5 Aksi Salip Terbaik di Sirkuit Hungaroring

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Renault/LAT,Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 28 July 2017

SPORTKU.COM

Sebelum balapan F1 akhir pekan ini bergulir, yuk intip 5 aksi salip terbaik di sirkuit Hungaroring, Hongaria, berikut ini.

Hongaria akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Formula 1 akhir pekan (30/7) ini. Sirkuit yang memiliki panjang 4,381 kilometer tersebut banyak menyisakan cerita atau momen terbaik sepanjang balapan. Salah satunya adalah lima aksi salip terbaik yang pernah ada di sirkuit Hungaroring tersebut.

1. Nelson Piquet dan Ayrton Senna (1986)
Kedua pebalap yang terlibat dalam aksi overtake terbaik ini memberikan tontonan yang begitu menegangkan. Nelson Piquet, yang mengendarai mobil balap Tim Lotus berkelir kuning, berhasil mengambil alih posisi atas Ayrton Senna. Aksi salip yang dilakukan memang begitu mengagumkan.

Berawal dari melakukan slip stream di lintasan lurus garis start, Piquet, terus melakukan serangan kepada Ayrton Senna. Sesaat menjelang tikungan pertama, pebalap kelahiran Brazil 1952 ini berhasil mengambil alih posisi Ayrton Senna. Menariknya adalah saat melewati Senna, mobil yang dikendarai Piquet mengalami slide karena ban belakang mengunci. Hal ini yang menyebabkan keluarnya asap dari ban kanan belakang.

2. Nigel Mansell dan Ayrton Senna (1989)
Tidak kalah hebat dari aksi salip yang dilakukan oleh Nelson Piquet. Nigel Mansell, pebalap Formula 1 tim Scuderia Ferrari berhasil mencuri posisi Ayrton Senna saat laga Grand Prix Hongaria 1989. Kala itu, Mansell, tidak hanya melewati Ayrton Senna, melainkan ada pebalap lain juga yang berhasil ia lampaui sekaligus dalam satu kali manuver.

Dalam aksi tersebut, Nigel Mansell, melakukannya dari sisi dalam lintasan yang begitu lebar serta memanfaatkan kelengahan kecil dari Ayrton Senna. Alhasil, legenda balap Formula 1, Ayrton Senna, langsung mengakui kehebatan yang dilakukan oleh Nigel Mansell.

Baca juga:
5 PEMAIN TERMAHAL PREMIER LEAGUE MUSIM INI

3. Kimi Raikkonen dan Juan Pablo Montoya (2002)
Pebalap yang dijuluki Iceman, Kimi Raikkonen, juga tercatat pernah melakukan aksi terbaiknya di Hongaria. Tahun 2002 menjadi saksi kehebatan yang ditampilkan oleh pebalap kelahiran Finlandia ini. Dalam rekaman video yang dirilis oleh Formula 1, manuver yang dilakukan oleh Kimi Raikkonen termasuk berani. Ia terus menempel ketat Montoya dalam beberapa saat. Hasilnya, selain berhasil mengambil posisi Montoya, Kimi juga berhasil membuat Montoya keluar dari lintasan dan masuk ke gravel.

4. Lewis Hamilton dan Mark Webber (2011)
Sama seperti yang dilakukan oleh Nigel Mansell di tahun 1989 ketika melakukan overtake Ayrton Senna. Lewis Hamilton pun melakukan hal yang sama. Namun saat itu ia berhasil melewati Mark Webber yang juga melakukan overtake terhadap pebalap lain. Lewis Hamilton berhasil memanfaatkan celah dari sisi dalam lintasan ketika melakukan overtake Mark Webber.

5. Daniel Ricciardo dan Lewis Hamilton (2014)
Aksi overtake terakhir yang menyita perhatian di sirkuit Hungaroring adalah ketika Daniel Ricciardo, pebalap Red Bull Racing, berhasil menyalip Lewis Hamilton di 2014. Meski kedua pebalap begitu agresif, namun berkat kegigihan Daniel Ricciardo yang terus menekan serta mencari celah dari Lewis Hamilton, akhirnya pebalap kelahiran Australia tersebut mampu mengambil alih posisi Lewis Hamilton.

Baca juga
Nih, Penjelasan Honda Racing Indonesia Soal Kekalahannya

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Bintang NBA Raja Medsos

5 Bintang NBA Raja Medsos

TOP 5
5 Transfer Termahal Prancis

5 Transfer Termahal Prancis

TOP 5
5 Fakta Unik Football Manager

5 Fakta Unik Football Manager

TOP 5
5 Calon Marquee Player

5 Calon Marquee Player

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company