Ini Beda Helm Supermoto dan Helm Full-face biasa

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sportku | Editor: Dedi Hermawan | 25 July 2017

SPORTKU.COM

Helm jenis supermoto sedang banyak digemari. Ingat, ada perbedaan fungsi antara helm supermoto dengan helm full-face biasa. Apa saja?  

Meskipun sama-sama peranti yang melindungi pengendara saat baik motor, helm memiliki fungsi berbeda sesuai dengan desain dan jenisnya. Begtu juga dengan helm supermoto yang sedang digemari saat ini. Sesuai namanya, helm supermoto disegmentasikan untuk para bikers penunggang sepeda motor jenis supermoto, motorcross maupun supermortard. 

Helm supermoto dan helm motocross pada dasarnya sama. Hanya saja helm supermoto memiliki visor, sedangkan helm motocross tidak. Fungsi visor sebagai pelindung mata pada helm motocross digantikan oleh kacamata goggle. Perbedaan lainnya yaitu, helm supermoto memiliki ‘cakil’ (bagian menonjol yang berada tepat di daerah mulut) yang relatif lebih pendek dibanding helm motocross.

Baca Juga
Viar Buktikan Ketangguhan di Kejurnas Supermoto

Helm supermoto memang cocok juga digunakan di jalan raya, layaknya helm full-face biasa. Tapi ingat, helm supermoto tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Kendati demikian, bukan berarti helm supermoto tidak punya kelebihan. Simak saja penjelasan berikut.  

Kelebihan

1. Perlindungan yang lebih maksimal dan optimal
Helm jenis ini memiliki bagian menonjol di bagian mulut, di mana bagian tersebut didesain untuk memberikan redaman yang lebih maksimal dibanding helm dengan tipe full face biasa.

2. Lega untuk bernafas
Helm jenis ini memungkinkan penggunanya untuk leluasa bernafas saat menggunakannya. Hal ini dikarenakan adanya rongga pada bagian mulut helm tersebut. Helm ini dirancang karena peruntukannya untuk kegiatan adventure. Dalam kegiatan ini pengendara biasanya membutuhkan energi lebih besar. Karena besarnya energi yang dikeluarkan itulah yang mengakibatkan semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan sang pengendara.

3. Aman dan praktis dalam visibilitas
Jika dibandingkan dengan helm motocross, maka helm supermoto lebih praktis. Hal ini dikarenakan helm motocross masih harus menggunakan kacamata google yang terpisah dari helm. Sementara helm supermoto sudah dilengkapi dengan visor.

Baca Juga
Highlight Asia Auto Gymkhana Semarang (Video)

Kekurangan
1. Bukan untuk penggila kecepatan
Secara desain helm supermoto memang tidak diperuntukkan untuk bikers penggila kecepatan. Pasalnya helm ini tidak aerodinamis. Hood alias canopy untuk melindungi dari sinar matahari menjadi penghambat aliran angin. Dalam kecepatan tinggi, kondisi ini akan mengganggu sekaligus membahayakan pengendara. Luas penampang bagian samping yang lebih lebar juga jadi faktor penambah risiko. Dalam keadaan ngebut, jika sang rider menoleh sedikit saja maka lehernya akan menerima beban angin yang besar. Bukan tidak mungkin dapat mencederai leher pengendara. 

2. Bobot yang lebih berat
Helm supermoto biasanya memiliki berat yang di atas rata-rata. Hal ini akan membuat bikers marasa cepat capek dengan berat helm tersebut.

3. Efek fish eye pada kaca visor
Yang menjadi faktor kekurangan helm supermoto lainya adalah adanya efek fish eye atau cembung pada visibilitasnya. Hal ini dikarenakan tingkat kelengkungan kaca visor pada helm supermoto jauh lebih besar dibandingkan kaca visor pada helm full face atau half face. Efek cembung pada visor helm tersebut bisa membuat pusing jika belum terbiasa.

Baca Juga
Ini 8 Pebalap Wildcard Indonesia di ARRC Sentul 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company