Ini Perbedaan Cara Mengemudi Mobil Drifting dan Slalom

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Dedi Hermawan | 21 July 2017

Perbedaan Mengemudi Drifting dan Slalom

SPORTKU.COM

Banyak orang menilai bahwa dalam mengemudikan mobil drifting dan slalom memiliki kesamaan. Ternyata itu salah!

Sekilas mengemudikan mobil balap drift dan slalom sepertinya memiliki gaya yang serupa. Namun kedua cabang balap tersebut memiliki cara mengemudi kendaraan yang berbeda jauh. Meski sama-sama harus menampilkan aksi 'ngepot', teknik keduanya berbeda.

Baca juga:
BEDAH KARAKTER SIRKUIT UNTUK DRIFTING DAN SLALOM

Menurut Demas Agil, pebalap yang berlaga di dua cabang balap tersebut, mengemudi mobil drift dan slalom memiliki teknik yang tidak sama. "Berbeda sekali untuk mengendarai mobil balap slalom dan drift. Karena untuk di slalom, kita harus lebih sedikit atau meminimalisir ngepotnya. Tetapi untuk di drifting, kita harus open, wide open, full angle, dan ini adalah dua hal yang sangat berbeda," beber Demas Agil.

Pebalap yang tahun lalu berhasil mengawinkan gelar juara nasional slalom A dan F ini menjelaskan bahwa kedua teknik antara slalom dan drifting, tidak bisa diaplikasikan dalam masing-masing balap. "(Jika) Kita pakai gaya drift untuk balap slalom, kita akan kalah. Begitu pula sebaliknya, kita pakai gaya slalom di drift, sudah pasti kalah juga," tambah Demas.

Baca juga:
ANTONIO GIOVINAZZI BERHARAP BISA BALAP F1 DI 2018

Hal tersebut dikarenakan cara penilaian yang diterapkan dalam dua cabang olahraga tersebut. Dalam slalom, pebalap diharuskan mencatatkan waktu secepat mungkin dalam menaklulan rintangan berupa cone. Sehingga, pebalap harus menjaga slide kendaraan agar tidak terlalu over. Karena, jika terlalu over hingga seperti goayangan drift, sudah pasti waktu yang dihasilkan akan melorot jauh.

Sedangkan jika teknik slalom dipakai untuk drifting, para juri pasti akan menilai bahwa angle yang dihasilkan tidak memiliki unsur keindahan. Karena salah satu penilaian dalam drifting adalah keindahan pebalap dalam melakukan slide di lintasan. Ini dikarenakan penilaian drift yang bernilai subyektif.

Demas Agil saat melakoni slalom di Bandungdemas-agil-drifting-and-29817799bad5a3b.jpg

slide mobil di balapan slalom

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Kepuasan Haridarma Merengkuh Juara Nasional

Kepuasan Haridarma Merengkuh Juara Nasional

ITCC
Demas Agil Tambah Juara Nasional

Demas Agil Tambah Juara Nasional

DRIFT
Keberhasilan GT Radial di Slalom

Keberhasilan GT Radial di Slalom

GYMKHANA
Mesranya GT-Radial dan MBCIRC

Mesranya GT-Radial dan MBCIRC

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company