Sejak Kapan Suzuka 8-Hours Digelar? Berikut Sejarahnya

Text : Suhartono | Photo / Video : Red Bull | Editor: Andi Wahyudi | 28 July 2017

SPORTKU.COM

Suzuka 8-Hours merupakan ajang balap ketahanan motor yang digelar di Sirkuit Suzuka, Jepang. Balapan berlangsung selama delapan jam nonstop.

Sirkuit Suzuka, Jepang setiap tahunnya punya agenda khusus ajang balap ketahanan dengan nama resmi yang saat ini dikenal dengan Coca-Cola Zero Suzuka 8 hours. Balapan berlangsung selama delapan jam berturut-turut. Setiap tim yang turun di balapan ini biasanya mengirimkan dua atau lebih pebalap. Selama balapan berlangsung, para pebalap akan saling bergantian di area pit stop.

Suzuka 8 Hours memiliki perjalanan panjang sejak pertama kali digelar puluhan tahun silam. Perlombaan dimulai pada tahun 1978 sebagai balapan untuk motor prototipe Tourist Trophy Formula One (TT-F1) Saat itu diikuti empat besar perusahaan sepeda Jepang (Honda, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha) yang memiliki sumber daya teknik tak terbatas.

Sejak pertama kali digelar, balapan bergengsi ini hingga sekarang masih terus dihelat. Sepanjang tahun, balapan telah melewati beberapa perubahan regulasi sesuai dengan ketentuan FIM (Federation Internationale de Motocyclisme), termasuk pembatasan kapasaitas mesin dari 1000cc menjadi 750cc.

Salah satu perubahan besar untuk balapan tersebut terjadi pada tahun 1993. Karena popularitas balap superbike terus meningkat, maka balapan sekarang berpusat pada kelas superbike. Di mana dulunya kelas ini hanya menjadi kelas pendukung atau supporting class.

Kelas Formula 1 yang pada saat itu merupakan puncak perlombaan kini sama sekali susah dihapus. Kategori lain yang termasuk dalam lomba adalah kelas Naked (untuk sepeda motor tanpa fairing - mirip dengan motor streetfighter).

Daya tarik utama dari lomba Suzuka 8 Hours adalah para peserta balapan. Meski balapan selalu digelar di Sirkuit Suzuka, namun Suzuka 8 Hours gengsinya menyebar hingga seantero negeri. Pebalap yang turun di balapan ini juga tak kalah terkenalnya. Ada pebalap dari panggung MotoGP dan World Superbike (WSBK). Pebalap seperti Valentino Rossi juga pernah ikut balapan Suzuka 8 Hours.

Baca Juga
MotoGP Berduka, Legenda Balap Angel Nieto Kecelakaan

Namun ada beberapa pebalap dunia yang justru tidak menyukai ajang balap Suzuka 8 Hours. Hal tersebut karena dirasa memecah momentum liburan pertengahan musim mereka. Selain itu, alasan lainnya karena balapan ini terlalu mengurasa fisik pebalap yang harus balapan selama 8 jam nonstop.

Di sisi lain, pebalap unggulan Jepang seakan wajib  mengikuti ajang balap Suzuka 8 Hours setiap tahunnya. Mereka beranggapan jika Suzuka 8 Hours sebagai salah satu acara motorsport terbesar di kalender.

Suzuka 8 Hours merupakan bagian dari FIM World Endurance Racing Championship, prioritasnya pada kalender internasional. Balapan digelar bersamaan dengan jadwal libur dalam kalender FIM, menjadikan ajang ini sebagai salah satu yang paling penting dalam jadwal.

Hingga MotoGP digelar di Laguna Seca, mulai tahun 2003 hingga 2014, pemenang lomba hampir secara eksklusif adalah orang yang baru pertama kali berpartisipasi di ajang balap internasional. Dari tahun 2002 hingga 2014, hanya satu pebalap WSBK yang berpartisipasi dalam acara ini, dan hanya empat pebalap Eropa telah menangi lomba, tahun 2013 hanya tiga pebalap dari tim Eropa yang konsisten mengikuti balapan ini.

Sejak Laguna Seca dilepas, bintang MotoGP kembali lagi ikut serta dalam perlombaan, seperti yang telah dimenangkan Yamaha dengan pebalap Bradley Smith pada tahun 2015, bersama dengan Katsuyuki Nakasuga yang merupakan pebalap MotoGP saat itu, dan pebalap MotoGP Pol Espargaro, juara Moto2 2013 . Espargaro dan Nakasuga (sekarang hanya test rider Yamaha selain balapan domestik di Jepang) mengulangi prestasi di tahun 2016 dengan Alex Lowes sebagai pebalap ketiga yang berhasil menangi balapan.

Pada puncak acara selama tahun 1980-an, perlombaan sudah mampu menarik lebih dari dari 130 ribu  penonton. Sementara saat ini menarik kerumunan sekitar 85.000 penonton. Jumlah penonton terbanyak 160 ribu tercatat pada tahun 1990.

Baca Juga
Duet Rheza dan Awhin di Suzuka 4 Hours 2017
Zlatan Ibrahimovic Kiat Seperti King Kong

  • facebook share

RELATED NEWS

Begini Kehidupan Mekanik MotoGP

Begini Kehidupan Mekanik MotoGP

MOTOGP
Pebalap AHRT Belum Beruntung

Pebalap AHRT Belum Beruntung

ROAD RACE
Kemenangan Ratukore di Tengah Polemik

Kemenangan Ratukore di Tengah Polemik

INDOSPEED
Hasil Final Drag Bike Pertamax

Hasil Final Drag Bike Pertamax

DRAG BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company