Red Bull Racing Pertanyakan Kebijakan Team Order Mercedes

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Mercedes AMG F1 | Editor: Dedi Hermawan | 1 August 2017

SPORTKU.COM

Kebijakan team order yang dilakukan Mercedes dalam Grand Prix Hongaria (30/7) dipertanyakan oleh Christian Horner, Bos Tim Red Bull Racing.

Mercedes melakukan 'team order' dua kali dalam balapan Grand Prix Hongaria kemarin, ketika Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas saling berganti posisi. Hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali dan jelas terlihat dalam tayangan siarang langsung kamera Formula 1. Awalnya, Valtteri Bottas, yang berada di depan Lewis Hamilton membuka jalan bagi Hamilton untuk memgambil alih posisi tiga demi mengejar Ferrari.

Namun, laju mobil Ferrari terdekat yaitu milik Kimi Raikkonen, masih belum bisa didekati oleh Lewis Hamilton. Sebelum pergantian posisi, Hamiltonia berucap bahwa jika ia gagal mendahului Kimi Raikkonen maka ia akan menyerahkan kembali posisi ketiganya kepada Bottas. Hal tersebut pun terjawab, di tikungan terakhir, setelah gagal mengejar Ferrari, Hamilton menurunkan kecepatan mobilnya supaya Bottas bisa melewatinya.

Baca juga:
TORO ROSSO KEMBALI PERCAYAKAN SEAN TES MOBIL STR12

Apa yang dilakukan kedua pebalap Mercedes tersebut kemudian dipertanyakan oleh bos Red Bull Racing, Christian Horner. Menurutnya, Lewis Hamilton adalah pebalap yang harus naik podium ketiga karena jarak Vettel dengannya hanya terpaut satu poin.

"Tapi saat Anda membicarakan titel juara dunia, semuanya akan berubah sedikit. Melihat Mercedes, pemimpin tim adalah Lewis Hamilton, dan pada titik tertentu, Anda harus memilih siapa yang harus bertaruh. Kami pun melakukan hal sama di Monaco dua tahun lalu," jelas Horner.

Meski sudah secara terang-terangan melakukan team order, namun Niki Lauda, tetap menampik kabar tersebut. "Kami selalu mengatakan bahwa kedua pebalap bisa berlomba dengan bebas, tidak ada team order, dan itu benar," tambah Lauda. 

Meski dibolehkan team order selalu menjadi momok di F1, bahkan pernah dilarang. Yang menarik dari kejadian Bottas-Hamilton ini adalah esensi yang berbeda dari sebuah team order yang dikenal selama ini. Biasanya team order dilakukan oleh tim balap demi menambah poin pebalap mereka yang sedang betarung pada perebutan gelar juara dunia. Sebaliknya, yang terjadi di Hongaria ini bahkan merugikan Hamilton yang tengah mengejar ketertinggalan poin dari Sebastian Vettel. Alih-alih dicemooh, apa yang dilakukan Hamilton dan Bottas malah mendapat pujian karena dianggap bekerja sebagai satu tim dan saling menghormati satu sama lain.   

Baca juga:
THRILL VANQUISH ELITE TERBARU TAMPIL LEBIH SEGAR

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Torehan Prestasi Gemilang Tim GRT

Torehan Prestasi Gemilang Tim GRT

TOURING
Aldio Oekon: Sengsara Membawa Nikmat

Aldio Oekon: Sengsara Membawa Nikmat

ETCC
Kebangkitan ABM Motorsport

Kebangkitan ABM Motorsport

TOURING
Zharfan Tampil Sempurna di BSD

Zharfan Tampil Sempurna di BSD

ETCC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company