Jangan Salah, Ini Fungsi Tabung Pada Shockbreaker

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 27 July 2017

SPORTKU.COM

Di pasaran kini sudah banyak beredar jenis dan macam shockbreaker. Salah satunya adalah shock tabung yang semakin marak keberadaannya.

Shockbreaker atau suspensi menjadi salah satu peranti penting untuk kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor yang kini sudah banyak menggunakan shock tabung. Di kalangan bikers, shock jenis ini biasa juga mereka sebut dengan shock model gas.

Bagi orang awam, masih banyak yang beranggapan jika gas pada tabung shock tersebut menggantikan keberadaan oli. Padahal anggapan tersebut ternyata salah. Oli pada shock biasa memang memiliki fungsi penting. Fungsinya adalah untuk mengembalikan shock pada keadaan semula. Jika tidak ada oli, per pada shock tersebut akan terus memantul tanpa henti.

Kekuatan shock akan semakin berkurang seiring waktu pemakaian. Senyawa oli yang ada pada shock tersebut dengan sendirinya juga akan memisah dan membentuk gelembung busa. Hal tersebut bisa membuat kemampuan oli dalam meredam gerak naik dan turun per juga akan semakin berkurang.

Baca Juga
Pebalap Wajib Tahu Arti dan Fungsi Bendera Balap 

Masalah yang ada tersebut lalu memunculkan ide dari para pembuat shock untuk melengkapinya dengan tabung yang diisi gas. Yang pada akhirnya biasa kita sebut shock tabung. Fungsi gas pada tabung adalah untuk membuat agar tekanan oli selalu tinggi juga sekaligus mencegah timbulnya gelembung busa. Jadi, kesimpulannya adalah fungsi gas bukan menggantikan fungsi oli, tapi membantu menjaga fungsinya.

“Fungsi tabung pada shock sebagai divider, buat misahin antara gas nitrogen dan oli. Karena shock itu kan bergerak didalamnya, jadi saat piston kena beban dan mendorong oli maka menekan ke divider yang berisi gas nitrogen sehingga tidak terjadi gelembung udara,” ungkap Eddy Saputra, Direktur PT Madani Sentra Multi Jasa (MSMJ) selaku importir resmi suspensi Ohlins di Indonesia.

Baca Juga
Duel Sengit Farhan Hendro dan Ade Elvira di Kejurnas Supermoto Sentul (Video)
Djokovic Akhiri Laga di 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

Pebalap Enggan Gunakan Ban Tubeless

DID U KNOW
Kenali Karakter Fork MTB

Kenali Karakter Fork MTB

DID U KNOW
Tip XC Untuk Rider 50+

Tip XC Untuk Rider 50+

DID U KNOW
Tips XC di Track Basah

Tips XC di Track Basah

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company