Pebalap Wajib Tahu Arti dan Fungsi Bendera Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Hiveminer | Editor: Andi Wahyudi | 26 July 2017

SPORTKU.COM

Sering kali kita melihat keberadaan bendera dalam sebuah event balap. Bendera balap ternyata memiliki banyak warna sesuai dengan fungsinya.

Bendera merupakan salah satu peranti penting dalam dunia balap. Karena fungsinya yang begitu vital, maka bendera harus selalu dipergunakan baik selama latihan maupun perlombaan. Dan tahukah Anda bila ternyata banyak macam bendera dalam dunia balap?

Mungkin yang sering kita lihat dalam sebuah balapan adalah bendera finish atau juga bendera merah. Ukuran bendera balap pun ternyata ada aturannya. Semua bendera balap harus berukuran 100cm x 80cm.

Ada dua fungsi utama bendera balap di dalam sirkuit. Baik yang diperuntukan sebagai alat informasi maupun instruksi kepada pebalap. Semua bendera harus diperlihatkan dengan cara dilambaikan oleh petugas sirkuit atau marshal.

Berikut bendera yang dipergunakan sebagai alat untuk memberikan informasi:

1. Bendera Start
Bendera start bisa bergambar atau berlogo IMI (Ikatan Motor Indonesia) jika balapan tersebut digelar di Indonesia. Atau bisa juga berlogo sponsor dari event balap tersebut.
Bendera start dipergunakan untuk memulai balapan dan latihan. Bendera start dapat digunakan jika lampu start tidak berfungsi.

2. Bendera Finish
Bendera finish merupakan bendera dengan pola kotak-kotak berwarna hitam dan putih. Dipergunakan untuk menghentikan balapan dan latihan. Melewat bendera finish lebih dari satu kali bisa dikenakan sanksi atau denda uang.

3. Bendera Finish dan Bendera Biru
Bendera finish bersama dengan bendera biru di garis finish akan muncul apabila terjadi persaingan yang ketat dan saling mendahului diantara sesama pebalap di lap terakhir sebelum garis finish. Fungsinya untuk memberikan informasi agar masing-masing pebalap tidak saling menutup jalur balap lawannya.

4. Bendera Hijau
Munculnya bendera hijau berarti lintasan dalam kondisi aman. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas bendera (marshal) di setiap lap pertama latihan resmi dan lap pemanasan untuk tahap pengenalan lintasan.

Bendera ini harus segera diperlihatkan di setiap pos petugas bendera, setelah kecelakaan yang mengharuskan dipergunakannya bendera kuning.

Ketika pintu keluar Pit-Line dibuka, bendera hijau harus dilambaikan di pintu keluar Pit-Line.

5. Bendera Kuning dengan Garis Strip Merah
Bendera dengan 3 buah strip kuning dan 2 buah strip merah vertikal, masing-masing strip dengan lebar sama. Berarti lintasan licin, yang disebabkan oleh sesuatu selain hujan. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas bendera.

6. Bendera Putih dengan Silang Merah
Diagonal kelebaran garis antara 10 -13 cm. Bila bendera ini muncul, berarti gerimis turun di bagian lintasan ini. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas bendera.

7. Bendera Putih dengan Silang Merah dan Bendera Kuning dengan Garis Strip berwarna Merah
Jika petugas sirkuit mengibarkan bendera ini, berarti hujan di bagian lintasan tersebut. Bendera harus ada di setiap pos petugas Bendera.

8. Bendera Biru
Bendera biru akan memberikan informasi jika pebalap tersebut akan didahului oleh pebalap lain. Bendera harus diperlihatkan di setiap pos petugas Bendera.

Jika bendera biru muncul selama latihan, pebalap yang akan didahului harus tetap konsentrasi di jalur balapnya, dan berangsur-angsur mengurangi kecepatannya karena akan didahului oleh pebalap yang lebih kencang.

Pebalap biru yang mucnul selama balapan, pebalap harus memberikan kesempatan untuk didahului oleh pebalap yang lebih kencang di kesempatan pertama.

Setiap pelanggaran atas peraturan ini, akan mengakibatkan jatuhnya sanksi, denda, diskualifikasi, atau pembatalan point kejuaraan yang berhasil diraihnya.

Berikut bendera yang dipergunakan sebagai alat untuk memberikan informasi dan instruksi:

1. Bendera Kuning
Bendera kuning merupakan bendera tanda bahaya yang diperlihatkan satu buah jika ada bahaya di lintasan. Bendera kuning yang muncul sekaligus dua buah berarti ada pebalap atau motor balap yang kecelakaan masih berada di dalam lintasan, berarti perintah untuk mengurangi kecepatan dan siap untuk berhenti serta dilarang keras mendahului pebalap lain, hingga bendera hijau diperlihatkan.

Selama latihan, setiap pelanggaran dari peraturan ini akan mengakibatkan pembatalan catatan waktu yang ditempuh pebalap tersebut di lap pelanggaran itu terjadi.

Selama balapan, setiap pelanggaran dari peraturan ini akan mengakibatkan jatuhnya sanksi diskualifikasi. Sanksi dapat diperberat dengan sanksi denda dan suspensi.

Terkecuali pebalap tersebut dengan segera, setelah mendahului pebalap lain, mengakui pelanggaran tersebut, dengan mengangkat salah satu tangannya, dan membiarkan pebalap yang ia dahului itu kembali ke depannya (memberi kesempatan untuk didahului kembali).

Selama lap pemeriksaan akhir inspeksi lintasan, bendera ini harus dilambaikan di posisi yang tepat dan aman selama latihan dan balapan.

2. Bendera Merah
Bendera ini akan dilambaikan di lintasan apabila ada terjadi gangguan di sirkuit selama balapan atau latihan berlangsung.
Ketika pintu keluar Pit-Line ditutup, bendera ini harus diperlihatkan di pintu keluar Pit-Line. Pebalap tidak diizinkan lagi keluar dari area Pit-Line. Setiap pelanggaran atas peraturan ini, akan mengakibatkan jatuhnya sanksi denda, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan yang berhasil diraihnya atau suspensi.

Bendera merah juga harus diperlihatkan di starting grid setelah lap pengenalan dan lap pemanasan selesai dijalankan.
Apabila terjadi kecelakaan yang mengakibatkan seorang pebalap tidak "bergerak" antara 10-15detik maka bendera merah akan segera dilambaikan di seluruh pos bendera.

Bendera merah pada saat FP (latihan bebas), QTT (kualifikasi) dan WU (pemanasan) berarti seluruh pebalap harus kembali ke Waiting Area.

Jika bendera merah dilambaikan pada saat balap berarti seluruh pebalap harus kembali ke area start.

Bendera merah selalu digunakan untuk menandakan lintasan dalam kondisi ditutup.

Baca Juga
Simak Detail Fungsi dan Arti Bendera Merah (Red Flag)

3. Bendera Hitam
Bendera ini digunakan sebagai perintah atau instruksi hanya untuk satu pebalap, diperlihatkan bersama dengan papan nomor start pebalap tersebut. Pebalap tersebut harus segera berhenti di pit area dan tidak boleh melanjutkan balapan.
Setiap pelanggaran atas peraturan ini, akan mengakibatkan jatuhnya sanksi denda, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan yang berhasil diraihnya atau suspensi.

4. Bendera Hitam dengan bulatan penuh jingga (diameter 40cm)
Bendera ini digunakan untuk perintah hanya kepada satu pebalap, diperlihatkan bersama dengan papan nomor start pebalap tersebut. Bendera ini menginformasikan ada sesuatu masalah dengan kendaraan pebalap tersebut, yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun pebalap lain. Dan pebalap tersebut harus dengan segera meninggalkan lintasan.

Setiap pelanggaran atas peraturan ini, akan mengakibatkan jatuhnya sanksi denda, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan yang berhasil diraihnya atau suspensi.

5. Bendera Hitam dengan bulatan penuh jingga dan Bendera Kuning dengan garis strip berwarna merah
Bendera-bendera ini digunakan untuk perintah hanya kepada satu pebalap, diperlihatkan bersama dengan papan nomor start pebalap tersebut.

Bendera ini menginformasikan ada kebocoran cairan (oli, bahan bakar, air, dan sebagainya) pada kendaraan pebalap tersebut, yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun pebalap lain. Dan pebalap tersebut harus dengan segera membawa kendaraannya meninggalkan lintasan menuju pos petugas terdekat.

Setiap pelanggaran atas peraturan ini, akan mengakibatkan jatuhnya sanksi denda, diskualifikasi, pembatalan point kejuaraan yang berhasil diraihnya atau suspensi.

6. BenderaPutih
Munculnya bendera putih berarti ada kendaraan lain di dalam lintasan, selain kendaraan yang ikut berlomba. Bendera ini harus dilambaikan, yang menandakan agar pebalap dapat menghindari terjadinya tabrakan dengan kendaraan tersebut.

Dilarang keras bagi pebalap untuk mendahului pebalap lain selama bendera ini dilambaikan. Mendahului kendaraan tersebut diperbolehkan. Bendera ini harus segera dilambaikan sejak saat kendaraan tersebut melintasi pos tempat petugas bendera yang bersangkutan sampai saat melintas dua pos lintasan berikutnya. Dan selanjutnya diganti dengan bendera kuning yang dilambaikan segera setelah kendaraan lain tersebut berhenti di jalur balap.

Baca Juga
Kejurnas Supermoto Belum Capai Target (Video)
Beda Kejurnas Gymkhana dan Asia

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company