Sirkuit Manggul di Lahat Bikin Kagum

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sirkuit Manggul | Editor: Andi Wahyudi | 25 July 2017

Sirkuit Manggul Bikin Kagum

SPORTKU.COM

Sirkuit permanen di Indonesia jumlahnya masih sangat minim. Bahkan sekarang jumlahnya bisa dihitung dengan jari.

Butuh orang yang bersemangat tinggi jika berharap sirkuit permanen di Indonesia. Dan salah satu yang getol dengan pembangunan sirkuit permanen adalah Bupati Lahat, Sumatera Selatan, Aswari Rivai. Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Lahat, Aswari membangun sirkuit permanen yang baru diluncurkan pada 21 Mei lalu.

Menariknya, trek permanen multifungsi dengan nama resmi Sirkuit Manggul tersebut dibangun dengan dana pribadi. Pembangunannya juga dilakukan di lahan pribadinya dengan luas area 10,5 hektar. Letak sirkuitnya sendiri berada di Kota Lahat dan dekat dengan berbagai fasilitas penunjang seperti hotel serta pusat perbelanjaan.

Sirkuit Manggul memiliki panjang lintasan 1.616meter dengan lebar trek antara 8-18 meter. Juga dilengkapi 8 tikungan, 4 tikungan ke kanan dan 4 tikungan ke kiri. Sementara trek lurus terpanjangnya 400meter. Paddock untuk pebalap dan tim pun tertata rapi dan tampil beda dengan kebanyakan paddock yang ada di sirkuit di Indonesia.

Dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang ada, Sirkuit Manggul juga bisa digunakan untuk beberapa cabang olahraga otomotif. Bukan hanya balap motor seperti road race dan drag bike. Tapi balap mobil seperti slalom, time attack maupun cabang balap gokart juga bisa digelar di sini.

Baca Juga
Andi Gilang Kecelakaan di Portugal 

"Kami sudah sediakan lahan, sirkuit bertaraf internasional dengan fasilitas yang lengkap. Saya ingin, kawan-kawan dari sponsor membantu bekerja sama dengan kami membangun dan membentuk para bibit-bibit pebalap muda, khususnya di daerah Sumatera Selatan," ujar Kak Wari, sapaan akrab Aswari Rivai.

Sebagai event pembuka di Sirkuit Manggul, Kak Wari pada akhir pekan kemarin juga menyelenggarakan Seri 1 Aswari Cup Prix 2017. Gelaran balap ini akan digelar sebanyak tiga seri sepanjang musim 2017 ini.

"Hadiah juara umum berupa sepeda motor. Juara umumnya ada tiga kategori yaitu juara umum seeded, pemula dan lokal," ujar Indra Zafella, Direktur Sirkuit Manggul.

Kekaguman terhadap Sirkuit Manggul juga diutarakan oleh Dodiyanto, Marketing & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk yang pada akhir pekan kemarin juga berkunjung ke Sirkuit Manggul untuk menyaksikan Seri 1 Aswari Cup Prix 2017.

“Sirkuit Manggul keren, diluar ekspektasi kita baik dari sisi trek atau fasilitasnya. Aspalnya juga bagus, udah gitu jarak dari sirkuit ke hotel hanya 100 meteran. Diatas paddock pebalap juga ada tempat istirahat untuk pebalap. Ini sirkuit sangat strategis, semoga lahir pebalap berprestasi di Sumatera,” ungkap Dodiyanto mewakili IRC yang mensupport tim Indela Aswari, tim balap dari Lubuk Linggau.

Baca Juga
Rekor Baru di Pertamax Drag Bike 2017
Juventus Datangkan Fiorentina

  • facebook share

RELATED NEWS

Hijabers Penggila Adventure Trail

Hijabers Penggila Adventure Trail

PROFILE
Rekam Jejak Nakagami, Asuhan Honda

Rekam Jejak Nakagami, Asuhan Honda

PROFILE
M. Fadli Kembali Balapan

M. Fadli Kembali Balapan

PROFILE
Some1else Jersey Rekrut Pebalap Wanita

Some1else Jersey Rekrut Pebalap Wanita

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company