)

Gelar Grand Slam (2): Perancis Terbuka 2016; Wimbledon 2017

* Kalahkan Venus Williams untuk merebut gelar Grand Slam keduanya setelah memenangkan Perancis Terbuka tahun lalu.

* Menjadi satu-satunya petenis wanita Spanyol kedua yang memenangkan Wimbledon, setelah Conchita Martinez pada tahun 1994

* Pada tahun 2016, Muguruza menjadi petenis wanita Spanyol pertama yang memenangkan gelar Roland Garros sejak Arantxa Sanchez-Vicario pada tahun 1998.

* Serena Williams dan Pete Sampras adalah pemain tenis favoritnya saat kecil.

Awal Karir

Ibunya (Scarlet Blanco) berasal dari Venezuela dan ayah (Jose) adalah orang Spanyol. Mulai bermain tenis berusia tiga tahun. Dilatih di Akademi Tenis Bruguera dekat Barcelona. Menjalani era profesional di tahun 2011 dan memenangkan empat gelar di laga ITF.

Catatan Karir

* Pada tahun 2012 dia mencetak kemenangan pertamanya melawan pemain top-10 (Vera Zvonareva) di Miami dalam pertandingan imbang utama WTA keduanya.

* Memenangkan gelar tunggal pertamanya di Hobart pada tahun 2014 dan mengakhiri tahun ini di peringkat 21 dunia.

Terobosan musim di tahun 2015. Memenangkan gelar Beijing dan mencapai final Wimbledon dan lolos ke final WTA, di mana ia mencapai semifinal. Garbine kemudian menanjak ke nomor tiga dunia pada akhir tahun.

Berjalan lambat mulai 2016, tapi kembali ke Miami di mana ia mencapai babak 16 besar dan kalah dalam pertempuran ketat melawan Victoria Azarenka. Semi finalis di Roma.

Sorotan tahun adalah memenangkan Prancis Terbuka untuk gelar Grand Slam pertamanya. Sejak Mei dia telah membuat semifinal di lapangan tanah liat di Roma - mengalahkan Venus dalam delapan besar pada tiga set - dan di lapangan rumput Birmingham.

Dilatih oleh pelatih Prancis Sam Sumyk yang juga pernah melatih dengan Victoria Azarenka dan Eugenie Bouchard. Di Wimbledon dia dilatih oleh Conchita Martinez karena Sumyk tidak menghadiri kejuaraan.

Muguruza yang kini bermukim di Swiss kini memenangkan Wimbledon pada 2017 setelah menjatuhkan hanya dalam satu set selama turnamen.

 

 

Baca Juga:
Performa Ajaib, Federer Menuju Final
Cilic Capai Final Wimbledon Pertama, Siap Hadapi Federer
Boris Becker: Murray Harus Belajar Pada Federer-Nadal

  • facebook share

RELATED NEWS

Federer Belum Terkalahkan di London

Federer Belum Terkalahkan di London

TENNIS
Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

Federer Kembali Taklukan Bintang Muda

TENNIS
Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

Nadal Dikejutkan Petenis Peringkat 8

TENNIS
Nadal Sang Nomor Satu Dunia

Nadal Sang Nomor Satu Dunia

TENNIS

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company