Ini Perbedaan Kejurnas Gymkhana dan Asia

Text : M. Aditia Prapanca | Photo / Video : Panca,Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 26 July 2017

SPORTKU.COM

Indonesia dipercaya menggelar kejuaraan Asia Auto Gymkhana Compettion 2017 seri pertama di Semarang. Tentunya ini jadi sebuah kebanggaan.

Salah satu alasannya adalah Indonesia konsisten menggelar kejuaraan nasional Gymkhana atau biasa disebut slalom setiap tahunnya. Walaupun keduanya mengusung nama yang sama tetapi Gymkhana Asia dan Kejurnas Gymkhana memiliki banyak perbedaan. Berikut perbedaannya.

Kejuaraan Nasional Gymkhana
GT Radial Auto Gymkhana Kejurnas Slalom merupakan kejuaraan yang rutin diselengarakan di Indonesia setiap tahun. Kejurnas Gymkhana ini sebagai ajang pembibitan pebalap untuk dikirim ke kejuaraan Gymkhana Asia yang berlangsung lima seri.

Jika di Kejurnas Gymkhana mempertandingkan tiga kejuaraan kelas bergengsi seperti umum A, syaratnya mobilnya harus standar dengan berpenggerak roda depan. Lalu modifikasi atau free for all yang diwajibkan penggerak roda depan. Terakhir adalah umum B atau diharuskan penggerak roda belakang dengan mobil dibebaskan baik itu jenis sedan maupun pick-up.

Selain itu GT Radial Auto Gymkhana Kejurnas Slalom mobil diperbolehkan digunakan maksimal empat mobil dengan kelas yang sama. Kejurnas Gymkhana digelar beberapa seri dengan lintasan berbeda-beda diberbagai daerah Indonesia.

Sedangkan juara nasional umum A dan modifikasi F akan dikirim mewakili Indonesia untuk berlaga Asia Auto Gymkhana Competition. Nantinya pebalap Indonesia akan bertanding dengan negara Asia lainnya untuk perebutkan juara Asia.

Baca Juga
Kemeriahan Gymkhana Asia Putaran Pertama Semarang

Asia Auto Gymkhana Competition
Asia Auto Gymkhana Competition merupakan kejuaraan Gymkhana tertinggi yang telah diakui oleh Fédération Internationale de l'Automobile (FIA). Pada kejuaraan ini diikuti oleh negara Asia dengan mengirimkan dua pebalap terhebat sebagai perwakilan.

Perbedaan dengan kejurnas Gymkhana yaitu, Asia Auto Gymkhana Competition menggunakan one make car atau satu jenis mobil di setiap putaran. Tahun ini Gymkhana Asia direncanakan digelar lima seri beberapa negara Asia.

Misalkan Asia Auto Gymkhana Competition 2017 putaran pertama yang digelar di Indonesia menggunakan mobil standar Toyota Agya 1200cc. Sedangkan putaran kedua di Korea Selatan nanti menggunakan mobil Mini.

Selain itu Gymkhana Asia memperebutkan dua kelas bergengsi yaitu perorangan dan team. Untuk kelas team diperkuat dengan dua pebalap dari setiap negara. Setiap pebalap baik di kelas perorangan maupun team, diberikan kesempatan dua kali race dengan mobil A dan B disetiap Heat.

Untuk kejuaraan team, dua pebalap mewakili negaranya masing-masing, dengan total catatan waktu tercepat menjadi juara. Selain itu Gymkhana Asia menggunakan sistem gugur seleksi 16 besar hingga final dua pebalap tercepat.

Baca Juga
Indonesia Sapu Bersih Juara Gymkhana Asia

Kejurnas Gymkhana mempertandingkan tiga kelas bergengsi

  galeri-gymkhana-seri-3-15545030d7e8e96.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Prema Gaet Sean Gelael

Prema Gaet Sean Gelael

FORMULA 2
Gelar Juara Nasional Kesembilan Kali

Gelar Juara Nasional Kesembilan Kali

GYMKHANA
Aksi Nekat Sebastien Buemi

Aksi Nekat Sebastien Buemi

FORMULA 1
Aston Martin Podium di Amerika

Aston Martin Podium di Amerika

CIRCUIT

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company