5 Pebalap Calon Juara Dunia MotoGP 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 18 July 2017

SPORTKU.COM

Masih lama menanti juara dunia MotoGP 2017. Namun kini muncul beberapa nama yang pantas menjadi kandidat juara dunia MotoGP 2017.

MotoGP 2017 sudah berjalan 9 seri. Banyak hal tak terduga yang menjadi drama pada paruh pertama musim ini. Beberapa nama saling bergantian mengisi podium tertatas pada setiap serinya. Bahkan Ducati yang jauh dari angan-anagn pun nyatanya bisa dua kali menjadi jawara.

Perebutan posisi terdepan dalam setiap akhir pekan memang selalu mengundang ketertarikan sendiri. Tak bisa ditebak siapa yang akan menjadi juara. Yamaha dengan valentino Rossi dan Maverick Vinales pun tak bisa dengan mudah selalu berada di posisi terdepan.

Begitu juga dengan kekuatan sang lawan, Honda. Dua pebalap mereka Marc Marquez dan Dani Pedrosa juga acap kali mengalami masalah dengan kuda besinya. Nahas bagi tim Suzuki yang tak bisa masuk ke dalam peta persaingan. Suzuki terus mengalami keterpurukan.

Berikut 5 kandidat juara dunia MotoGP 2017 versi SPORTKU.com.

1. Dani Pedrosa
Dani Pedrosa menduduki peringkat lima. Pebalap asal Spanyol ini memang cukup maksimal sepanjang penampilannya msuim ini. Pedrosa juga berhasil menangi balapan saat berkunjung ke Sirkuit Jerez, Spanyol. Kemenangan ini semakin spesial karena dirinya menjadi pebalap tuan rumah.

Meski baru satu kali meraih kemenangan, namun di seri-seri lainnya aksi Pedrosa tak kalah menakutkan. Pedrosa juga tercatat 4 kali finish di posisi ke-3. Masing-masing saat balapan di Amerika, Prancis, Catalunya, dan Jerman. Kini Pedrosa berada di posisi ke-5 klasemen sementara dengan 103 poin.

2. Valentino Rossi
Ikhtiar keras Valentino Rossi selalu diperlihatkan selama akhir pekan di sirkuit balap. Maklum, dirinya juga tengah berusaha untuk mengejar juara dunia ke-10 kalinya di ajang Grand Prix (GP). Musim ini pun berjalan cukup alot. Meski pada awal-awal seri Rossi pernah menjadi pemimpin klasemen sementara.

Tiga balapan pembuka MotoGP 2017 berjalan bagus bagi Rossi. Tampil di Qatar dalam momen pembuka musim 2017, Rossi bertengger di podium ke-3. Dua balapan berikutnya di Argentina dan Amerika, Rossi menyudahi balapan dengan menduduki podium kedua. Saingan terberatnya saat itu hanya rekan setimnya Maverick Vinales.

Rossi pun sempat menjadi pemuncak klasemen sementara usai balapan di Amerika. Kala itu Vinales yang gagal finish melancarkan perjalanan Rossi ke puncak klasemen sementara. Namun tak bertahan lama untuk Rossi berada dalam rasa bahagianya.

Setelah itu penampilan Rossi justru semakin loyo. Posisinya di klasemen terus mengalami penurunan seiring penampilan buruknya di setiap laganya. Sepanjang 9 seri, Rossi baru satu kali menangi balapan saat GP Belanda di Sirkuit Assen. Kini pebalap Italia itu tertinggal di posisi 4 klasemen sementara dengan 119 poin.

Baca Juga
Seri 1 Kejurnas Supermoto 2017 Panaskan Sentul

3. Andrea Dovizioso
Satu lagi pebalap Italia yang masuk dalam radar calon juara dunia MotoGP 2017. Dia adalah Andrea Dovizioso, pebalap andalan Ducati. Konsistensi Dovi untuk terus memberikan penampilan terbaiknya ternyata membuahkan hasil. Sama seperti Rossi, Dovi juga pernah menikmati angin dengan menduduki posisi puncak klasemen sementara.

Dovizioso pun berhasil menjuarai balapan selama dua kali beruntun. Hasil itu dia torehkan saat GP Italia dan Catalunya (Spanyol). Penampilan terburuk Dovi saat berkunjung ke Argentina yang mana rekan setim Jorge Lorenzo ini gagal memetik poin.

Saat ini Dovizioso berada di posisi ke-3 klasemen sementara dengan 123 poin. Dovi hanya meninggalkan Rossi dengan gap 4 poin.

4. Maverick Vinales
Pebalap selanjutnya yang masuk dalam daftar kandidat juara dunia MotoGp 2017 adalah Maverick Vinales. Pebalap muda Spanyol ini memang cukup mencengangkan saat berpindah ke Yamaha sejak awal musim ini. Penampilannya pada beberapa seri sempat membuat keder para lawan.

Vinales berhasil membuka balapan MotoGP 2017 dengan meraih hasil terbaik. Balapan di Seri 2 di Argentina pun berjalan mulus untuknya dengan keluar sebagai juara. Dua seri beruntun menjuarai balapan. Namun sial, pada Seri 3 di Amerika Vinales justru gagal finish.

Vinales pun kembali menjadi juara saat balapan di Prancis. Kini posisi Vinales bertengger di urutan ke-2 dengan 124 poin atau hanya meninggalkan Dovizioso dengan selisih 1 poin.

5. Marc Marquez
Penampilan terakhir Marquez di paruh pertama musim 2017 memberikan berkah tersendiri untuknya. Menang di Siirkuit Sachsenring, Jerman tak hanya menambah koleksi kemenangan Marquez menjadi dua kali pada musim ini. Namun yang lebih penting kemenangan tersebut membuatnya naik ke posisi teratas perolehan poin.

Meski pernah gagal finish dua kali (Argentina dan Prancis), namun kini posisinya tercatat sebagai pebalap dengan koleksi poin terbanyak. Di mana Marquez saat ini kemas 129 poin. Memang hasil ini hanya mampu membuat Marquez meninggalkan Vinales dengan selisih tipis 5 poin.

Nah, kelima pebalap tersebut menjadi kandidat kuat untuk bisa merebut mahkota juara dunia MotoGP 2017. Siapakah yang bakal menjadi yang terbaik? Agak sulit diterka, sebab yang namanya balapan banyakk dipengaruhi berbagai faktor. Jadi, kita nikmati saja ketatnya pertarungan di sisa musim ini. 

Baca Juga
Morbidelli, Murid Rossi Naik Kelas MotoGP 2018
Citroen Lupakan WRC 2107

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

TOP 5
Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

TOP 5
5 Pemain Hancur di Chelsea

5 Pemain Hancur di Chelsea

TOP 5
5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

5 Pebalap Motor 'Keturunan' Bapak

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company