Honda Racing Indonesia Belum Mampu Bangkit dari Keterpurukan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 26 July 2017

SPORTKU.COM

Perseteruan yang terjadi antara Toyota Team Indonesia vs Honda Racing Indonesia semakin memanas. Hingga laga ketiga, Honda, masih belum bangkit.

Sedikit kilas balik musim balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) tahun lalu. Di pertengahan musim, tepatnya putaran kelima, Toyota Team Indonesia, melakukan come back setelah sekian lama absen dari balap touring nasional. Masuknya Toyota Team Indonesia (TTI) di Kejurnas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) bisa dikatakan menghadirkan lawan yang sepadan bagi kubu Honda Racing Indonesia.

Baca juga:
INI PERBEDAAN KEJURNAS GYMKHANA DAN ASIA

Selama enam tahun berturut-turut, Alvin Bahar, pebalap andalan Honda Racing Indonesia belum menemukan lawan yang setara. Hasilnya? Sudah pasti, putera mendiang Aswin Bahar ini sukses menyapu bersih gelar Juara Nasional ITCC secara enam tahun berturut-turut.

Kembali ke bahasan kembalinya TTI di putaran kelima. Lamanya vakum dari balap touring, masih menjadi adaptasi awal bagi tim yang dinahkodai oleh Memet Djumhana. Meski nama besar Haridarma Manoppo berada di balik kemudi All New Yaris, namun kedigdayaan Honda Racing Indonesia belum bisa digoyahkan dengan mudah. Dalam dua laga penutup yakni seri lima dan seri enam, TTI hanya bisa menjadi followers Honda Racing Indonesia.

Namun keadaan justru berbanding terbalik saat memasuki seri perdana Kejurnas ITCC musim 2017. Meski jalannya balapan berada di bawah kawalan safety car karena curah hujan yang lebat, nama Haridarma Manoppo langsung mencuat di podium pertama dan langsung mengalahkan Alvin Bahar. Ini juga menjadi kado dari Haridarma untuk TTI di awal musim. Meskipun harus finish dalam kawalan safety car, namun pebalap yang akrab disapa Hari, kembali membuat kejutan di seri kedua, ia berhasil meninggalkan Alvin Bahar dengan Honda Jazz-nya di posisi kedua.

Berharap bisa mengungguli Toyota Team Indonesia di seri ketiga kemarin (23/7), harapan tersebut harus kandas, pasalnya lagi-lagi Honda Racing Indonesia harus menelan pil pahit. Pebalap nomor satu Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo, mampu memberikan serangan balik kepada Alvin Bahar yang saat itu memulai balapan dari pole position, dan berhasil meraih podium pertama. Skor 3-0 untuk Toyota Team Indonesia.

Baca juga:
TOYOTA TEAM INDONESIA BANGKIT DARI KETERPURUKAN

Buah keberhasilan ini memang tidak datang dengan sendirinya. Ada peran Toyota Racing Development yang turut menghantarkan Hari untuk mencapai kesuksesan. Meskipun Alvin Bahar mengklaim bahwa saat ini yang berperang adalah TRD versus Honda Racing Indonesia. "Ya makanya kondisi sekarang adalah saya pakai Honda tanpa (bantuan) Mugen melawan Toyota dengan back up full (dari) TRD," tulis Alvin dalam pesan singkatnya kepada SPORTKU.

"Di balap kemarin (sudah) kelihatan mesin kalah jauh tapi secara keseluruhan tinggal sedikit lagi, sebenarnya kita masih bisa improve banyak. Jadi kita berharap saja mereka tidak bisa improve yang signifikan lagi," tambahnya.

Namun rivalnya, Haridarma, tidak sependapat dengan pernyataan Alvin Bahar. Menurut Hari, ia justru berharap ada dukungan yang diberikan oleh Honda Prospect Motor kepada Alvin Bahar seperti yang ia terima dari Toyota Astra Motor, hal ini dikarenakan agar mobil Honda Jazz yang menjadi pacuan Alvin, menjadi sama-sama kompetitif.

"Pokoknya intinya mobil Toyota itu kencang kan karena saya dapat full support dari TTI dimana TTI itu dapat dukungan penuh Toyota Racing Development dan dibantu Toyota Astra Motor. Nah, jadi untuk balap selanjutnya saya mengharapkan bahwa Honda Prospect Motor membantu Alvin Bahar dalam pengembangan mobil agar mobil kita semakin bersaing," papar Hari.

Lantas, dengan kedigdayaan Toyota Team Indonesia saat ini, memang sudah sepatutnya Honda Prospect Motor bersama Mugen turun tangan untuk mendukung Alvin Bahar agak bisa mendominasi balapan, atau paling tidak bisa memberikan perlawanan yang seimbang kepada pebalap Toyota Team Indonesia, Haridarma Manoppo. Kita berharap akan ada strategi baru dari Honda Racing Indonesia di seri mendatang agar kembali bisa mensejajarkan Honda Jazz dengan All New Yaris di lintasan balap.

Come on Honda, show us The Power of Dreams!

  • facebook share

RELATED NEWS

Balotelli dan Kesempatan Bela Italia

Balotelli dan Kesempatan Bela Italia

TOPIC OF THE WEEK
Milan Masih Mencari Jati Diri

Milan Masih Mencari Jati Diri

TOPIC OF THE WEEK
Slalom Masuk Agenda PON

Slalom Masuk Agenda PON

TOPIC OF THE WEEK
Red Flag Kontroversial Kejurnas IRS

Red Flag Kontroversial Kejurnas IRS

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company