Kongres Tahunan PSSI Kembalikan Status Persebaya

Text : Republika | Editor: Maya Soeparwoto | 8 January 2017

SPORTKU.COM

Kongres Tahunan Perserikatan Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengembalikan status keanggotaan Persebaya 1927 sebagai anggota federasi nasional.

Pemutihan klub milik arek-arek Suroboyo di Jawa Timur (Jatim) itu, sekaligus mengembalikan hak kesebelasan tersebut mengikuti kompetisi Liga Indonesia 2017.

Persetujuan pemutihan tersebut, sebetulnya bukan cuma diberikan bagi Persebaya. Ada enam klub lainnya yang mendapatkan statusnya kembali di sepak bola nasional. Klub-klub tersebut, yaitu Arema Indonesia, Persipasi Bekasi, dan Persema Malang, serta Lampung FC, Persewangi Banyuwangi, juga Persibo Bojonegoro.

Ketua Umum PSSI, Letnan Jenderal (Letjen) Edy Rahmayadi, saat memimpin sidang terbuka, Kongres Tahunan di Bandung, Jawa Barat (Jabar), menegaskan, agar keputusan pemutihan tersebut, dapat disetujui seluruh anggota.

"Jadi saya tetapkan, pengampunan tujuh klub bermasalah ini, agar disetujui," ujar dia, Minggu (8/1/2017).

Sebanyak 106 dari 107 pemilik suara dalam kongres tersebut, pun menerima keputusan tersebut, dan serentak menyatakan persetujuan. Dalam keputusan tersebut, Edy menambahkan, tujuh klub tak bisa kembali ke kompetisi yang diinginkan.

Khusus Persebaya, kongres menyetujui keputusan memberikan satu slot bagi Persebaya agar bisa mengikuti kompetisi Indonesia Liga II, atau kompetisi kasta kedua di Tanah Air. Sedangkan enam klub yang diputihkan lainnya, masing-masing punya satu slot di Indonesia Liga III atau biasa yang dikenal Liga Nusantara.

"Ibaratnya pelari yang diamputasi, diobati, lalu bisa lari lagi. Kita harapkan, klub-klub itu, bisa menunjukkan kualitasnya jika memang berhak bisa ke liga utama (Indonesia Liga I)," terang Edy.

Ungkapannya tersebut, sebetulnya menyinggung soal desakan sejumlah pendukung Persebaya yang meminta PSSI, memasukkan kesebelasan tersebut ke Indonesia Liga I. Akan tetapi, menurut Edy, desakan tersebut tak bisa dipenuhi. Sebab, dirinya pun yakin, klub-klub yang terampuni tersebut bisa menunjukkan militansinya memperbaiki prestasi.

"Boleh masuk ke liga utama. Tapi tunjukkan kualitas kalian (Persebaya). Karena musim tahun depan pasti ada tiga klub yang didegradasi," sambung dia.

Selain memutihkan status keanggotaan dan kepesertaan tujuh klub tersebut, Kongres Tahunan juga menyetujui pemutihan terhadap tujuh anggota federasi nasioanl yang hilang hak suaranya lantaran perselisihan internal.

Kongres Tahunan, juga menyetujui pengampunan dan pencabutan sanksi bagi enam nama mantan pengurus PSSI. Mereka yaitu, mantan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husain, Farid Rahman, Sihar Sitorus, dan Tuti Dau. Ada juga nama Bob Hippy, dan Widodo Santoso.

  • facebook share

RELATED NEWS

Inilah Calon Pemain Terbaik Dunia

Inilah Calon Pemain Terbaik Dunia

FOOTBALL
Usain Bolt Batal Gabung MU

Usain Bolt Batal Gabung MU

FOOTBALL
Pelatih Korut Kandidat Pelatih Terbaik

Pelatih Korut Kandidat Pelatih Terbaik

FOOTBALL
FIFA Rilis Kandidat Pelatih Terbaik

FIFA Rilis Kandidat Pelatih Terbaik

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company