Mengenal Lebih Dalam Istilah Racing Line dalam Balapan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Dedi Hermawan | 27 July 2017

Mengenal Racing Line dalam Balapan

SPORTKU.COM

Untuk pecinta balap istilah racing line bukanlah hal baru. Tapi biar lebih jelas, berikut penjelasan apa sebenarnya racing line tersebut.

Sebelum terjun menjadi pebalap ada beberapa hal yang harus dipahami. Mulai dari istilah racing line, apex, breaking point, slip stream, hingga hal-hal lainnya. Dimulai dari yang paling mudah dan memang harus dipahami untuk seorang pebalap, yakni racing line. Apa sebenarnya pengertian racing line tersebut? Racing line ini adalah sebuah pola yang ada di lintasan yang berguna bagi pebalap untuk mendapatkan akselerasi maksimal saat balapan. Di samping itu, pemanfaatan racing line ini juga dimaksudkan agar pebalap bisa memanfaatkan lebar lintasan secara maksimal.

Baca juga:
HONDA RACING INDONESIA BELUM MAMPU BANGKIT DARI KETERPURUKAN

Di samping itu, secara jelasnya, pebalap senior, Andre Dumais, menjelaskan bahwa racing line ini adalah berguna untuk pebalap agar mendapatkan akselerasi yang maksimum saat menikung. "Racing line adalah daerah dari lintasan yang paling optimum. Dan ini menjadi daerah sangat vital terutama dalam posisi untuk melibas tikungan dengan memanfaatkan lebar lintasan secara maksimal," buka Andre Dumais.

Fungsi racing line bukan semata-mata hanya sebagai penambah akselerasi saat menikung, melainkan ada dampak yang akan mempengaruhi pebalap ketika melakukan racing line dengan baik atau tidak. Sebagai contoh, ketika menghadapi belokan ke kanan, secara teori yang diberikan oleh Andre Dumais, seorang pebalap tersebut harus mengambil sektor luar dari lintasan dan perlahan masuk ke bagian dalam sirkuit agar akselerasinya menjadi maksimum.

Ini merupakan sebuah 'pola' yang baku ketika melakukan racing line. Ketika pebalap keluar dari kaidah yang berlaku, maka manuver mobil sudah bisa dipastikan tidak akan maksimum ketika keluar dari tikungan. "Pertama adalah lebar jalan yang kita maksimalkan penggunaannya. Kalau tikungan ke kanan, berarti kita ambilnya dari sebelah kiri (sisi luar sirkuit), supaya kita bisa maksimal memanfaatkan lintasan tikungan agar kecepatan mobilnyanya tidak terlalu drop. Jadi kalau belok kanan, kita ambilnya dari kiri, sedangkan jika belok ke kiri kita ambil dari kanan," beber Andre Dumais.

Baca juga:
ISSOM SERI 3 2017 SUGUHKAN AKSI TERBAIK PEBALAP TOURING

Apabila pebalap dihadapkan dengan tikungan ke kiri namun mengambil racing line dari sebelah kiri (sisi dalam lintasan), maka kinerja pebalap akan semakin direpotkan dengan sudut putar kemudi yang semakin berat dan kinerja rem yang semakin besar. Terkadang, hasilnya akan membuat mobil pebalap lebih liar.

Racing line tersebut tidak hanya berlaku saat kondisi lintasan berbelok. Melainkan juga harus diaplikasikan saat situasi chicane. Chicane sendiri merupakan jalan berkelok, yang berguna untuk mengurangi mobil balap saat melintasai daerah tersebut. Meskipun berkelok, namun menurut Andre Dumais, racing line tetap berlaku. "Kalau chicane kan berkelok, yang bertujuan untuk mengurangi laju kendaraan. Sehingga tetap kita mengikuti beloknya kemana, kalau ke kiri, artinya kita harus ke kanan dahulu," tambahnya.

Haridarma Manoppo (pebalap TTI) melakukan racing line dari bagian dalam lintasan

issom-seri-3-by-30968f3ccdd27d2.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW
Mahalnya Biaya Balap MotoGP

Mahalnya Biaya Balap MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company