Thrill Vanquish Elite Terbaru Tampil Lebih Segar

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | 31 July 2017

Thrill Vanquish Elite

SPORTKU.COM

Pada tahun ini, Thrill kembali memperkenalkan Vanquish Elite terbarunya. MTB bertipe hardtail ini merupakan varian tertinggi dari keluarga Vanquish.

SPORTKU kembali berkesempatan mencoba performa Vanquish terbaru ini.

Frame dan komponen

Secara umum, Vanquish Elite mirip dengan versi sebelumnya, yang sama-sama bertipe hardtail atau memiliki suspensi tunggal pada fork. Namun, Vanquish baru ini memiliki sejumlah penyegaran.

Salah satunya yang paling jelas adalah pada sisi grafis. MTB ini hadir dengan warna abu-abu yang dikombinasikan dengan warna hijau muda. Di bagian top tube-nya terdapat lengkungan yang khas. Ditambah dengan warna hitam yang mendominasi area roda, MTB ini pun nampak lebih gagah dan dinamis dibanding sepeda sejenis. 

Hanya saja, presentasi grafis kurang tereksekusi dengan baik. Hal itu nampak dari grafis di area head tube yang cenderung melebar atau hingga ke area sambungan frame.

Fitur menarik pada frame yang lain adalah tersedianya jalur kabel internal. meski tidak mencakup semua kabel, frame MTB ini setidaknya nampak lebih "bersih". 

Baca juga
Tunggangan Richie Rude di Aspen

Seperti pendahulunya, Vanquish Elite terbaru mengusung frame aluminum alloy yang ringan namun kokoh dan roda dengan diameter yang menjadi tren saat ini, 27,5 inci. Frame Vanquish Elite tersedia dalam beberapa ukuran (size) frame. Roda tersebut ditopang oleh fork besutan pabrikan Jepang, Suntour XCM HLO.

Untuk komponen penggeraknya, Vanquish Elite dibekali komponen Shimano Deore 30 speed, dengan set up 3x10 speed. Hanya saja, komponen tersebut rupanya tidak sepenuhnya dari Shimano, dimana crankset menggunakan komponen dari Thrill.

Untuk pengereman, Vanquish Elite dibekali rem cakram hidrolik dari Shimano. Rem ini dikenal mumpuni saat digunakan di jalan setapak atau single track.

Sedangkan untuk komponen di area kemudi, Vanquish Elite menggunakan komponen besutan Thrill yang berbahan alloy. Komponen sejenis juga terdapat pada sadel dan seat post.

Yang menarik MTB ini, juga disertai beragam aksesori, diantaranya reflector pada bagian depan dan belakang, reflector pada roda dan standar sepeda di bagian tengah, yang sangat berguna bila MTB ini dijadikan sebagai sepeda komuter.

Tak hanya itu, ada pula pelindung chain stay yang berguna untuk menahan benturan rantai sehingga akan membuat frame Vanquish Elite mulus lebih lama.

Simak juga
Highlights New Honda CR-V Lintasi Bromo

Performa

Thrill Vanquish Elite memiliki performa yang sangat memadai untuk mereka yang ingin sekadar bertualang di single track atau menikmati akhir pekan di atas sadel.

Ketika diajak melaju di jalan aspal yang relatif mulus, MTB ini dapat meluncur cepat dan baik. Terlebih saat suspensi dinonaktifkan. Kayuhan jadi terasa lebih efisien alias ringan. Penggunaan ban yang tidak terlalu lebar (27,5x2,10) juga membuat sepeda ini lebih ringan saat dikayuh terutama di jalan aspal.

Dengan rentang drivetrain yang cukup lebar, 3x10 speed, Vanquish dapat diajak untuk melintasi tanjakan dengan mudah dan turun dengan cepat. Perpindahan gir juga terasa nyaman.

Demikian juga saat melewati tanjakan. MTB ini dapat merayap dengan baik. Gir dengan set up 3x memberikan opsi yang lebih banyak dan membuat kayuhan terasa lebih efisien. Ukuran ban yang tidak terlalu lebar juga membuat sepeda terasa ringan saat dikayuh.

Kondisinya tak jauh berbeda dengan saat memasuki single track dengan kondisi yang tidak terlalu ekstrem. Suspensi Vanquish mampu meredam setiap guncangan yang muncul akibat track yang tidak rata atau berbatu. Hanya saja, dengan ban yang tidak terlalu lebar memiliki kompensasi terhadap traksi pada ban yang terasa kurang maksimal. 

Soal pengereman, komponen rem cakram Shimnao juga mampu bekerja dengan baik saat digunakan. Alhasil MTB ini bisa dikontrol dengan mudah.

Baca juga
Tiga Pebalap Indonesia Babak Belur

Kesimpulan

Vanquish Elite terbaru ini memang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Perubahan lebih terasa pada sisi grafis semata. Komponen lainnya, tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Dipasarkan dengan harga sekitar Rp5,3 juta-an, Vanquish Elite menawarkan paket yang menarik bagi Anda yang baru ingin menikmati serunya bertualang dengan MTB atau meng-upgrade MTB lama Anda, tapi dengan budget yang lebih terjangkau. Harga tersebut memang lebih rendah bila dibandingkan MTB lain di kelasnya.

 

Spesifikasi lengkap Thrill Vanquish Elite 2017

Warna: Trolley Grey, Matte Black
Frame: Aluminum alloy (S/M/L)
Fork: Suntour XCM HLO
Sadel: Thrill XC Race
Rim: 27,5 inci Alloy (Double Wall)
Rem: Cakram hidrolik (Shimano BR-M315)
Shifter: Shimano Deore SL-610 30speed
Rear Derailleur: Shimano Deore RD-610
Crankset: Thrill 900
Ban: Deli Tire SA-258
Setang: Thrill (alloy)
Stem: Thrill (alloy)
Grip: standar
Harga retail: Rp5,36 juta

 

Thrill Vanquish Elite terbaru dengan tampilan yang lebih segar

thrill-vanquish-elite-2017-328534b22d48f7c.jpg

 

Baca juga:
HASIL EWS ASPEN 2017

  • facebook share

RELATED NEWS

Polygon Xtrada 6

Polygon Xtrada 6

TEST BIKE
Teknologi Baru Xtrada 6 (2)

Teknologi Baru Xtrada 6 (2)

TEST BIKE
Teknologi Baru Xtrada 6 (1)

Teknologi Baru Xtrada 6 (1)

TEST BIKE
Test Ride Square One EX

Test Ride Square One EX

TEST BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company