Tip Menghindari Nyeri Pergelangan Tangan Saat Bersepeda

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Media Source: cyclingweekly | 23 July 2017

SPORTKU.COM

Tip Menghindari Nyeri Pergelangan Tangan Saat Bersepeda

Nyeri di pergelangan tangan adalah salah satu keluhan yang paling umum muncul saat bersepeda.

Juga dikenal sebagai kelumpuhan pada pergelangan tangan, gejala ini bisa muncul saat terjadi kompresi saraf ulnaris, yang meliputi ke jari kelingking dan jari manis. Hal itu dapat menyebabkan rasa sakit, mati rasa dan kesemutan. Hal itu juga bisa membuat tangan terasa lemas, sehingga sulit untuk mengerem atau mengganti gir.

Gejala kompresi saraf ini juga bisa disebabkan oleh hiperekstensi pada pergelangan tangan, misalnya jika Anda mengendarai dengan drop bar dalam waktu yang lama.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut maka ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba di rumah. Tetapi jika, ternyata tidak menyelesaikan masalah maka sebaiknya Anda mengunjungi fisioterapis.

 


Baca juga:
BODNAR BALAS DENDAM UNTUK SAGAN DAN TIMNYA

 


Fitting Sepeda

Jika Anda merasa sakit dan nyeri saat bersepeda, terutama saat Anda berada di sepeda, langkah pertama adalah melihat ukuran atau kesesuaian sepeda dengan Anda.

Ada beberapa alasan mengapa Anda terlalu banyak memberi beban pada tangan dan pergelangan tangan Anda. Sadel yang terlalu tinggi akan menurunkan bobot tubuh ke depan, dan setang yang terlalu rendah dapat menyebabkan Anda menahan berat badan lebih banyak pada pergelangan tangan.

Sepeda yang terlalu besar, dengan top tube yang terlalu panjang, akan membuat posisi Anda maju dan juga bisa “menyengat” pergelangan tangan.

Anda seharusnya tidak mencondongkan tubuh dan menumpu pada tangan dan pergelangan tangan Anda; periksa hal itu dengan naik di jalan datar dan tanjakan pendek dengan posisi tangan Anda hanya sedikit beristirahat. Jika Anda merasa terjatuh ke depan, maka posisi Anda pasti perlu diperiksa kembali.

Jika sepeda Anda pas atau sesuai, tapi Anda masih sakit, lihat kembali bagaimana Anda memegang setang. Buatlah tangan Anda rileks, lembutkan siku dan jatuhkan bahu Anda, dan cobalah untuk tidak mencengkeram setang terlalu rapat. Pergelangan tangan Anda harus santai dan jangan terlalu terlipat atau terlalu panjang.

Ubah posisi tangan Anda sesering mungkin saat bersepeda dengan memanfaatkan pegangan pada bagian atas bar, hood dan bagian bawah setang. Sebab masing-masing posisi menyejajarkan pergelangan tangan Anda dengan sedikit berbeda. stem menawarkan berbagai macam posisi tangan - beberapa orang menikmati bagian bar atas yang datar dan aero yang berbentuk sayap. Tapi yang lain, dengan tangan yang kecil mungkin lebih menyukai bar yang sempit dan lebih tradisional. Dibutuhkan eksperimen untuk melihat model yang sesuai untuk Anda.

Jika Anda memiliki tangan yang kecil, pastikan tuas dalam posisi miring sehingga Anda bisa menutupi mereka tanpa dalam kondisi tegang. Mungkin perlu menggunakan shim atau insert untuk membawa ujung tuas lebih dekat lagi ke bar. Ini juga akan memberikan kontrol yang lebih di turunan.

Bar tape dan sarung tangan

Sarung tangan adalah bagian dari perlengkapan pelindung dan harus selalu dipakai untuk mencegah ruam akibat kerikil ke telapak tangan bila terjatuh. Sarung tangan yang berlapis juga dapat membantu mengurangi nyeri pada pergelangan tangan. Padding atau bantalan di sekitar pangkal ibu jari dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf ulnaris dan mencegah rasa sakit.

Bar tape yang empuk, dengan menyisipkan gel atau busa di bawahnya, dapat memberikan perlindungan tambahan akibat getaran di jalan - faktor lain yang juga menyebabkan nyeri di pergelangan tangan.

 


Baca juga:
YUK KENALI JENIS BAN UNTUK ROAD BIKE!



  • facebook share

RELATED NEWS

5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW
Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company