Tiga Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Pelumas Kendaraan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2017

SPORTKU.COM

Bicara pelumas banyak hal yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan. Berikut tiga hal yang harus diperhatikan dalam pengaplikasian pelumas kendaraan.

Pemilihan pelumas untuk kendaraan tidak hanya bicara tentang kesamaan tingkat viskositas (kekentalan) saja, melainkan ada beberapa hal lain lagi yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Setidaknya, sebelum menentukan sebuah pelumas mesin, ada dua hal tambahan yang harus Anda ketahui. Ketiga hal tersebut adalah spesifikasi, viskositas, dan kualitas.

Baca juga:
TORO ROSSO KEMBALI PERCAYAKAN SEAN TES MOBIL STR12

Shofwatuzzaki, Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, menjabarkan peranan tiga hal penting tersebut. Menurutnya, tiga poin tersebut bisa menjadi dasar acuan bagi pemilik mobil sebelum menentukan pelumas yang akan digunakan. "Ketiga hal yang harus diperhatikan adalah spesifikasi, ini berperan untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh produsen mesin kendaraan, sehingga cocok digunakan dalam kendaraan tersebut," ujar Zaki, dalam Shell Media Workshop (1/8).

Sementara untuk viskositas, Zaki, kembali menerangkan peranan viskositas menjadi hal penting untuk menentukan sebuah pelumas. "Untuk lebih jelasnya, tengok buku panduan kendaraan, ini berguna untuk menentukan tingkat kekentalan atau viskositas yang dibutuhkan oleh kendaraan. Penggunaan viskositas harus tepat dengan spesifikasi yang ditentukan," tambahnya.

Baca juga:
RED BULL RACING PERTANYAKAN KEBIJAKAN TEAM ORDER MERCEDES

Sedangkan poin terakhir adalah memperhatikan kualitas dari pelumas itu sendiri. "Karena pelumas memiliki standar yang berbeda, maka Anda harus mencari klaim kinerja tertentu untuk menunjukan bahwa pelumas yang Anda gunakan melebihi tingkat kinerja minimal. Seperti pelumas Shell, baik Helix maupun Advance yang mengusung PurePlus Technology yang dirancang untuk melampaui persyaratan OEM dalam banyak aspek," imbuh Zaki.

Bahkan, demi kenyaman berkendara, setelah memperhatikan tiga hal tersebut, ada baiknya penggantian pelumas kendaraan mengikuti buku panduan manual, ini berguna untuk tetap menjaga performa mesin dan tenaga yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Beda Mesin SOHC-DOHC

Beda Mesin SOHC-DOHC

DID U KNOW
Mensiasati Komponen AC Mobil Retro

Mensiasati Komponen AC Mobil Retro

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company