Seri 1 Kejurnas Supermoto 2017 Sentul Diluar Dugaan

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | 23 July 2017

Kejurnas Supermoto Sentul Diluar Dugaan

SPORTKU.COM

Seri 1 Kejurnas Supermoto (Indonesia Supermoto Championship) digelar akhir pekan ini, 22-23 Juli di Sirkuit Gokart Sentul bogor, Jawa Barat.

Endiyatmo, pimpinan EW702Sport selaku penyelenggara Kejurnas Supermoto 2017 mengaku masih banyak hal yang harus dievaluasi dari penyelenggaraan Seri 1 ini. Namun keberaniannya untuk menjadi orang pertama yang menjadi penyelenggara Kejurnas Supermoto patut diacungi jempol.

Tercatat ada 68 starter ikut meriahkan jalannya Seri 1 Kejurnas Supermoto 2017. Mereka terbagi ke dalam 8 kelas berbeda, termasik 4 kelas yang masuk dalam kategori Kejurnas. Memang, jumlah starter yang ada saat ini masih belum sesuai dengan target awal.

"Ini (Kejurnas Supermoto) masih balap baru. Semuanya baru mulai dari peraturannya, infrastruktur juga baru ada trek offroad onroad. Perangkatnya juga baru karena menggabungkan divisi onroad dan offroad. Ini masihh konsolidasi. Dan kita masih gelar di Jawa karena basis komunitas supermoto paling besar di Jawa," ungkap Endi.

Baca Juga
Asep Hendro Bangkitkan Semangat Mudanya di Kejurnas Supermoto

Dalam penyelenggaraan Seri 1 Kejurnas Supermoto kali ini, Endi memang masih mencari imej. Maklum, ini merupakan event baru di Indonesia. Sebagai balapan genre baru yang menggabungkan dua alam berbeda. Di mana pebalap harus mampu menaklukkan medan offroad dan onroad sekaligus.

Hadirnya Kejurnas Supermoto juga sekaligus menjadi lahan untuk adu gengsi antara pebalap road race dan motocross. Dan di sinilah mereka unjuk skill balap mereka. Maka tak heran jika balapan ini juga diikuti oleh para pebalap road race maupun para crosser nasional.

"Seri 1 ini ada 68 starter, memang masih kurang dari target kita 100 starter. Memang gak capai target jumlah starter. Tapi untuk Kelas SM Open Pro di luar dugaan, mengingat jumlah motor dengan kapasitas 450cc di Indonesia masih minim dan di kelas ini ada 10 pebalap lebih," imbuh Endi.

Tak tercapainya jumlah starter memang karena ada beberapa penyebabnya. Salah satunya adalah karena event ini berdekatan dengan Seri 4 Asia Road Racing Cahmpionship (ARRC) 2017 yang akan diselenggarakan di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat pada 12-13 Agustus mendatang.

Banyak para pebalap Indonesia yang turun di ARRC akhirnya membatalkan untuk ikut membalap di Seri 1 Kejurnas Supermoto. Sebut saja Wahyu Aji Trilaksana, Galang Hendra Pratama, Gerry Salim dan beberpa pebalap road race unggulan lainnya yang terpaksa absen.

Endiyatmo, pimpinan EW702Sport selaku penyelenggara Kejurnas Supermoto 2017seri-1-kejurnas-supermoto-831234c8ddd16a8.JPG

Baca Juga
Farhan Hendro Pole Position di Seri 1 Kejurnas Supermoto
Vieri Ejek Transfer Inter Milan

  • facebook share

RELATED NEWS

Hasil Kualifikasi YCR Kediri 2017

Hasil Kualifikasi YCR Kediri 2017

YAMAHA CUP RACE
Rekor Cup Race Banyak Peminat

Rekor Cup Race Banyak Peminat

ROAD RACE
Ali Adrian Berjuang Hingga Akhir

Ali Adrian Berjuang Hingga Akhir

SUPERBIKE
Hasil Kualifikasi WSBK Jerez 2017

Hasil Kualifikasi WSBK Jerez 2017

SUPERBIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company