Froome: “Saya pikir, Pertarungan untuk Yellow Jersey sudah Berakhir”

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Getty Images, Bettini Photo | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2017

Sepeda Bermasalah, Froome Pesimis

SPORTKU.COM

Di etape 15, Chris Froome mengalami masalah teknis. Kondisi tersebut hampir membuatnya terlempar dari klasemen umum di Tour de France.

Beruntung Froome yang sempat berhenti beberapa waktu, kemudian mengambil sepeda rekan setimnya, Michal Kwiatkowski, pada pendakian terakhir yang penting. Sementara rivalnya, tim AG2R-La Mondiale, telah melaju di titik ini. 

Untuk itu, Froome harus mengandalkan usaha timnya untuk dapat membawanya kembali ke grup favorit, sebelum berada di puncak tanjakan kategori pertama, Col de Peyra Taillade.

"Saya tahu, (masalah) itu bisa menjadi akhir perjuangan saya untuk mendapatkan jersey kuning," kata Froome kepada wartawan di luar hotelnya di Puy-en-Velay.

"Ada lima atau 10 menit yang baik di sana yang saya pikir hanya mengetahui kecepatan yang dikeluarkan AG2R saat memasuki pendakian dan saya berdiri di pinggir jalan dengan rekan setim Kwiatko, di sisi jalan, mencoba untuk mengganti roda, saya pikir itu permainan untuk saya,” katanya. 

Baca juga:
MOLLEMA MENANGKAN ETAPE 15, FROOME TETAP MEMIMPIN 

"Jika saya teringat peristiwa kemarin itu, saya sangat bersyukur bisa melewati race. Itu benar-benar menyentuh. Jika saya tidak berhasil sampai ke kelompok depan, di puncak pendakian itu, saya rasa saya tidak akan berhasil mencapai garis finish dengan warna kuning," tambahnya.

Dengan bantuan Mikel Landa, Froome mampu mengejar dan pulang dengan sebagian besar pebalap favorit, dengan hanya Dan Martin yang mendapatkan waktu di posisi 10 terbaik.

Ancaman dari 6 pebalap
Masih ada sejumlah tantangan untuk diatasi pada minggu terakhir, termasuk etape gunung pada hari Rabu dan Kamis, ke Serre-Chevalier dan Col d'Izoard.

Froome akan sangat menantikan time trial. Itu mungkin sebuah kesempatan untuknya meningkatkan keyakinannya atas para pesaingnya. Meskipun mengalami kesulitan pada hari Minggu, Froome percaya dia akan memasuki enam etape terakhir dalam form terbaiknya.

"Saya pasti tidak akan memberikan beberapa detik lagi secara gratis. Tapi karena saya mengalami hari yang buruk di Pyrenees, saya bisa mengalami hari yang buruk juga di Pegunungan Alpen. Saya merasa lebih baik saat balapan berlangsung. Bahkan pada etape kemarin, saya merasa cukup baik, dan mudah-mudahan, itu pertanda yang bagus dan masuk ke Tur yang benar-benar segar. Saya berharap pada minggu ketiga ini, saya akan menjadi yang terbaik,” jelasnya.

Secara teori, ada enam pebalap yang bisa pulang ke rumah dengan maillot jaune (juara umum). Tapi ada juga yang lebih merupakan ancaman bagi keunggulan Froome daripada yang lain. Froome percaya tiga pebalap yang berada tepat di belakangnya di GC merupakan ancaman terbesar dan Rigoberto Uran merupakan tantangan yang sangat menarik mengingat kemampuan TT yang sangat baik.

"Setiap saingan memiliki ancaman yang berbeda. Jika Anda melihat Fabio Aru, dia memenangkan puncak gunung pertama di Planche des Belles Filles. Dia mungkin tidak memiliki hari yang terbaik beberapa hari yang lalu. Tapi dia sudah kuat pada minggu ketiga, dan kita harus melihat bagaimana keadaannya," kata Froome.

"Romain Bardet selalu kuat pada minggu lalu dan dia memiliki tim untuk mendukungnya. Jadi, tentu saja, seperti yang kita lihat kemarin, dia membuat saya mendapat banyak tekanan dan kami benar-benar harus menggunakan seluruh tim untuk mengendalikan situasi ini,” ungkap Froome.
"Rigoberto Uran, mungkin lebih sebagi kuda hitam yang tergelincir di bawah radar sedikit. Dia mungkin adalah triallist terkuat dari kelompok penunggang di GC ini. Dengan Marseille, dia juga ancaman besar," pungkas pebalap Inggris itu.

Chris Froome dengan kaus kuning di atas podium 

froome-saya-pikir-pertarunganku-2301115f2f0ea93.jpg

 

Baca juga:
SEBASTIAN VETTEL TETAP SANTAI MESKIPUN HAMILTON MERAPAT  

 

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Getty Images, Bettini Photo | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Menuntun Hobi Sang Anak

Menuntun Hobi Sang Anak

RIDER
Chris Froome Tertinggal Helikopter Transfer

Chris Froome Tertinggal Helikopter Transfer

RIDER
Sagan Kokoh di Peringkat Pertama

Sagan Kokoh di Peringkat Pertama

RIDER
Dumoulin Merasa Lebih Baik

Dumoulin Merasa Lebih Baik

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company