Kemenangan Berkesan Toyota Di Finlandia

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Toyota Gazoo | 31 July 2017

Toyota Yaris WRC Juara Finlandia

SPORTKU.COM

Kemenangan tim Toyota Gazoo di Reli Finlandia momentum penuh haru bagi bos Toyota, Akio Toyoda.

Akio Toyoda yang juga menjabat sebagai Team Chairman Toyota Gazoo Racing Team mengaku sangat gembira dan terharu dengan kemenangan yang diraih Esapekka Lappi di gelaran Reli Finlandia. Bagaimanapun juga kebangkitan Toyota di WRC tahun ini tidak terlepas dari sentuhan dingin pelaku motorsport di Finlandia.

"Esapekka Lappi telah membawa kami pada hasil yang terbaik dimana kami menjadi tim tuan rumah. Saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada semua pendukung setia kami disini. Kami akan merayakan momen spesial ini," ungkap Toyoda.

Baca juga
Toyota Menang di Negara Dingin

Debut Toyota setelah 16 tahun absen di WRC memang bermula di negara yang berada di ujung utara benua Eropa ini. Toyota memutuskan untuk mengangkat Tommi Makinen sebagai orang yang paling bertanggungjawab dalam kiprah Toyota di WRC. Tommi Makinen pun langsung melaksanakan tugasnya.

Sebagai langkah awal, Tommi menjadikan negaranya sebagai pusat pengembangan mobil Toyota Yaris yang digunakan pada WRC. Selanjutnya, Tommi memilih pebalap yang semuanya berdarah Finlandia. Nepotisme? Bisa jadi. Tapi Tommi tidak bergeming dan tetap melenggang. Akio Toyoda pun tidak mau ambil pusing dengan strategi Tommi. Yang penting, bagi Toyoda, Tommi bisa membawa Toyota Yaris WRC ke pentas dunia dan menjadi tim reli yang pantas diperhitungkan.

Hasilnya memang cukup mengejutkan. Tanpa target podium, Tommi dan timnya sanggup mempersembahkan podium utama di Reli Swedia lewat pereli seniornya Jari-Matti Latvala. Lalu secara signifikan, tim Toyota Gazoo Racing bisa memberikan perlawanan sengit kepada tim yang sudah malang melintang di WRC. Double podium di Reli Finlandia jelas menjadi kemenangan yang sangat spesial bagi Toyota Gazoo. Akio Toyoda pun mengakuinya.

Baca juga
Honda Bungkam Yamaha di Motoprix

"Bagi saya, Finlandia menjadi tempat spesial sejak saya datang ke sana tiga tahun lalu untuk bertemu dengan Tommi Makinen. Kamipun memulai proyek untuk membuat mobil yang terbaik untuk reli. Saya sangat yakin Yaris WRC yang kami bangun menunjukan performa terbaiknya di reli ini karena dia dikembangkan di jalan-jalan Finlandia," ungkap Toyoda.

Toyoda mengaku dirinya berada di Jepang saat menerima kabar kemenangan timnya. "Ini adalah momentum yang sangat mengharukan. Menyaksikan kemenangan ini dari Jepang. Terharu karena kami mendengar lagu kebangsaan Finlandia dan Jepang berkumandang di atas podium. Sekarang, kami akan tetap berjuang keras untuk melewati musim ini. Tantangan terbesar akan segera tiba," pungkas Toyoda.

Tommi Makinen (kiri), Akio Toyoda (kanan)

wrc-finlandia-2017-2726166fc2c5807.jpg

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Erwin Mancha Siap Taklukan Persaingan

Erwin Mancha Siap Taklukan Persaingan

SPRINT RALLY
Hyundai Unggul di Shakedown Jerman

Hyundai Unggul di Shakedown Jerman

WRC
Karakter ADAC Rallye Deutschland

Karakter ADAC Rallye Deutschland

WRC
Esapekka Lappi Sesumbar WRC Jerman

Esapekka Lappi Sesumbar WRC Jerman

WRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company