Murid Rossi , Franco Morbidelli Naik Kelas MotoGP 2018

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 17 July 2017

SPORTKU.COM

Beberapa nama sudah masuk dalam daftar pebalap MotoGP 2018. Salah satunya murid Valentino Rossi, Franco Morbidelli.

Franco Morbidelli kelahiran Roma, Italia pada 4 Desember 1994 akan segera naik kelas ke MotoGP pada musim 2018 mendatang. Morbidelli bakal dikontrak tim balap asal Belgia, Marc Van Der Straten atau yang biasa disebut Marc VDS.

Untuk sementara ini, Marc VDS baru memberikan kontraknya kepada anak didik Valentino Rossi itu selama dua musim kedepan (2018-2019). Namun bisa saja Marc VDS nantinya akan memperpanjang kontrak Morbidelli jika memang prestasi ditunjukkan bagus.

"Ini tantangan besar untuk saya, namun harus diakui bahwa saya memang sudah tidak sabar untuk membalap di MotoGP. Tetapi saat ini saya harus fokus untuk menyelesaikan dan memenangi kompetisi Moto2," ungkap pebalap dengan nomor punggung 21 tersebut.

Van Der Straten sebagai pemilik tim pun menyambut bagi kedatangan Morbidelli yang tak lain merupakan jebolan sekolah balap VR46 Riders Academy milik juara dunia 9 kali Rossi. Van Der Straten yakin jika Morbidelli akan mampu bersaing dengan para seniornya nanti.

"Saya senang dapat mengontrak Morbidelli menjadi bagian dari Marc VDS di ajang MotoGP. Ketika dia datang tahun 2016, kami sebenarnya seperti berjudi dengan memakainya karena kami belum kenal benar dengan dia. Namun perjudian kami ternyata benar, Moridelli menyimpan potensi luar biasa," katanya.

Baca Juga
IRC Tak Kalah Saing dengan Ban Impor

Morbidelli bisa dikatakan sebagai pebalap ulung. Tanpa harus membalap di Kelas Moto3, Morbidelli langsung tancap gas di ajang Moto2 bersama Federal Oil Gresini Moto2 Racing Team yang dimulainya sejak tahun 2013. Pada tahun 2014, Morbidelli pindah ke Italtrans Racing Team hingga musim 2015.

Sementara itu, pada tahun 2016 dia berganti tim dengan Estrella Galicia 0,0 Marc VDS. Sebelum akirnya pada tahun 2017 membalap untuk EG 0,0 Marc VDS yang merupakan tim satelit Honda.

Sepanjang musim 2017, Morbidelli sudah mengantongi 6 kemenangan. Kini dia berada di posisi teratas klasemen sementara dengan raihan 174 poin.

Kehadiran Morbidelli di tim Marc VDS juga akan mengancam posisi Tito Rabat atau Jack Miller. Satu atau bahkan keduanya harus rela meninggalkan Marc VDS. Pebalap Spanyol, Tito Rabat yang merupakan juara dunia Moto2 2014 kurang bersinar di musim ini.

Nasib pebalap asal Australia, Jack Miller juga masih belum jelas bersama Marc VDS. Meski dirinya masih memiliki ketertarikan untuk tetap bertahan dengan Marc VDS pada musim 2018, namun hingga kini kontraknya masih terkatung-katung. Miller juga dikabarkan menjadi incaran tim satelit Ducati, Pramac Racing maupun tim pabrikan Aprilia.

Baca Juga
Anam Hashim, Freestyler Wanita Berdarah India
Manchester City Rekrut Bek Termahal

  • facebook share

RELATED NEWS

Rossi Memaksa Balapan di Aragon

Rossi Memaksa Balapan di Aragon

MOTOGP
Yamaha Akai Jaya Berjaya

Yamaha Akai Jaya Berjaya

MOTOPRIX
Hebat! Ali Adrian Masuk 3 Besar

Hebat! Ali Adrian Masuk 3

SUPERBIKE
Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

Indonesia Kebagian MotoGP di 2019?

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company