Lima Fakta tentang Alvaro Morata

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Youtube | Editor: Dedi Hermawan | 21 July 2017

SPORTKU.COM

Alvaro Morata resmi Hijrah dari Real Madrid ke Chelsea. inilah lima fakta menarik terkait pemuda berusia 24 tahun ini.

Alvaro Morata dipastikan tak akan memperkuat Real Madrid musim ini lantaran ia menerima pinangan Chelsea untuk bermain di pentas Premier League. Kehadirannya di klub asal London tersebut dimaksudkan untuk menjadi juru gedor utama mereka musim ini.

Pemain yang sempat membela Juventus ini sudah tiba di London untuk menuntaskan transfer dirinya. Bila semua proses terlaksana dengan lancar. Maka ia menjadi rekrutan keempat Chelsea di bursa transfer musim panas kali ini.

Sebelumnya, kabar beredar bahwa Morata akan membela salah satu dari dua klub yang dikabarkan serius mengincar dirinya, yakni Manchester United atau AC Milan. Namun, pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Spanyol ini justru pindah haluan dengan memperkuat Chelsea.

Berikut ini adalah lima fakta menarik seputar Alvaro Morata yang dirangkum Sportku, Jumat (21/7):

Produk Asli Real Madrid

Morata merupakan pemain salah satu jebolan akademi Real Madrid yang sukses menebus skuat utama klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu. Datangke klub sebagai pemain akademi pada tahun 2008, namun dua tahun berselang ia sudah dipercaya untuk tampil di tim utama dengan menjalani debutnya pada musim 2010/2011 bersama klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Baca juga
Hasrat Antonio Giovinazzi Menuju F1

Pemain kelahiran Madrid ini juga sempat menjadi penyerang andalan Real Madrid Castilla, sebuah tim satellite yang menampung pemain muda milik Madrid. Di sana ia sukses menjuarai Segunda Division B musim 2011/2012 di mana gelar itu membuat Castilla naik level ke Segunda Division atau liga kasta kedua Spanyol.

Berkembang di Juventus

Meski Morata dianggap salah satu pemain akademi berbakat yang pernah dilahirkan oleh Madrid. Namun ia jarang diberi kesempatan bermain. Selama tiga musim sejak debutnya 2010 silam, total pemain yang lahir pada 23 October 1992 ini hanya dimaikan sebanyak 37 pertandingan saja. Untuk Itulah Morata pun pinah ke Juventus untuk mendapatkan menit bermain yang cukup.

Keputusan tersebut dianggap sukses. Pasalnya selama dua tahun di Serie A bersama si Nyonya Tua. Morata tampil sebanyak 63 pertandingan dan sukses mencetak 15 gol. Tak hanya itu. Lantaran penampilannya yang memikat di Italia itu membuat pemain yang sukses mengantarkan Juventus mendapatkan scudetto dua kali berturut-turut tersebut dipanggil untuk membela Tim Nasional (Timnas) Spanyol senior untuk pertama kalinya. Tepatnya pada 7 November 2014 silam.

Rasio Gol yang Baik di Musim Lalu

Musim 2016/2017 lalu, Morata hanya didapuk sebagai pemain cadangan. Mengutip data dari whoscored, dari 26 pertandingan bersama Madrid, ia hanya dipercaya tampil sebanyak 14 kali sebagai pemain utama.

Meski demikian, ia mampu melesahkan 15 gol. Dengan jumlah tersebut raihan golnya lebih baik dari Karim Benzema yang notabene merupakan striker utama Madrid dengan hanya melesahkan 11 gol di ajang La Liga.

Secara statistik, Morata memiliki rasio perbandingan gol per menit yang paling baik di Madrib, bahkan melebihi catatan milik Cristiano Ronaldo. Morata tercatat memiliki rasio 1 gol setiap 89 menit, sedang Ronaldo memiliki rasio 1 gol 102 menit.

Pemecah Rekor Transfer

Kedatangan Morata ke Chelsea kali ini sukses membuat dua rekor baru. Rekor pertama adalah ia menjadi pemain termahal yang pernah dibeli oleh The Blues. Pasalnya pemain yang telah mendapatkan caps sebanyak 20 kali bersama Timnas Spanyol ini dibeli dari Madrid seharga 80 juta euro atau sekitar 1,22 triliun. Sebelumnya rekor tersebut dipegang oleh Fernando Torres yang dibeli oleh Chelsea dari Liverpool seharga 60 juta euro.

Rekor kedua adalah, Morata menjadi pemain termahal asal Spanyol. Bahkan ia kini masuk dalam 10 besar pemain dengan transfer termahal di dunia dengan menempati urutan ke-7. Rekor sebelumnya juga dipegang oleh Torres pada tahun 2011 silam.

Selalu Sukses Menghasilkan Trofi bagi Klub yang Dibela

Morata beruntung bisa memperkuat dua tim terbaik dari dua liga berbeda. Bersama Madrid. Ia sukses mengumpulkan dua gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey, Dua gelar Liga Champions, satu Piala Super UEFA, dan Satu Piala Dunia antar Klub.

Sedangkan bersama Juventus. Morata juga mampu mempersembahkan dua gelar Serie A, dua gelar Coppa Italia, dan satu gelar Supercoppa Italiana.

Mungkinkah faktor keberuntungan milik Morata ini menjadi salah satu hal yang jadi pertimbangan bagi Antonio Conte, Manajer Chelsea untuk merekrutnya? Entahlah.

Baca juga
Chicharito Kembali ke Premier League

 

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Mobil Ikonik di Balapan

5 Mobil Ikonik di Balapan

TOP 5
Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

Lima Gol Terbaik Zlatan Ibrahimovic

TOP 5
Lima Klub Indonesia Berubah Nama

Lima Klub Indonesia Berubah Nama

TOP 5
Lima Tim yang Harusnya Lolos

Lima Tim yang Harusnya Lolos

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company